Rilis Album Perdana, Aruma: Ini Perjalanan Jatuh Bangunku di Dunia Musik

Diperbarui: Diterbitkan:

Rilis Album Perdana, Aruma: Ini Perjalanan Jatuh Bangunku di Dunia Musik
Aruma - Credit: Istimewa

Kapanlagi.com - Setelah merilis lima single, yang lagu debutnya Muak sudah di-streaming hingga 182 juta kali di Spotify, Aruma kini memasuki babak baru sebagai seorang penyanyi, yaitu merilis album perdana yang dirilis pada 21 Juni 2024. Mengambil judul Berbunga, Aruma menggambarkan album ini sebagai rangkuman proses perkembangan dirinya dalam bermusik.

"Ada sepuluh lagu di album ini. Lima lagu sudah dirilis di EP Bertumbuh, sementara lima lainnya adalah kelopak yang sudah tumbuh dan berbunga pada satu tangkai yang cantik. Semua lagu ibaratnya perjalanan jatuh-bangunku di dunia musik hingga menjadi sosok Aruma yang sekarang. Menurutku, semua lagu di Berbunga terasa manis meski arti lagunya tidak semanis itu," kata Aruma.

Perjalanan menyiapkan album perdana ini diakui Aruma memakan waktu yang cukup lama, bahkan ada beberapa lagu yang sudah direkam sejak dulu dan baru bisa diperdengarkan sekarang.

"Karena membutuhkan beberapa lagu untuk album ini, aku menggali-gali lagi tabungan laguku. Salah satunya adalah Salam Perpisahan yang awalnya dipertimbangkan untuk jadi single debut pada tahun 2022. Setelah diperbaiki sedikit, sekarang lagu ini sudah siap untuk diperdengarkan kepada para pencinta musik. Semoga kalian suka," tuturnya.

1. Tantangan Tersendiri

Selain Salam Perpisahan, ada pula lagu Delulu yang memberi tantangan tersendiri bagi peraih penghargaan Kategori Pendatang Baru Terbaik di ajang AMI Awards 2023 ini.

“Menurutku, lagu tersebut memiliki aura paling berbeda dari yang lainnya, musiknya tidak manis seperti biasa, tapi berani untuk menunjukkan amarah. Ini jugalah yang coba aku hadirkan di album Berbunga, yaitu sesuatu yang baru. Ada beberapa lagu yang memiliki vibe atau nuansa berbeda dari Aruma yang biasanya dan ada lagu berbahasa Inggris juga," terangnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Memulai Babak Baru

Jika EP yang dirilis pada 23 Februari kemarin digambarkan sebagai titik awal perjalanannya, album ini rilis di saat mahasiswi Program Studi Desain Produk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB sudah berkembang atau memasuki babak baru.

Aruma berharap album ini akan mendapat sambutan menggembirakan, baik dari para penggemar mau pun pendengar musik secara umum, dan menangkap pesan yang ingin ia sampaikan melalui Berbunga.

“Semoga kalian juga akan ada di titik berbunga, saat kalian sudah ikhlas terhadap pahit dan manisnya proses kehidupan. Yakinlah bahwa kelopak demi kelopak yang kalian punya akan selalu tumbuh kembali setelah terjatuh,” demikian pesan positif Aruma.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/pur/ums)

Rekomendasi
Trending