Rilis Album, Apa Alasan Andien Kembali Menempuh Jalur Indie?

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

Rilis Album, Apa Alasan Andien Kembali Menempuh Jalur Indie? Andien © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Berkarir di dunia musik selama 17 tahun, tentu bukan masa yang singkat dan mudah bagi seorang penyanyi seperti Andien. Banyak tempaan dan pengalaman yang ia dapat selama membangun karir, baru-baru ini Andien pun kembali menegaskan langkahnya dengan merilis album terbaru, METAMORFOSA.


"Aku sudah 17 tahun berkarir, gak kerasa ya udah dari tahun 2000 sampe 2017, banyak sekali masa-masa, aku melewati dari masa awal-awal karir tuh tadinya ada senioritas. Waktu awal-awal tahun 2000an ada yang namanya senioritas, yang penyanyi baru kemudian harus berhadapan dengan penyanyi lagi, lebih senior. Untuk digembleng di belakang panggung lah istilahnya," aku Andien saat ditemui di peluncuran album Metaformosa, Gallery Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2017).


Yang menarik, pada perilisan album METAMORFOSA kali ini Andien justru kembali memilih untuk menempuh jalur independen. Andien lalu kembali menceritakan sedikit bagaimana perjalanan awal karirnya yang penuh dengan tempaan, di mana hal ini kemudian menjadi alasannya untuk melangkah di koridor indie.


Cinta pada musik dan ingin terus berkarya secara jujur, jadi alasan Andien menempuh jalur indie bersama album 'METAMORFOSA' © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaCinta pada musik dan ingin terus berkarya secara jujur, jadi alasan Andien menempuh jalur indie bersama album 'METAMORFOSA' © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya


"Dulu masih kaset, saya rekaman masih di pita, udah gitu ke CD, kaset udah gak ada. Sekarang udah gitu digital, CD udah hampir gak ada, dan proses ditanggungnya sendiri tuh banyak sekali. Dari yang tadinya capek nyanyi karena dibarengin sama sekolah, yang tadinya nyanyi tiap hari ampe suaranya abis, terus brantem sama record label, terus udah gitu dicerca orang, misalnya lagunya terlalu susah. Dibikin gampang, dicerca juga (karena) terlalu gampang, jadi aku sampe pada titik di mana merasa harus melihat lagi ke belakang," lanjutnya.


Semua kilas balik terhadap perjalanan karirnya lalu mengantarkan Andien pada sebuah titik di mana ia menemukan alasan pertamanya untuk melangkah di dunia musik. Tak peduli dengan apa komentar orang lain, kecintaan terhadap musik dan bernyanyi, jadi alasan yang membuat Andien mantap untuk meretas album METAMORFOSA secara independen.


"Dulu Andien kecil itu pada tahun 2000 nyanyi kenapa sih? Apa emang mau diduet, apa yang mau nyenengin orang, atau mau apa? Gitu sebenernya. Ternyata (alasannya) adalah karena aku suka bernyanyi, jadi aku nggak lagi memikirkan apakah, bagaimana pandangan orang terhadap lagu tersebut. Aku ingin berkarya sejujurnya aku aja, tanpa ada yang membatasi. Jadi ini adalah karya indie, mungkin. Ini yang kedua sebenernya, tapi bisa dibilang ini yang pertama kalinya aku mikirin bener-bener dari A sampe Z," pungkasnya.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/far/ntn)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi

Rekomendasi
Trending