6 Bassis Ini Jadi Yang Terkaya di Dunia

Jum'at, 22 Agustus 2014 09:01  | 

Paul McCartney



Bassist Terkaya ©istimewa

Kapanlagi.com - Mungkin banyak orang tak menyangka jika pemain bass dalam sebuah band bisa punya kontribusi yang luar biasa. Mereka yang benar-benar punya musikalitas tinggi tak hanya menjadi pengiring, tapi menjadi pembeda antara bandnya dengan grup lain.

Dalam dunia musik, berkarya adalah sebuah kewajiban. Tak hanya terpaku pada tempatnya bernaung, para musisi harus punya kualitas untuk keluar dari zona nyaman.

Ksatria pembetot bass ini tak diragukan lagi kontribusinya dalam dunia musik. Karena itu, mereka punya kekayaan melimpah berkat produktivitas dan semangat mereka untuk terus berinovasi. Siapa saja bassis terkaya di dunia versi The Richest? Ikuti beritanya yuk.

TAK KALAH SERU:

6 Hits Populer Ini Ternyata Ciptaan Pongki, Sudah Tahu?

7 Band Indonesia Ini Solid Dengan Konsep Trio

7 Band Rock Populer Yang Sukses Setelah Ganti Nama

7 Female DJ Paling Hot di Indonesia, Sudah Kenal?

(kpl/niz)

1. Flea

Bassis eksentrik ini punya daya tarik tersendiri dalam permainannya. Meski bertubuh kecil untuk ukuran bule, skill dan gaya bermain Flea mampu mencabik-cabik dengan petikan yang bertenaga.

Menjadi bagian dari grup rock Red Hot Chilli Peppers bersama Chad Smith dkk, Flea dikenal sebagai salah satu bassis paling berbahaya. Bahkan para pembaca Rolling Stone menempatkan Flea di posisi kedua bassis terbaik sepanjang masa.

Kecintaannya pada RHCP tetap bertahan hingga kini. Meski terlibat dalam beberapa side project band beraliran punk rock, Flea masih memegang peran penting eksistensi RHCP.

Memiliki kekayaan 1,2 triliun, Flea tak lantas hidup glamor. Bassis yang kerap tampil tanpa baju saat konser ini memang musisi sejati yang punya passion tinggi dalam berkarya.

2. Adam Clayton

Setiap mendengar nama U2, kebanyakan orang secara otomatis akan teringat Bono. Namun kali ini, yang menjadi sorotan kita adalah bassis hebat mereka, Adam Clayton.

Namanya juga tercantum dalam bassis terkaya versi The Richest. Dengan total kekayaan sekitar 1,7 triliun rupiah, Adam membuktikan kehebatannya lewat karya.

Tak hanya berkarir bersama U2, ia pun melalang buana menjajal industri musik dengan keterlibatannya dalam berbagai side project. Akan tetapi, sukses besarnya memang ia raih berkat prestasi U2 yang membahana.

Ia pun meraih 22 Grammy Awards sepanjang kiprahnya bersama U2. Pengoleksi puluhan merk bass ini memang dikenal cukup perfeksionis untuk urusan mengaransemen lagu.

3. Roger Waters

Mungkin ini yang membedakan para seniman luar negeri dan tanah air. Di usia tua, para musisi ini justru kaya raya dan hidup makmur. Sementara di Indonesia, tak sedikit musisi hebat yang hidup sederhana karena kurangnya apresiasi.

Salah satu figur musisi senior ini juga salah satu yang paling influensial. Tergabung dalam Pink Floyd, Roger Waters meraih segala popularitas dan kekayaan dari bisnis di industri musik.

Roger mengoleksi kekayaan sebesar 270 juta dolar, atau hampir setara dengan 2,9 triliun rupiah. Angka tersebut ia dapatkan dari hasilnya sebagai musisi, pencipta lagu, dan produser ternama. Pengalaman menempanya untuk menjadi musisi kreatif yang mampu bersaing.

4. Gene Simmons

Masih ingat dengan band yang khas dengan cat putih hitam di wajah dan kostum aneh? KISS adalah satu grup musik yang berhasil mencatatkan nama bassisnya dalam daftar ini.

Gene Simmons bisa disebut sebagai seniman sejati. Tak hanya mendalami musik, bassis KISS ini juga berlaku sebagai produser, pebisnis ulung, dan pemain film. Wah, serba bisa ya.

Karena kehebatannya itu ia memperoleh penghasilan selangit, hampir setara dengan Sting. Ditaksir, kekayaannya mencapai 3,1 triliun rupiah, menempatkannya di urutan ketiga daftar bassis terkaya.

Siapa sangka, di balik penampilan sangarnya dengan kostum dan bass berbentuk kapak yang jadi ciri khasnya ini punya jiwa seni yang tinggi. Sampai kini Simmons masih belum kering ide untuk merilis karya-karya baru, salut.

5. Sting

Dua peran sekaligus dilakoni Sting dalam The Police, band beraliran rock dan post punk tersohor di era 80-an. Sting tak hanya berperan sebagai bassist, namun juga vokalis, persis seperti peran Bagus dalam Netral.

Di masa kejayaan The Police, Sting semakin populer dengan perannya itu. Tak bertahan cukup lama, Sting tetap berambisi dalam dunia musik dengan merintis solo karir.

Dari hasil kerja kerasnya, ia memiliki penghasilan sebesar US$ 300 juta, atau sekitar 3,3 triliun rupiah. Masih aktif hingga kini, Sting terakhir merilis album THE LAST SNIP tahun lalu.

Sejauh ini, musisi yang pernah dibuat penasaran dengan sosok Jokowi tersebut sudah mengoleksi total 9 album solo. Sedangkan di The Police, ia hanya sempat merilis 5 album.

6. Paul McCartney

Sudah tak diragukan lagi, bassis yang satu ini adalah yang terbaik dan paling kreatif. Dengan bekal karya hebat dan passion-nya dalam bermusik, Paul McCartney mampu meraup pundi-pundi kekayaan yang luar biasa.

Dengan kekayaannya yang mencapai 13 triliun rupiah, tak mustahil bagi mantan pentolan The Beatles itu untuk membeli nyaris apa saja di dunia ini. Sejak merintis karirnya di akhir 60-an, Macca termasuk yang paling konsisten dalam berkarya.

Bahkan di usianya yang menginjak 72 tahun, musisi hebat ini masih saja konsisten berkarya dengan menggandeng musisi handal lainnya. Tak hanya jago memainkan bass, pria ini juga punya kemampuan menulis lagu, menyanyi, dan menguasai instrumen lainnya dengan baik.

Ia juga sempat terlibat dengan beberapa grup sebelum akhirnya memutuskan bersolo karir. Kini, kakek ini menjadi yang paling sukses di antara para bassis kelas dunia lainnya.

(kpl/niz)