Alami Gangguan Kecemasan Berlebih, Gitaris Yankjay Hadirkan Lagu 'Daydreams' untuk Ketenangan dan Semangati Penderita Mental Illness

Kamis, 21 Oktober 2021 14:15  | 

Isyana Sarasvati



Yankjay (Credit: Instagram.com/yankjay)

Kapanlagi.com - Musisi Yankjay Nugraha bakal menghadirkan karya terbaru di tahun 2021. Ya, gitaris yang menjadi session player Afgan, Armand Maulana, Isyana, Fadly (Padi) n Friends ini bakal merilis lagu instrumental solo gitar akustik berjudul Daydreams. Rencananya, lagu tersebut bakal dirilis pada 24 Oktober 2021 mendatang. Daydreams merupakan karya Yankjay yang diambil dari pengalaman pribadi sebagai penderita salah satu mental illness yaitu anxiety disorder atau gangguan kecemasan berlebih.

Melalui Daydreams, Yankjay ingin orang-orang yang menderita mental illness bisa mendapatkan ketenangan. Apalagi, lagu Daydreams ini hanya dibuat dengan petikan gitar saja tidak ada suara alat musik yang lain. Sehingga, para penderita mental illness bisa lebih tenang ketika mendengarkan lagu Daydreams ini

"Itu aja yang kemarin dari pengalaman sebagai penderita mental illness. Semoga menjadi sound therapy bagi yang sedang dilanda anxiety, panik, stress dan depresi," kata Yankjay kepada wartawan, Selasa (19/10/2021). Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengerjakan lagu Daydreams. Mengingat, alat musik yang digunakan Yankjay hanya menggunakan gitar saja. 

 

 

1. Tantangan untuk Dapatkan Feeling di Lagunya

Meskipun proses rekaman yang cukup singkat, tetapi Yankjay mengaku tetap mendapatkan kesulitan di saat menggarap lagu tersebut. "Yang susah adalah feel bermainnya, karena hanya instrumental gitar saja jadi feel-nya harus terasa," katanya. Meskipun begitu, Yankjay mengaku tak memerlukan proses yang begitu lama, sebab ia menggunakan instrumental fingerstyle. Oleh karenanya, rekaman pun hanya membutuhkan beberapa kali one take dan dipilih rekaman yang bagus.

Yankjay merupakan musisi yang menjadi session player penyanyi-penyanyi top di Tanah Air, seperti Armand Maulana (Arana Project), Afgan, Isyana Sarasvati, Fadly (PADI) n Friends, Natasha Pramudita, dan masih banyak lagi. Selain dikenal sebagai session player penyanyi top Indonesia, Yankjay juga pernah membuat grup musik bersama Indro Hardjodikoro yang diberi nama Hei Band.

Tak sampai di situ saja, Yankjay juga pernah menjadi band pengiring bersama mendiang Yockie Suryoprayogo dalam konser Badai Pasti Berlalu. Ia juga merupakan seorang gitaris session yang juga seorang pengajar di Musiq.id. Tak hanya mahir dan dikenal sebagai gitaris terbaik yang handal memainkan gitar elektrik dan akustik bergaya fingerstyle. Yank Nugraha juga kerap diendorse beberapa merek gitar dan alat musik ternama seperti Cort, EHX, Gruv Gear dan lainnya.

Jangan Lewatkan Yang Ini Juga!

Lagu 'Buktikan' Dewi Sandra Dirilis Ulang oleh Tiara Andini dan Vidi Aldiano, Makin Fresh dan Berwarna

Siap Digelar, Jazz Gunung Bromo Jadi Konser Pertama yang Berpenonton di Luar PPKM

Deretan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui dari Doja Cat, Pelantun Lagu Hits TikTok ‘Woman’

Gangga Kusuma & Deretan Lagunya Yang Selalu Bisa Bikin Mewek Para Kaum Muda, Dikabarkan Balikan Sama Awkarin Nih

Tak Hanya 'Wake Me Up When September Ends', Inilah Deretan Lagu Pop-Punk Paling Ambyar

 

 

(kpl/far/mag)