'Jakarta Pagi Ini: A Slank Musical', Rangsangan Slank Bagi Musisi

Natanael Sepaya  |  Kamis, 18 Desember 2014 19:22
'Jakarta Pagi Ini: A Slank Musical', Rangsangan Slank Bagi Musisi
Slank ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Kapanlagi.com - Persembahan Slank kali ini jadi sesuatu yang istimewa menjelang akhir tahun. Bukan tanpa alasan, tapi karena semua persiapan mulai dari konsep, storyboard kisah cinta segitiga dalam dunia politik, tokoh karakter, sampai pemilihan lagu disiapkan Slank untuk masyarakat dan para musisi di tanah air.

"Harapannya, ini bisa jadi persembahan penutup tahun yang fenomenal di tahun 2014 bahwa sekelompok seniman berkumpul bikin drama musikal. Ini bisa merangsang yang lain untuk ikutin. Kita membuka banyak kreator untuk bekerjasama dengan kita," ujar Kaka.

Ya, Slank berharap lewat pagelaran acara yang dimulai sejak hari ini bisa merangsang para musisi dan seniman tanah air untuk semakin kreatif. Demi tujuan itu juga, pemilihan lagu dan konsep cerita dipersiapkan secara matang.

Slank dan para aktor Jakarta Pagi Ini: A Slank Musical ©LIGHTS Publicist/LIGHTS PublicistSlank dan para aktor Jakarta Pagi Ini: A Slank Musical ©LIGHTS Publicist/LIGHTS Publicist

"Kita pilih lagu apa aja, lalu kita minta Aksan buat aransemen ulang sesuai mood adegan. Jadi kita pastiin antara lagu dan adegan sama ceritanya. Semua biar nyambung dan relevan," ungkap Mirwan Suwarso saat ditemui di Gedung Nyi Ageng Serang, Rasuna, Jakarta, Selasa siang (16/12).

Tapi bukan berarti nggak ada tantangan soal pemilihan lagu. Justru karena harus menyesuaikan dengan emosi di beberapa adegan yang vital, Aksan Sjuman, selaku produser musik acara ini harus mengubah beberapa aransemen lagu agar sesuai dengan emosi yang ada di setiap adegan.

"Yang jadi tantangan, bagaimana membuat musik supaya pas dengan adegannya. Mengubah dari original version supaya pas sama mood adegan itu nggak gampang. Misal adegan marah, lagu aslinya jauh dari marah tapi harus mengubahnya," ujar Aksan Sjuman.

Dengan harapan dan persiapan Slank sejauh ini, tampaknya akan sangat disayangkan kalau para musisi tanah air tidak terpacu untuk semakin kreatif. Kalau kamu sendiri, apa kamu terpacu untuk melakukan sesuatu yang positif untuk dunia seni tanah air?

Jangan Melewatkan Yang Ini!

Uniknya Karakter Personel Slank di Musikal 'Jakarta Pagi Ini'

Aryo Wahab Jadi Ketua DPR di Teater Musikal Slank

Basmi Narkoba, Slank dan JKT48 Jadi Icon Badan Narkotika Nasional

Ajak Presiden Jokowi, Slank Siap Sebar Virus 'Ngeslank Rame-Rame'

Lewat 'Ngeslank Rame-Rame', Slank Ajak Indonesia Bersatu

(kpl/abs/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -