Agnez Mo, Sang Inovator dan Duta Muda Indonesia

Fajar Adhityo  |  Selasa, 01 Juli 2014 15:21
Agnez Mo, Sang Inovator dan Duta Muda Indonesia
Agnez Mo
Kapanlagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Tanpa disadari impian dan prestasi yang ditorehkan oleh Agnes Monica juga mengharumkan nama Indonesia. Meski tanpa berkoar-koar atas nama bangsa, namun Agnes menunjukkan betapa cintanya dia akan tanah air ini.

Hal ini bisa dilihat dari bangganya dirinya mengenalkan Indonesia di mata dunia. Serta penggunaan pakaian daerah di berbagai klipnya, yang membuat semua mata dunia melihat dan penasaran seperti apa Agnes dan Indonesia.

Namun tak sedikit yang menyangsikan visi Agnes dalam berkarir. Mereka menuduh bahwa penyanyi kelahiran 1 Juli ini hanya mempentingkan karirnya tanpa membawa nama Indonesia. Pernyataan itupun dibungkam oleh Agnes saat berpidato ketika dilantik menjadi duta Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (HAKI).

Agnes mengucapkan kalimat visioner yang membuat orang kagum. Dalam pidatonya, dia mengaku banyak melihat prestasi dan penemuan yang dilakukan oleh anak bangsa, namun kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Berbeda sekali dengan di negara-negara maju, yang mana pemerintah mendukung penuh dan memberikan wadah bagi warga negaranya yang kreatif.

Agnez Mo/@Foto: Kapanlagi.com®Agnez Mo/@Foto: Kapanlagi.com®

Pemilihan Agnes menjadi duta HAKI bukan asal-asalan. Mereka telah memantau prestasi Agnes yang dianggap benar-benar berjuang dengan karyanya. Sepak terjang Agnes melawan pembajakan dengan mengeluarkan ide inovatif dalam perilisannya serta banyak hal lain yang membuat dirinya layak untuk menjadi duta  Ini merupakan pengakuan yang luar biasa dari pemerintah akan eksistensi Agnes bukan sebagai artis, namun juga inovator dunia.

Agnes sendiri mengaku bahagia dengan gelarnya sebagai duta HAKI. Menurutnya menjaga kekayaan intelektual serta hak cipta merupakan tanggung jawab pribadi serta bagian dari masyarakat Indonesia. Kesempatan ini pun digunakan Agnes secara maksimal dan melecutkan karirnya untuk tembus ke kancah internasional.

Agnez Mo Berhasil Karena Mimpi/@Foto: KapanLagi.com®Agnez Mo Berhasil Karena Mimpi/@Foto: KapanLagi.com®

Impian Agnes untuk go internasional pun perlahan-lahan mulai terbuka lebar. Puncak kesuksesan pun ditandai dengan dealnya Agnes dengan Timbaland untuk single Coke Bottle yang kini menyebar di Amerika. Dalam kesempatan ini, Agnes ingin menunjukkan, bahwa Indonesia merupakan bagian dari internasional, sehingga layak untuk bersaing dengan penyanyi internasional lainnya.

Sebagai seorang inovator. Agnes memiliki pedoman dalam hidupnya. Menurutnya untuk menjadi sukses harus bisa fokus dengan talenta yang dimilikinya serta mampu melihat kekurangan diri.

"Lakukan yang terbaik yang kamu bisa dan menjadi yang terbaik seperti yang kamu inginkan," petuah Agnes.

Agnez Mo/@Foto: KapanLagi.com®Agnez Mo/@Foto: KapanLagi.com®

Selain itu masih ada lagi yang harus dilakukan oleh mereka yang ingin berhasil, yaitu jangan banyak mengritik karya orang lain. Menurut Agnes daripada mengritik hasil orang lain akan lebih baik dengan mengritik diri sendiri agar memacu untuk memberikan hasil yang terbaik. Mengenai penilaian baik atau tidak, Agnes pun memasrahkan kepada mereka yang melihat dirinya.

Langkah yang dilakukan oleh Agnes masih jauh untuk dibilang sukses. Selain itu dirinya juga enggan untuk berpuas diri secara dini karena banyak yang harus dilakukan.

Keberhasilannya di kancah internasional adalah sebuah langkah kecil, namun memiliki pengaruh yang begitu besar, khususnya bagi Indonesia. Sebagai seorang pemimpi, Agnes memberikan keyakinan bahwa tak ada mimpi yang tak bisa terwujud.

(kpl/faj)


Lihat Arsip Musik

- - -