6 Musisi Ini Ngehits Lewat Lagu 'Curian'?

Rabu, 09 Juli 2014 16:01  | 

Madonna



Madonna - Green Day ©fameflynet

Kapanlagi.com - Penjiplakan merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi dalam dunia musik. Karena musik pada dasarnya adalah terdiri dari 7 nada dasar, tak jarang banyak karya yang memiliki kemiripan dalam struktur maupun melodi.

Ada yang mengatakan hal tersebut sebagai inspirasi. Namun bagaimana jika 'pencurian' ini memang disengaja? Beberapa hits terkenal musisi ini diduga menjiplak karya orang lain. Siapa saja?

Ini dia berita selengkapnya.

Berita seru lainnya:

7 Fakta Tentang Agnez Mo di Mata Media Internasional

6 Lagu Mood Booster Untuk Sahur, Bikin Semangat!

7 Soundtrack Terbaik Despicable Me, Ada Minions Juga Lho

5 Aktor Hollywood Yang Gagal Jadi Musisi?

(kpl/niz)

1. Green Day

Di daftar pertama ada grup asal Amerika Serikat bergenre pop punk, Green Day. Band yang dimotori oleh Billy Joe Armstrong ini miliki sejumlah hits tenar, salah satunya American Idiot.

Band cadas ini namanya semakin melambung berkat hits yang dirilis pada 2004 tersebut. Namun siapa sangka lagu tersebut ternyata mirip banget dengan lagu lawas milik Dillinger Four.

Memiliki intro yang sama persis, tentunya cukup aneh jika menyebutnya kebetulan. Coba deh kamu cek sendiri videonya, apakah memang menjiplak atau tidak.

Sebelum lagu ini diluncurkan, nasib Green Day hampir terpuruk. Nasib mereka berubah sejak American Idiot banyak diputar di berbagai media.

2. Oasis

Tak hanya band baru yang terkena kasus penjiplakan. Band legendaris asal Inggris, Oasis pun tak luput dari tudingan ini.

Oasis yang tenar di era 90an merupakan salah satu band yang banyak menginspirasi band-band baru. Namun siapa sangka mereka juga dianggap mencuri musik yang digunakan dalam single andalan mereka.

Band bentukan Noel dan Liam Gallagher ini dianggap meniru lagu Get It On milik T. Rex yang sudah ada sejak 1971. Adalah lagu Cigarette & Alcohol yang punya kemiripan dengan hits T. Rex tersebut.

Kejadian ini membuat reputasi mereka menurun. Mereka dikatakan seperti The Beatles versi kurang berbakat.

3. Radiohead

Bagi para pecinta musik 90-an, kamu pastinya familiar dengan lagu-lagu Radiohead. Hits populer mereka, Creep ternyata juga tersandung masalah plagiarisme.

Creep ternyata mencuri karya The Hollies yang berjudul The Air That I Breathe. Coba kamu perhatikan, kemiripan progresi chord dan nadanya sangat tinggi.

Kasus ini bahkan pernah dibawa ke jalur hukum. Hasilnya? Ya, The Hollies menang, dan karena itu lagu Creep harus mencantumkan nama duo personel Hollies yaitu Albert Hammond dan Mike Hazzlewood sebagai pencipta.

Aduh, ternyata dari dulu kasus penjiplakan sudah sering terjadi. Bagaimana dengan era sekarang ya?

4. The Beatles

Bahkan band sekaliber The Beatles pun pernah menjiplak? Yup, pernyataan ini dilontarkan sendiri oleh sang gitaris, George Harrison.

Melalui sebuah wawancara, George mengakui bahwa ia meniru melodi gitar dari Bobby Parker. Ungkapan tersebut diperhalus dengan kata 'terinspirasi', agar tak terdengar seperti tindak penjiplakan.

Intro dalam lagu I Feel Fine milik Beatles diambil dari lagu Watch Your Step yang dipopulerkan oleh Bobby Parker. Kabar ini mungkin menjadi kabar kurang sedap bagi fans setia John Lennon dan kawan-kawan.

Namun, nyatanya itulah yang terjadi. Penjiplakan jadi masalah serius yang perlu diberantas.

 

5. Madonna

Memang tak mudah untuk menciptakan musik baru, terlebih jika artis tersebut sudah memiliki banyak album. Sisi kreatif manusia juga ada batasnya.

Mungkin inilah alasan Madonna mencomot musik yang kemudian ia gunakan dalam single barunya saat itu. Namun akhirnya ulah sang diva akhirnya ketahuan juga.

Bahkan, ia memiliki sejumlah lagu yang dianggap mengcopy milik orang lain. Salah satu yang paling mirip adalah lagu Justify My Love.

Lagu yang dirilis pada 1990 itu miliki intro persis dengan lagu Security if the First World ciptaan Public Enemy, sebuah grup hip-hop asal Amerika. Lihat deh lagu kedua lagu ini mirip banget.

6. The Strokes

Dalam daftar terakhir terdapat nama The Strokes. Band beraliran garage rock ini jadi penutup sajian musisi yang lagunya tersandung plagiarisme.

Lucunya, The Strokes yang mengakui lagu Last Night sebagai lagu yang fresh ternyata punya 'kembaran'. Sebagai band anyar waktu itu, The Strokes mungkin beranggapan orang takkan tahu jika mereka menjiplak lagu dari Tom Petty & The Heartbreakers, tapi nyatanya peniruan ini terbongkar.

Kamu bisa menyatakan mereka plagiat dengan mendengarkan 30 detik pertama. Di situ lah tergambar jelas kemiripan kedua lagu ini.

Keenam lagu ini mungkin hanya sebagian karya besar yang ternyata 'barang curian'. Sepertinya masih banyak lagi yang belum terungkap.

So, buat kamu yang sedang mendalami musik usahakan untuk selalu menjaga orisinalitas ya. Selamat berkarya.

(kpl/niz)