Arfa Marqia Ajak Generasi Muda Lebih Mencintai Batik

Selasa, 17 November 2020 18:17  | 

Jusuf Kalla



Arfa Marqia © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Penyanyi muda Arfa Marqia ternyata bukan hanya ingin suara merdunya didengar banyak orang lewat lagu. Remaja berusia 13 tahun itu rupanya juga memiliki misi tersendiri untuk mengajak anak-anak seusianya untuk lebih mencintai kebudayaan Indonesia, salah satunya batik.

Pelantun Malaikat Pelindungku itu tentu memiliki alasan tersendiri mengapa ingin menyebarkan semangat memakai batik. Selain membuat penampilan semakin berkesan, memakai batik juga merupakan ajang bagi generasi muda melestarikan kebudayaan Indonesia.

"Dengan memakai batik, kita semua telah menjadi warga negara yang ikut melestarikan budaya nusantara, maka dari itu mulai sekarang banggalah memakai batik, tidak peduli apa latar belakangnya, batik bukan lagi sebagai busana formal saja, batik juga dapat dikenakan ketika suasananya santai, kita sebagai generasi muda sudah sepantasnya untuk merawat dan melestarikan budaya kerajinan batik," ungkap Arfa pada Minggu (15/11) kemarin di Royale Studio, Jakarta Selatan.

 

1. Pengalaman Membuat Batik

Ketika ditemui kemarin, Arfa pun membuktikan kecintaannya dengan mengenakan batik. Alasan yang membuatnya suka mengenakan batik adalah karena motifnya yang bagus dan unik. Beberapa favoritnya adalah kawung dan parang.

Selain itu, Arfa juga menceritakan pengalamannya membuat batik yang ternyata lebih sulit dari yang ia bayangkan. Maka dari itu, penyanyi yang sering cover lagu di YouTube ini semakin menghargai batik.

"Pengalaman unik aku pernah coba membuat batik dari canting saat aku masih sekolah dasar. Caranya membuatnya aja itu sangat sulit sekali. Cantingnya pun juga panas dan kalau kena tangan perih banget. Ya semacam kena lem tembak jadi nempel dan panas banget," kenangnya.

 

2. Project Terbaru

Selain menceritakan kecintaannya dengan batik, Arfa juga membocorkan project terbarunya. Berawal dari ketidaksengajaan, Arfa akan segera merilis single barunya.

"Singkat cerita pada akhirnya saya diajak bergabung di Manajemen Royale Studio. Insya Allah untuk single berikutnya nanti, aku yang ciptain sendiri lagunya, lagunya bercerita tentang pengalaman aku di sekolah," pungkasnya.

 

3. Mengenal Arfa Marqia

Arfa sendiri merupakan penyanyi pendatang baru. Lagunya yang berjudul Malaikat Pelinduku ciptaan Umaru Takaeda mantan vokalis Drive mendapat pujian dari mantan Wapres RI Jusuf Kalla dan mantan wakapolri Komjen Pol (Purn) Syafruddin. Arfa sendiri memulai karirnya dengan mencover lagu-lagu di YouTube miliknya, Arfa Marqia.

Simak beberapa berita berikut juga ya!

Berbekal Pengalaman Jadi Model di Taiwan, Kenny Lee Terjun ke Dunia Hiburan Tanah Air

Bona Pascal Gandeng Andi Rianto di Single Terbaru 'Semua Karena Kamu'

Lewat dr. Brams Project, Dokter Spesialis Kandungan Ini Rilis Mini Album 'TAKDIR CINTA'

Digadang-Gadang Sebagai Salah Satu Penyanyi Muda Terbaik, Ghaniyya Ghazi Rilis EP Bertajuk 'Stay Home'

Advokat Kondang Minola Sebayang Orbitkan Lima Penyanyi dari Karo

 

(kpl/mhr)