6 Gitaris Ini Ketenarannya Melebihi Sang Vokalis

Sabtu, 12 Juli 2014 12:01  | 

Jimmy Page



Noel Gallagher -Scott Ian - Angus Young

Kapanlagi.com - Sebagai frontman, sudah hal biasa jika vokalis lebih tenar dibandingkan member lain dalam sebuah band. Namun, keenam gitaris ini memiliki keistimewaan tersendiri sehingga ketenaran mereka mengalahkan sang vokalis.

Tentunya bukan tanpa alasan para gitaris ini jadi pusat perhatian. Skill mumpuni dan karisma yang mereka miliki jadi modal utama mereka ketika tampil di atas panggung.

Penasaran siapa saja gitaris hebat yang lebih populer dari penyanyinya? Ini dia daftarnya.

Fakta-fakta musik lainnya:

6 Musisi Ini Ngehits Lewat Lagu 'Curian'?

7 Soundtrack Terbaik Despicable Me, Ada Minions Juga Lho

7 Hal Penting di Karir Anggun C Sasmi

7 Fakta Tentang Agnez Mo di Mata Media Internasional

(kpl/niz)

1. Jimmy Page - Led Zeppelin

Band hard rock dan heavy metal, Led Zeppelin bisa jadi salah satu band besar yang tinggal kenangan. Terbentuk sejak 1968, band ini jadi legenda yang disegani berkat karya-karya mereka.

Bagi banyak orang, khususnya yang ngefans dengan Led Zeppelin, band ini adalah milik Jimmy. Pasalnya, gitaris hebat ini bagai pemimpin di grup yang ngehits dengan Stairway to Heaven tersebut.

Jimmy Page yang punya keinginan kuat untuk membesarkan Led Zeppelin tentu menjadi sorotan karena kegigihan dan karismanya. Page juga banyak sekali berkontribusi terhadap bandnya itu dengan menciptakan lagu dan aransemen.

Sempat mengalami pergantian formasi, Jimmy Page tetap setia bersama band kesayangannya ini. Setelah bubar, Page sering berkolaborasi dengan band-band besar lain karena sosoknya yang memang berkualitas.

2. Angus Young - AC/DC

Siapa yang tak kenal dewa gitar yang satu ini. Gaya bermainnya banyak jadi panutan para gitaris di seluruh dunia.

Angus Young yang merupakan pentolan grup cadas AC/DC begitu disegani karena kepiawaiannya bermain gitar. Selain itu dirinya juga lah yang menjadi komposer dalam semua lagu AC/DC. Tak dipungkiri lagi, kontribusinya dalam band sangat vital.

Karena sering mempertunjukkan kehebatannya bersolo gitar, Angus mengalahkan ketenaran Brian Johnson selaku vokalis. Gitaris eksentrik ini punya magnet yang kuat untuk menarik perhatian penikmat musik melalui petikan gitarnya.

Bersama saudaranya, Malcom mereka menahkodai AC/DC untuk mengarungi persaingan berat musik hard rock. Nama band ini abadi berkat sentuhan tangan Angus Young. Keren!

3. Joan Jett - The Runaways

The Runaways ini merupakan salah satu band legendaris yang juga pelopor band wanita di dunia. Band yang beranggotakan Cherie Currie. Joan Jett, Litta Ford, dan Vicki Blue ini sempat mencuri perhatian walau tak lama mereka bubar.

Sang vokalis, Cherie Currie memang menjadi yang plaing terkenal selama band ini berkiprah. Namun, Joann Jett dengan gitarnya juga tak luput menjadi salah satu member favorit.

Hal ini semakin terbukti saat The Runaways memutuskan bubar. Duo gitaris Joann Jett dan Lita Ford memutuskan untuk berkarir masing-masing. Hasilnya mereka bisa meraih sukses selepas dari band lawas.

Bahkan sampai kini sang gitaris masih aktif bermusik bersama bandnya, Joan Jett & the Blackhearts. Jett paling dikenal dengan instrumen andalannya, Gibson Melody Maker.

4. Noel Gallagher - Oasis

Inggris memang gudangnya band legend. Selain The Beatles, mereka juga punya Oasis yang mengusung musik rock dan brit pop.

Grup ini sendiri dirintis oleh dua bersaudara Noel dan Liam Gallagher. Mereka berdua menjadi motor penting band yang populer di era 90-an ini.

Liam Gallagher memang berdiri paling depan sebagai vokalis, namun otak dari band ini sebenarnya terletak pada Noel Gallagher. Musisi jenius inilah yang paling menonjol perannya di antara member lain.

Noel yang memiliki style unik dalam bermain gitar menjadi sosok penting bagi kelangsungan band ini. Sayangnya, pada 2009 Oasis harus bubar di tengah jalan. Lagu hits mereka diantaranya adalah Don't Look Back In Anger, Supersonic, dan Champagne Supernova.

5. Scott Ian

Banyak faktor yang membuat gitaris lebih dikenal dibanding sang vokalis. Ada kalanya karena teknik bermain yang bagus atau kontribusinya dalam menciptakan lagu, dan lain sebagainya.

Bagi kebanyakan para penggemar musik, Scott Ian adalah nama yang pertama kali terlintas ketika menyebut nama Anthrax. Bisa jadi karena penampilannya yang nyentrik dan selalu atraktif.

Scott juga merupakan musisi serba bisa. Tak hanya jago ngerock dengan gitar, ia juga handal bermain bass, keyboard, drum, bahkan vokal.

Dengan modal itu, Scott sering terlibat dengan beberapa musisi lain yang membuat namanya dikenal. Rocker kelahiran New York ini hingga kini masih sering jadi pusat perhatian ketika Anthrax manggung.

6. John Petrucci - Dream Theater

Sukses bersama Dream Theater, John Petrucci juga dikenal sebagai guitar hero. Namanya disejajarkan dengan Steve Vai, Yngwie Malmsteen, dan sederet dewa gitar lainnya.

Perannya dalam Dream Theater sangat vital. Band yang mengusung genre progressive rock ini banyak mengandalkan instrumental dalam musiknya.

Band yang beranggotakan para musisi jenius tersebut mendapuk James LaBrie sebagai frontman. Namun kehebatan sang gitaris mampu melampaui kepopuleran James.

Selain berkarir bersama Dream Theater, John Petrucci juga terlibat dalam beberapa project seperti Liquid Tension Experiment, G3, Nightmare Cinema, juga tampil solo.

Wah, sepertinya julukan frontman saat ini nggak hanya ditujukan untuk vokalis ya. Buktinya 6 gitaris hebat ini mampu memegang peran penting di band mereka masing-masing.

(kpl/niz)