GAC 'Never Leave Ya': Bawa Kembali Gairah dan Keriaan 90s

Natanael Sepaya  |  Kamis, 08 Desember 2016 12:22
GAC 'Never Leave Ya': Bawa Kembali Gairah dan Keriaan 90s
GAC © KapanLagi.com/Natanael Sepaya

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu Gamaliel Tapiheru, Audrey Tapiheru dan Cantika Abigail yang tergabung dalam GAC baru saja merilis music video untuk single Never Leave Ya. Menarik, meski sound R&B yang diusung sangat modern, tapi spirit of 90s era benar-benar terasa kuat saat disajikan secara audio-visual. Lalu, bagaimana awal cerita GAC sampai bisa menawarkan semangat 90s untuk para penikmatnya lewat single dan MV Never Leave Ya?

"Euh, diobrolin sih, technical iya diobrolin bareng. Cuma kalo untuk konsepnya sendiri sih," ujar Gamal yang kemudian segera disahut Audrey. "Ya jadi juga emang udah beberapa lama ya kita bikin alur yang seperti itu. Kita ngobrolin temanya udah kaya gini aja," aku mereka saat bermain ke kantor KapanLagi.com® Malang, Selasa (5/12).

'Never Leave Ya', usung spirit of 90s yang tersaji apik secara audio-visual dalam music video-nya © KapanLagi.com/Natanael Sepaya'Never Leave Ya', usung spirit of 90s yang tersaji apik secara audio-visual dalam music video-nya © KapanLagi.com/Natanael Sepaya

"Iya, jadi awalnya tuh karena emang lagi suka aja. Kita sendiri lagi suka passion-nya 90s gitu kan, 90s yang sangat lengket dengan R&B dan hip hop gitu kan. Jadi kaya, pas abis kita bikin artwork iTunes untuk single Never Leave Ya dengan style yang 90s, jadi kaya, 'eh, video klipnya kenapa nggak dibikin sekalian kaya gitu?' Jadi mulai cari referensi, dan waktu itu pas banget ada jadwal manggung di Melbourne, jadi langsung take dan ngebayangin, 'aduh, jalanan Melbourne tuh kaya LA banget,' jadi kaya kebayang jalan-jalan, kan untuk hip-hop R&B 90 tuh kaya street, anak-anak muda bersenang-senang di jalanan. Jadi langsung kebayangnya tuh jalanan di Melbourne. Gitu,"

"Dan emang kan lagunya Never Leave Ya ini kan bukan galau-galau gitu kan, jadi kayaknya cocok untuk bersenang-senang," tambah Audrey.

Selain Melbourne, GAC juga mengambil shoot di beberapa lokasi di Jakarta yang juga membawa nuansa street ala era 90an © KapanLagi.com/Natanael SepayaSelain Melbourne, GAC juga mengambil shoot di beberapa lokasi di Jakarta yang juga membawa nuansa street ala era 90an © KapanLagi.com/Natanael Sepaya

Sedangkan untuk segi musik, roster Sony Music Entertainment Indonesia ini pun mempercayakannya pada Alex James dan Harry Sommerdahl dari The Kennel Music. Cantika lalu mengungkapkan kalau workshop untuk single tersebut dilakukan dari nol bersama Alex dan Harry hingga proses pembuatan lirik serta aransemen musik.

"Mereka bikin musiknya dan juga workshop-nya dari nol ya sama mereka. Jadi kan ini salah satu lagu yang kita bikin di Swedia yang which is di Swedia cara kita kerja adalah masuk studio, ketemu sama produsernya, terus bikin musiknya, terus bikin melodinya, terus kita nulis liriknya, gitu. Jadi memang mereka yang bantuin untuk bikin musiknya tuh si Harry sama si Alex," ungkap Cantika.

GAC mendapat bantuan Alex James dan Harry Sommerdahl dalam proses pembuatan materi 'Never Leave Ya' © KapanLagi.com/Natanael SepayaGAC mendapat bantuan Alex James dan Harry Sommerdahl dalam proses pembuatan materi 'Never Leave Ya' © KapanLagi.com/Natanael Sepaya

Lebih jauh dan bicara soal penulisan materi, GAC sendiri mendapat pengalaman yang sangat positif ketika mereka berada di Swedia dan mengikuti Songwriting Camp selama 3 minggu. Selain membuahkan single Never Leave Ya yang juga masuk dalam album STRONGER, mereka pun merasakan langsung bagaimana terjun bersama seorang songwriter handal dalam menulis lirik.

"Nah justru, kita pun ngirain songwriting camp itu adalah sebuah workshop yang dijelaskan apa ini, ini, ini, ternyata bukan. Jadi songwriting camp itu adalah bener-bener diceburin, yuk nulis bareng, kaya gitu. Jadi bukan yang kaya yang, ini pokoknya bisnisnya (di industri musik) tuh kaya gini, kita tuh harus gini. Gak kaya gitu, kita pun ngirain bakal kaya gitu awalnya, dan ternyata bener-bener adalah nulis bareng-bareng," ujar Gamal.

"Jadi masuk dalam satu ruangan dan bikin lagu," tegas Audrey singkat.

Sudah Baca Yang Ini?

Saat Tak Sibuk Manggung, Apa Sih Aktivitas Para Personel GAC?

Diteror Stalker, Ini Cerita Unik GAC Soal Seorang Fans Beratnya

Bukan Musisi, Ernest Prakasa Berikan Konsep Lagu Senyum & Harapan

Kolaborasi Unik The Overtunes - GAC, Rekaman Lagu Secara Terpisah

Beda Konsep Musik, GAC dan The Overtunes Berkolaborasi Garap OST