'D'Essentials of Groove', Bawa Sederet Kejutan Bagi Kota Bandung

Natanael Sepaya  |  Sabtu, 03 Desember 2016 11:22
'D'Essentials of Groove', Bawa Sederet Kejutan Bagi Kota Bandung
Maliq and D Essentials - The Groove © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Grup musik Maliq and D Essentials dan The Groove baru saja menggelar konser bertajuk D'Essentials of Groove di Trans Studio Bandung, Jumat malam (2/12/2016). Kurang lebih 22 lagu dibawakan oleh kedua grup musik tersebut. Dibuka dengan kolaborasi apik antara Maliq and D Essentials dan The Groove yang membawakan lagu Heaven.

Kehadiran Maliq and D Essentials dan The Groove di atas panggung tentu membuat ribuan penonton yang kebanyakan memakai baju serba putih itu teriak histeris. Padahal, kedua grup band itu baru memainkan satu lagu, tetapi para penonton seakan langsung terbius dari penampilan Maliq and D Essentials dan The Groove.

Di lagu kedua, Maliq & D'Essentials membawakan lagu berjudul Setapak Sriwedari tanpa berkolaborasi dengan The Groove. Menariknya, di lagu ini para personel Maliq and D Essentials yang mengenakan kostum serba putih langsung berjoget sesuai irama lagu dan diikuti ribuan penonton.

Maliq and D Essentials dan The Groove, hadirkan sederet kejutan bagi kota Bandung © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoMaliq and D Essentials dan The Groove, hadirkan sederet kejutan bagi kota Bandung © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Menurut Angga, vokalis Maliq & D'Essentials, konser D'Essentials Of Groove ini salah satu pagelaran yang sangat berbeda dari biasanya. "Kita sering main di Bandung. Tapi kali ini kita kita buat konsep berbeda. Kita berkolaborasi dengan The Groove," kata Angga di atas panggung.

Lagu demi lagu dimainkan oleh grup musik yang terbentuk sejak tahun 2002 itu, seperti Kangen, Funk Flow, Terdiam, Mendekat, Melihat, Mendengar (MMM), Sampai Kapan, dan Beri Cinta Waktu. Di tengah-tengah konser, Angga memberikan kejutan menarik. Angga mengajak para penonton berdiam, membuat video sebuah mannequin challenge.

"Malam ini kita lakukan hal yang beda, hal yang gila. Kita bikin mannequin challenge bersama kalian. Kita diem aja yah, sebentar. Tapi boleh nafas," katanya.

Maliq dan The Groove ajak para penikmat musiknya untuk membuat video mannequin challenge © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoMaliq dan The Groove ajak para penikmat musiknya untuk membuat video mannequin challenge © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Selain mengajak penonton berdiam, untuk membuat video sebuah mannequin challenge, gitaris Maliq and D Essentials, Lale tiba-tiba maju ke depan panggung. Dia berdiri persis di depan puluhan ribu penonton. Secara mengejutkan, Lale langsung melepas gitar miliknya dan diberikan kepada penonton.

Di tiga lagu terakhir penampilan Maliq and D Essentials, Angga CS menyanyikan lagu, seperti Himalaya, Katakan Dengan Cinta dan ditutup dengan Drama Romantika. Di lagu terakhir, lagi-lagi Maliq and D Essentials berkolaborasi dengan The Groove. Terasa seperti musik dangdut, semua personel Maliq and D Essentials maupun The Groove pun berjoget bersama ribuan penonton.

Usai penampilan Maliq & D'Essentials, secara bergantian, The Groove langsung naik ke atas panggung. Para personel The Groove, seperti Reza The Groove, Arie Firman, Arie, Tanto, Ali, Rejos, Detta, dan Rieka Roeslan dengan semangat langsung menyapa penonton. Dengan mengenakan kostum jas putih, The Groove menyanyikan lagu Satu Mimpiku.

Lale secara mengejutkan memberikan gitarnya pada para penonton © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoLale secara mengejutkan memberikan gitarnya pada para penonton © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Hampir sama dengan penampilan Maliq and D Essentials, ribuan penonton ikut bernyanyi dan berjoget sesuai irama lagu yang dinyanyikan oleh The Groove. Lalu, grup musik yang terbentuk sejak tahun 1997 itu melantunkan lagu-lagu miliknya seperti Sepi, Hanya Karena Cinta, Bawalah Daku, Forever U'll Be Mine, Khayalan, dan The One.

Tak kalah menarik dengan Maliq and D Essentials, yang gitarisnya melempar gitar, tetapi The Groove lebih memilih melempar bola besar ke arah ribuan penonton yang kebanyakan anak muda. Aksi lempar bola pun begitu unik, para penonton bernyanyi sambil melempar bola tersebut ke arah panggung.

Usai menyanyikan lagu tersebut, The Groove juga sempat memperkenalkan personelnya masing-masing. "Ini wanita satu-satunya di The Groove. Dia sempat pergi dari sini tapi balik lagi," ujar Reza sambil tertawa.

Sementara itu, di beberapa lagu terakhir, secara bergantian, Maliq and D Essentials naik ke atas panggung berkolaborasi dengan The Groove. Semua personel Maliq and D Essentials nampaknya begitu semangat bisa bernyanyi bersama The Groove. Beberapa lagu milik The Groove, seperti seperti Coba Katakan Dengan Cinta, Dia, Pilihanku, dan ditutup dengan Dahulu berhasil dinyanyikan secara bersama. "Terima kasih semuanya," tutup Rieke Roeslan.

Melihat penampilan kedua grup musik beraliran soul/jazz itu tampil begitu total, ribuan penonton di Bandung pun terlihat sangat puas. Apalagi, usai berfoto bersama, ribuan penonton langsung membubarkan diri dengan tertib.

Sudah Baca Yang Ini?

Buat Video Klip Baru, Armand Maulana Ajak Sejumlah Musisi Indie

Stereojune, Bawa Tema Galau Dalam 'Nada Move On'?

6 Lagu Indie Romantis Yang Bisa Dinyanyikan di Pernikahanmu Nanti

Melewatkan Konser Maliq - The Groove? Tonton Video 4 Menit Ini

Louder Than Ever, Soundrenaline 2016 Sukses Digelar