Enda Ungu: Menggantikan Tugasnya Pasha Itu Berat Banget

Natanael Sepaya  |  Selasa, 07 Juni 2016 11:22
Enda Ungu: Menggantikan Tugasnya Pasha Itu Berat Banget
Enda Ungu © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Harus diakui kalau sosok Pasha Ungu memang sangat melekat dengan imej band Ungu. Tapi keputusan Pasha untuk menjadi Walikota Palu pun kini membuat Ungu harus membuktikan langkah dan pencapaian mereka. Lalu, apakah mereka takut akan kehilangan para fans loyal mereka?

"Nggak. Pasha kan nggak ke mana-mana, itu bukan kuasa kami sih ya ditinggal atau nggak. Keadaan sekarang mendikte bahwa kami harus begini. Kemarin itu Pasha pergi alesannya memang ada tugas negara. PR terbesar emang vokal, gimana caranya mengisi kekosongan itu dengan baik lah. Mungkin jangan dinilai sekarang dulu ya, coba setelah satu atau dua album ke depan (baru) kami bisa jawab," jelas Makki Ungu saat ditemui di kawasan Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (5/6).

Tapi Enda Ungu juga tidak menepis kalau sebenarnya ia sempat merasa tidak percaya diri untuk berada menggantikan posisi Pasha saat ini. Namun dengan kedewasaan mereka sebagai sebuah band dan sikap saling mendukung, akhirnya Enda pun mendapatkan motivasi terbaik untuk tetap melangkah bersama Ungu.

Ungu, berusaha keras untuk menutupi kekosongan posisi Pasha saat ini © KapanLagi.com/Bambang E. RosUngu, berusaha keras untuk menutupi kekosongan posisi Pasha saat ini © KapanLagi.com/Bambang E. Ros

"Kalau nggak pede, yah sangat enggak pede. Enggak ada yang berani, menggantikan tugasnya Pasha itu berat banget. Cuman ya kami di dalam juga saling menguatkan. Saling menyemangati bersama. Pasha juga ikut komen 'bagus keren'," aku Enda.

Karena itu, mereka pun terus berlatih bersama setelah Pasha benar-benar memutuskan untuk fokus menjalani karirnya sebagai Walikota. Meski sulit, mereka berusaha agar bisa menyanyikan semua lagu dengan baik seperti apa yang selama ini Pasha lakukan.

"Kalau latihan vokal pasti. Gue ama Onci lebih sering latihan bareng sekarang, berdua. Tiap hari latihan bernyanyi bersama karena kan konsepnya vokalisnya dua. Bener-bener harus nyambung suaranya. Kami tekun, learning by doing, tapi tetep ancur sih (sambil tertawa). Saling meledek sih nggak. Bagaimana caranya menyanyikan 10 lagu di panggung dengan penonton banyak. Apalagi menggantikan sosok vokalis yang bisa dikata semua orang tutup mata udah tau itu suara Pasha. Bukan sesuatu yang mudah. Harus bekerja keras," tandas Enda.

Yakin Sudah Tahu Yang Ini?

Tak Rilis Single Religi Menjelang Bulan Puasa, Ini Alasan Ungu

Siapkan Video Musik Baru, Enda - Onci Didapuk Jadi Vokalis

FOTO: Adelia Pasha Setia Temani Sang Suami Rayakan Hardiknas

Bakal Jarang Nyanyi Bersama Ungu, Pasha: Nggak Masalah Sih

Pasha Ungu Lebih Fokus Jadi Pejabat, Ini Permintaan Personel Ungu