Mereka Memang Pemenang, Tapi...

Nizar Zulmi  |  Sabtu, 12 Juli 2014 14:21
Mereka Memang Pemenang, Tapi...
Ihsan dan Igo ©KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Tren penyelenggaraan ajang pencarian bakat kembali populer sekitar sepuluh tahun lalu. Indonesian Idol memprakarsai kompetisi menyanyi yang masih berlanjut setelah satu dasawarsa.

Jika menilik kembali ke era 90-an, kita tentunya sudah cukup familiar dengan Asia Bagus. AB3 yang sempat booming di masanya merupakan jebolan kontes menyanyi tersebut.

Nah, menariknya adalah mendapat juara 1 dalam kompetisi tersebut tak menjamin seorang artis akan sukses. Contohnya di Indonesian Idol ada beberapa nama yang tak bisa bertahan lama di persaingan sebenarnya, yakni di industri musik.

Ihsan ©KapanLagi.com®Ihsan ©KapanLagi.com®

Kita ambil contoh jawara Idol musim ketiga, Ihsan Tarore dan musim keenam Igo C Penturry. Keduanya sukses menyabet juara pertama di eranya masing-masing. Namun kini kiprah mereka seolah kurang menggema. Ada apa dengan mereka?

Ihsan hanya sempat menelurkan satu album berjudul THE WINNER yang rilis pada 2007, setelah itu namanya tak mampu bertahan lama. Uniknya, Ihsan justru banyak tampil di film dan sinetron. Tercatat sudah 6 judul yang ia perankan, salah satunya 9 Summers 10 Autumns. Mungkinkah ia sudah banting setir?

Igo Pentury ©KapanLagi.com®Igo Pentury ©KapanLagi.com®

Sementara itu Igo Pentury pun masih terseok-seok untuk menguasai pasar musik Indonesia. Dengan koleksi satu albumnya, pria berdarah Ambon ini kesusahan untuk mengikuti persaingan yang banyak didominasi musik melayu.

Salah satu singlenya yang masih terdengar sampai saat ini adalah Karena Aku Punya Kamu. Namun hal ini tak menyurutkan kecintaan Igo akan dunia tarik suara. Dirinya sering membuat cover lagu-lagu terkenal yang diunggah melalui Soundcloud. Salah satunya lagu Bunda ini.

Para juri ajang pencarian bakat memang sering berkata bahwa perjuangan sebenarnya adalah ketika mereka 'lulus' dan bersaing dengan para pelaku industri hiburan. Lalu kira-kira apa kunci untuk menjaga eksistensi?

Suara berkualitas? Jelas. Membangun relasi? Pasti. Usaha dan kemauan yang keras juga penting, apalagi jika dilengkapi dengan kemampuan adaptasi yang bagus. Kita doakan saja semoga para pemenang ini bisa kembali jadi jawara ya.

Sudah baca?

7 Lagu Paling Ampuh Sebagai Pengantar Tidur

6 Lagu Mood Booster Untuk Sahur, Bikin Semangat!

Disakiti Terus? Dengan Lagu Ini Saatnya Kamu Bangkit!

6 Lagu Hits Yang Cocok Untuk Momen Kelulusan

(kpl/niz)


Lihat Arsip Musik

- - -