Soal Materi Baru, Rendy Pandugo: Gue Masih Belajar Nulis Bahasa Indonesia

Natanael Sepaya  |  Sabtu, 09 Desember 2017 11:22
Soal Materi Baru, Rendy Pandugo: Gue Masih Belajar Nulis Bahasa Indonesia
Rendy Pandugo © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Sukses dengan hit single I Don't Care serta album pertamanya, THE JOURNEY, Rendy Pandugo pun terus disibukkan dengan rangkaian promosi. Namun meski tengah menjalani berbagai rangkaian promosi, Rendy mengungkapkan kalau ia akan segera kembali mengerjakan materi album keduanya.

"Tahun depan (rencana) masih tour buat album. Nyiapin untuk album kedua. Paling itu sih yang keliatan. Sementara sih belum (mengerjakan album kedua), karena gue masih harus promoin si album (THEJOURNEY. Harus masih banyak dipromoin, jadi masih fokus ke sana. Mungkin agak akhir atau tengah tahun, album kedua fokus lagi," aku Rendy, ditemui usai preskon official trailer film SUSAH SINYAL di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (5/12).

Rendy juga mengaku kalau sampai saat ini ia masih mencoba menggodok lebih dalam untuk konsep materi di album keduanya. Bukan cuma pada aransemen musik, tapi juga sektor lirik untuk setiap materi barunya. Apakah akan disajikan dalam bahasa Inggris, atau bahasa Indonesia.

© KapanLagi.com/Budy Santoso© KapanLagi.com/Budy Santoso

"Itu yang masih gue pikirkan sih, apakah gue akan mengeluarkan bahasa Indonesia, gue belum tau. Mungkin bahas Inggris, tetep, tapi apakah gue akan menyelipkan lagu bahasa Indonesia itu yang masih gue pikirkan, gue masih godok sampai saat ini," lanjutnya.

Rendy sendiri menilai kalau lirik bahasa Indonesia dalam sebuah lagu terasa spesial dan seru. Mengingat banyaknya diksi yang ada, Rendy sendiri menilai kalau menulis materi yang bagus tapi tidak terasa cheesy, jadi salah satu tantangan tersendiri dalam menerapkan bahasa Indonesia pada lirik lagu.

"Karena menurut gue bahasa Indonesia cukup spesial, karena lo gak bisa sembarangan ngomong dan orang bisa langsung suka untuk lirik ya, bukan untuk ngomong. Lo menuliskan sesuatu yang bagus, tapi gak terlalu cheesy, tapi menarik itu susah buat gue. Karena beberapa kali yang gue coba kayak terlalu, 'ah biasa aja,' tapi gue masih work on it, gue masih belajar nulis bahasa Indonesia. (Sering nemu diksi bagus di bahasa Inggris) Iya, sementara begitu. Semakin ke sini semakin gue pelajarin lagu bahasa Indonesia kayak apa. Gue belajar banyak dari Tulus, banyaklah musisi," pungkasnya.

(kpl/pur/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -