Sempat Hengkang, Indra RADJA Kembali Karena Urusan Hati

Dhefa Mauren Roos Mary  |  Selasa, 20 Maret 2018 07:44
Sempat Hengkang, Indra RADJA Kembali Karena Urusan Hati
(credit : kapanlagi.com/muhammadakromsukarya)

Kapanlagi.com -

Berita terkait!

Radja Siap Bersaing Di Industri Musik Era Digital

Ulang Tahun Ke-17, Radja Adakan Syukuran Single Terbaru Di Hardrock Cafe

Tetap Kompak Sampai 17 Tahun, Band Raja Akan Rilis Album Terbarunya!

Radja Bicara Soal Lagu Baru Sampai Alasan Kenapa Mereka Jarang Muncul

KapanLagi.com - Tetap solid sampai puluhan tahun adalah salah satu pencapaian yang diinginkan oleh setiap grup band. Dimana hal tersebut membuktikan bahwa mereka dapat bertahan dalam menghadapi lika-liku karir mereka bersama-sama. Anniversary ke 17 tahun pada 17 Maret 2018, grup band Radja sempat gonta-ganti personel.

Radja dalah salah satu grup band yang terkenal di tahun 2000an. Dimana pada masa itu lagu-lagu band asal Banjarmasin ini banyak digandrungi oleh setiap kalangan. Contohnya saja Cinderela, Benci Bilang Cinta, dan Aku Ada Karena Engkau Ada.

Namun dalam perjalan karirnya, grup beraliran pop ini sempat mengalami pergantian personil pasca 2 personelnya yaitu Indra dan Seno memilih hengkang di tahun 2011. 4 tahun berlalu keduanya pun memilih untuk kembali pada band yang membesarkan namanya tersebut pada tahun 2015 hingga kini. Ditemui saat peluncuran single barunya yang berjudul Malaikat Cinta, di Hardrock Cafe, Jakarta Pusat, Senin (19/3/2018), 2 personel Radja, Moldy dan Indra angkat bicara mengenai pergantian personel tersebut.

"Gonta ganti personel itu hal yang biasa di Indonesia. Yang penting band itu ketika ganti personel nama bandnya tidak hancur... eksistensinya dilihat hasil karyanya. Mau siapapun itu, yang penting vokalisnya tetap vokalis. Kalau player lain gonta ganti biasa itu, tapi kalau vokalisnya keluar, maka matilah band itu," kata Moldy.

(credit : kapanlagi.com/muhammadakromsukarya)(credit : kapanlagi.com/muhammadakromsukarya)

Ia pun menambahkan bahwa untuk urusan gonta-ganti personel, ia dan rekan satu bandnya tidak membuat komitmen mengikat apa pun karena itu adalah urusan hati masing-masing personel. Ungkapnya, "Itu kembali ke hati masing masing personel. Karena kan itu kerja hati. Kalau orang hatinya enggak nyaman, buat apa diterusin. Kayak mereka berdua kan tidak dipaksa untuk keluar dan tidak dipaksa untuk masuk awalnya. Karena keinginan hati itu yang mengikat, lu kontrak hati sama kontrak ini, kuatan mana sih? Itu aja."

Ditemui di tempat yang sama, Indra salah satu personel grup band Radja yang diketahui pernah hengkang di tahun 2011 dan memilih kembali di tahun 2015, mengungkap alasannya kembali. Menurutnya, "Karena itu tadi yang dibilang kan udah lima tahun gue di mana di mana. Hatinya enggak cocok, jadi akhirnya balik lagi ke Radja. Beda. Beda hatinya dan gue udah keburu nyaman di sini. Lima tahun iti tidak membuat gue untuk bisa bergeser dan berpindah ke lain hati hehe." Indra juga mengatakan bahwa bukan Ian dan kawan-kawanlah yang merayunya untuk kembali. "Bahasa Malaikat Cinta aja hehehe," sambungnya.

Sampai saat ini para personel Radja pun tak pernah membatasi kreatifitas mereka dalam membuat musik. Mengutip salah satu quote dari Moldy, bahwa menurut mereka musik itu menghibur, mempersatukan, bukan mempersulit. Lebih lengkapnya adik dari sang vokalis, Ian Kasela, ini menyampaikan, "Seperti di Malaikat Cinta ini itu seiring waktu berjalan, dari judulnya aja tidak pernah kami membuat judul yang puitis seperti Malaikat Cinta gini. Tiba tiba sekarang bikin. Itu dari sisi lirik. Dari segi musikalitas, ya ada nuansa British Rock di sini. Sebelummya tidak ada. Tapi tetep easy listening. Dan warna Radja itu free pop. Dan semuanya kami tidak mau mengkotak-kotakkan musik. Intinya tujuan bermusik itu bisa dinikmati orang, bukan mencari cari faktor kesulitan. Ada pepatah dulu yang bilang keep it simpel is stupid. Sampai orang terbodoh itu bisa mengerti tujuan musik sebenarnya jadi dia menghibur bukan mempersulit. Karena musik pemersatu dan untuk menghibur orang."

Simak Lifestyle Populer Lainnya