The Changcuters Ungkap Makna Album Baru 'BINAURALIS'

Girindra Permana Cahya  |  Jumat, 03 Maret 2017 19:15
The Changcuters Ungkap Makna Album Baru 'BINAURALIS'
The Changcuters © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - BINAURALIS menjadi album penuh ke-enam yang dirilis oleh band asal Bandung, The Changcuters. Mengangkat nama yang tak biasa menjadi judul album, kira-kira apa sih arti kata BINAURALIS sendiri? Hal ini dijawab oleh para personelnya saat peluncuran album di Texas Chicken, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/3).

"Waktu itu sempat bingung nyarinya. Kita ngomongin yang nyata saja. Setelah VISUALIS (album sebelumnya) ya namanya sequel kita ingin mencari sesuatu yang berkesinambungan. Akhirnya kita mendapatkan kata BINAURAL, simple-nya mendengar, mengangkap sesuatu dengan dua telinga. Jadi stereo, bukan mono. Kalau dalam sound system itu kan suara left suara right bisa berbeda. Kalau di musik ada suara gitar satu ada suara gitar dua. Nah itu lah BINAURALIS," kata Tria.

Suami dari Dhatu Rembulan ini kemudian menceritakan apa perbedaan album BINAURALIS dengan pendahulunya, VISUALIS. Kiranya akan ada satu lagi album yang berjudul berkesinambungan karena Tria mengunkapkan album-album ini akan dibuat semacam trilogy.

'BINAURALIS' merupakan salah satu bagian kedua dari trilogy yang coba dibuat The Changcuters © KapanLagi.com/Budy Santoso'BINAURALIS' merupakan salah satu bagian kedua dari trilogy yang coba dibuat The Changcuters © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Kalau kemarin itu VISUALIS dan itu trilogy pertama dan ini sambungannya. Jadi episode keduanya ini BINAURALIS, kalau VISUALIS kan secara gampang artinya melihat, kalau BINAURAL itu artinya mendengar, mendengarkan dengan kedua telinga. Kenapa kita mengeluarkan BINAURALIS karena ini era teknologi informasi itu cepat sekali, tapi banyak sekali info yg miss, karena kita jarang mendengar dan lebih banyak membaca," tutur sang vokalis.

Sebagai pembuka album, pada tahun 2016 silam The Changcuters merilis satu single untuk karya terbarunya ini. Lagu tersebut berjudul Hmmm... Sudah Kuduga. Secara khusus ini adalah salah satu strategi yang diterapkan The Changcuters untuk album ini.

"Tadinya kita pikir ya sudah lah kalau sekarang jamannya digital ya sudah kita nggak usah keluarin fisik (CD). Tapi ternyata banyak permintaan untuk mengeluarkan fisiknya. Kita sih lihat situasi, nggak mau ngoyo. Kita tahu sekarang untuk mendistribusikan fisik itu tempatnya cukup sulit," papar Tria.

Jangan Lewatkan!

Beda Fase, Lagu The Changcuters Nggak Bisa Dipaksa 'Gila-Gilaan'

Album Baru, The Changcuters: Tolong Dengar Baik-Baik Lagu Kita

Sering Dikunjungi, The Changcuters Anggap Semarang Rumah Kedua

Peduli Sosial, The Changcuters Ajak Anak Muda Asyik Beramal

'Hmmm.. Sudah Kuduga', Bukti Konsistensi The Changcuters