Inilah Konser Bob Marley di Jerman, Setahun Sebelum Kematiannya

Erick  |  Senin, 11 Mei 2015 12:22
Inilah Konser Bob Marley di Jerman, Setahun Sebelum Kematiannya
Bob Marley © Bob Marley Official Facebook
Kapanlagi.com - Sang legenda reggae dunia telah meninggalkan kita dan jutaan penggemar setianya di seluruh dunia. Ia harus menghembuskan nafas terakhirnya tepat pada tanggal 11 Mei 1981. Ya, tepat pada hari ini, 34 tahun yang lalu.

Bob meninggal di usia yang masih sangat muda, 36 tahun. Setahun sebelum kematiannya, dalam kondisi sakit, sang legenda ini masih melakukan serangkaian tur dan konser di beberapa negara. Jadwal tur The Wailers kala itu memang sedang padat-padatnya.

Uprising Live at Dortmund, Jerman © Bob Marley Official FacebookUprising Live at Dortmund, Jerman © Bob Marley Official Facebook

Berada di puncak kejayaan, Bob Marley and The Wailers laris manis dengan jadwal tur yang padat. Pada tahun 1980, Bob Marley bahkan sempat tampil di Dortmund, Jerman. Namun sayang, rekaman konser yang bertajuk Uprising Live saat itu terpecah menjadi beberapa bagian.

Salah satu lagu yang dibawakannya saat itu adalah Natural Mystic. Lagu ini masih sering diperdengarkan dan dimainkan oleh banyak musisi reggae hingga kini. Lalu bagaimana dengan penampilan Bob Marley saat itu yang kabarnya sedang sakit?

Tak menunjukkan rasa sakit yang dideritanya, Bob masih tampil seperti biasanya. Walaupun Natural Mystic bertempo sangat lambat, namun tampak bahwa sang legenda masih punya banyak energi untuk menyelesaikan konsernya malam itu.

Para penggemarnya di Jerman kala itu sangat beruntung. Malam itu adalah penampilan terakhir Bob Marley and The Wailers di sana. Namun apakah setelah sang legenda meninggal, ceritanya akan usai begitu saja?

Tentu saja tidak, Bob Marley sukses menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia hingga kini. Tak hanya melalui lagu-lagunya, hampir semua kalimat dan petuah bijaknya pun banyak diabadikan. Salah satunya adalah, "Love the life you live, live the life you love" atau "cintai hidup yang kau jalani, jalani hidup yang kau cintai".

Yuk baca juga berita berikut:

[VIDEO] Langka! Bob Marley Dimakamkan Bagai Seorang Raja

'War', Lagu Milik Bob Marley Yang Berasal Dari Naskah Pidato

Inilah Konser Terakhir Bob Marley Yang Sempat Direkam

'LEGEND REMIXED' Lagu Bob Marley Versi Kekinian

Fans Berat, Obama Kunjungi Bob Marley Museum

Keren! Yuk Simak Film Dokumenter Bob Marley Yang Tak Biasa Ini

Inilah Pesan Terakhir Bob Marley Sebelum Meninggal

(kpl/erc)


Lihat Arsip Musik

- - -