Jazz Gunung Indonesia Goes Global, Tampil di Taipei Music Expo 2024

Penulis: Angelia Leony Van Augista

Diterbitkan:

Jazz Gunung Indonesia Goes Global, Tampil di Taipei Music Expo 2024
Jazz Gunung Indonesia hadir di acara Taipei Music Expo (Credit foto: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Jazz Gunung Indonesia tampil sebagai delegasi di Taipei Music Expo (TMEX) pada 7-8 September 2024 kemarin. CEO Jazz Gunung Indonesia, Bagas Indyatmono, memperkenalkan kepada dunia tentang keunikan budaya jazz lokal serta memamerkan Jazz Gunung Bromo sebagai salah satu yang terbaik di kancah musik jazz Indonesia.

Bagas Indyatmono menekankan tentang keunikan tradisi festival jazz Indonesia yang berhubungan erat dengan elemen budaya lokal serta pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Jazz Gunung Bromo, yang diselenggarakan di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, telah menjadi agenda rutin dalam kalender musik Indonesia selama 2 windu. Festival tersebut sukses menarik perhatian para penggemar jazz, baik lokal maupun internasional.

Simak info lengkapnya di bawah ini.

1. Jazz Gunung Bromo Sebagai Festival Jazz Terbaik

"Indonesia menjadi tuan rumah bagi beberapa festival jazz yang paling unik di dunia, dan Jazz Gunung adalah contoh terbaiknya" ungkap Bagas. Jazz Gunung Bromo menampilkan musisi jazz lokal dan internasional ternama serta membangun komunitas yang membangun, di mana musik bertemu dengan pertukaran budaya. "Acara ini menawarkan pengalaman music yang intim dan mendalam, menggabungkan keindahan alam dengan kesenian jazz. Ini bukan hanya sekedar konser, tapi juga merupakan pertemuan komunitas jazz dari seluruh Indonesia dan dunia" pungkasnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Keberagaman Budaya Bertemu dengan Jazz

Salah satu misi utama dari Jazz Gunung adalah untuk menyoroti setiap budaya Indonesia yang beragam melalui musik serta menyediakan wadah bagi para seniman untuk berkolaborasi dan berinovasi. Di TMEX 2024, Bagas memaparkan tentang bagaimana acara ini telah berkembang menjadi sebuah wadah internasional bagi para penggemar dan musisi jazz.

Dengan menggabungkan jazz dengan unsur-unsur tradisional Indonesia, Jazz Gunung telah menciptakan atmosfir musik yang berbeda dan unik. Hal tersebut tidak hanya sebagai pengalaman baru bagi pengunjung, tetapi juga berkontribusi terhadap komunitas musik global.

3. Awal Baru Jazz Gunung Indonesia di Kancah Internasional

Taipei Music Expo diakui sebagai acara internasional utama untuk mendorong kolaborasi dalam industri musik global. Para musisi, profesional industri, records label, penggagas festival musik dan para komunitas berkumpul di Taipei Music Expo untuk bertukar ide dan membangun relasi. Dalam acara pertukaran budaya dan bisnis ini, TMEX mengajak 25 pemimpin industri musik internasional dari 12 negara, bersama dengan lebih dari 20 festival musik besar di Taiwan dan lebih dari 40 merek musik yang bertujuan untuk memperluas jaringan dan relasi.

Tahun ini, kehadiran Jazz Gunung Indonesia semakin memperkuat hubungan antara skena jazz Indonesia dengan penonton internasional. "Ini adalah kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan audiens global, berbagi cerita, dan belajar dari yang lain. Musik, pada intinya, melampaui batas-batas" tutup Bagas dalam presentasinya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending