6 Band Dunia Dengan Desain Website Yang Gokil

Selasa, 09 Februari 2016 17:22  | 

Oasis



Website Keren Para Band Dunia © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Situs atau website resmi untuk sebuah band memang hal yang sederhana, tapi punya banyak fungsi yang krusial dan sangat berguna. Yap, mulai dari jadwal tour, info rilisan terbaru, merchandise, sampai mengelola fans pun bisa dilakukan lewat website.

Karena itu, sangat wajar kalau mereka merancang dan menampilkan semua informasi secara simpel dan jelas dalam website mereka. Seperti 6 band dunia ini yang kami anggap punya desain web yang apik dan menyenangkan untuk dikunjungi.

Oke, penasaran ada siapa saja? Langsung kita simak di halaman-halaman berikutnya yuk KLovers. (kpl/ntn)

1. Oasis

Band yang pertama adalah unit Brit-Rock asal Manchester, Oasis. Sejak dibentuk tahun 1991 silam, sederet album dan hits mereka tetap menjadi favorit para penikmat musik bahkan terus diperdengarkan di sejumlah cafe atau tempat-tempat gaul anak muda.

Nah, terlepas dari sikap mereka yang cenderung cuek dan dingin sebagai band kelas dunia, Oasis punya tampilan website yang simpel, keren, dan informatif banget. Yap, begitu kamu memasukinya, ada sejumlah panel yang bisa diakses dan berkaitan dengan pemilik album WHAT'S THE STORY (MORNING GLORY) itu.

Panel-panel ini berada di atas bagian website dengan akses menuju jadwal tampil, video, update berita mereka, fans, hingga official merchandise Oasis. Yang menariknya lagi, di tengah-tengah situs ini kamu bisa melihat sejumlah video footage perjalanan Oasis selama berkarir di dunia musik.

Lebih jauh, ketika kamu bergeser ke bawah ada 3 tombol di mana salah satunya adalah tombol menuju panel 'Fans' dan kamu bisa berkontribusi memberikan apa saja kenangan yang kamu punya tentang Oasis. Bisa berupa foto, cerita, atau bahkan video.

Lebih jauh, di bawahnya ada link yang menuju video penampilan live Oasis di tahun 90an sampai link untuk memesan album WHAT'S THE STORY (MORNING GLORY) yang telah di-remastered ulang. Nah, sedangkan di pojok kanan bawah kamu bisa menemukan sejumlah tombol kecil untuk bisa terhubung dengan social media, email, bahkan link Spotify untuk streaming lagu-lagu Oasis. Simpel tapi gokil!

2. She & Him

Setelah Oasis, kita beranjak ke Amerika dan ada She & Him sebagai band dunia dengan desain website yang kami rasa cukup asyik untuk kamu kunjungi. Yap. bukan Zooey Deschanel kalau semua hal tentang dirinya tidak bergaya classic atau vintage.

Begitu kamu masuk ke situs American Indie Duo ini, kamu akan langsung disuguhi gambar album terbaru mereka di mana Zooey dan M. Ward hadir dengan kesan yang retro banget. Cukup menegaskan bagaimana musik mereka terdengar.

Pada pojok kanan bawah di situsnya, ada tombol yang langsung mengarahkan kamu untuk membeli album terbaru She & Him yang berjudul CLASSICS. Selain itu, buat kamu yang ingin terhubung dengan social media mereka ada panel kecil yang berisi tombol menuju masing-masing social media milik She & Him.

Nah kalau kamu sudah mendaftarkan email, kamu juga bisa subscribe dan mendapat newsletter paling update tentang She & Him. Selebihnya, kamu bisa mengakses jadwal manggung mereka atau bahkan melihat-lihat galeri foto She & Him.

3. Chvrches

Selanjutnya ada unit electronic asal Skotlandia, Chvrches. Dibentuk pada tahun 2011 silam, band yang beranggotakan Lauren Mayberry, Martin Doherty, dan Lain Cook ini cukup sukses menarik perhatian para penikmat musik dunia lewat sejumlah penampilan dan lagunya.

Oke, karena kita akan membahas website-nya saja, jadi kamu tinggal masuk ke sini dan akan langsung ditawarkan dengan album terbarunya yang berjudul EVERY OPEN EYE. Setelah kamu tahu tracklist dari album tersebut, kamu bisa melewatinya dan mulai masuk ke dalam situs Chvrches.

Senada dengan artwork cover album barunya, panel-panel di situs ini tersembunyi di sejumlah kotak yang akan membuat kamu betah mencarinya. Belum cukup, animasi sederhana pada album ini juga cukup catchy lho.

Sedangkan di sebelah kanan, ada panel yang akan menyediakan sejumlah tombol supaya kamu bisa terhubung dengan sejumlah social media mereka.

4. Gorillaz

Oke deh, kalau kamu sampai nggak tahu dengan band virtual seperti Gorillaz benar-benar kebangetan deh KLovers. Yap, band yang mengusung dan mencampurkan sejumlah musik seperti trip hop hingga alternative-rock ini memang menyajikan karya yang berbeda namun tetap asyik untuk ditelisik.

Dibentuk di Inggris pada 1998, band animasi yang satu ini benar-benar tahu bagaimana menunjukkan identitas dan menghadirkan gimmick mereka. Begitu kamu masuk ke dalam situsnya, kamu akan serasa berada di sebuah situs game online lengkap dengan berita dan permainan flash yang bisa kamu nikmati.

Bukan cuma itu saja, coba deh kamu lihat di pojok kanan atas dan kamu akan melihat karakter animasi dari Murdoc. Begitu kamu mengkliknya, kamu bakal mendapat sedikit presentasi dari Murdoc Club Room di mana isinya ada sejumlah galeri foto dinding dengan penjelasannya masing-masing.

Bukan cuma menjelaskan profile masing-masing personel Gorillaz, kamu juga bisa membaca sederet penghargaan sampai orang-orang yang pernah terlibat dalam setiap karya mereka. Well, Gorillaz benar-benar tahu bagaimana cara membawa user-nya ke dunia maya milik mereka.

5. Soundgarden

Setelah Gorillaz, ada band gokil yang dengan pintar mengemas gaya musik alternative-rock menjadi sebuah unsur segar pada musik grunge mereka. Yap, sampai saat ini Soundgarden memang nggak ada matinya.

Oke, melangkah ke dalam website mereka, kamu akan melihat sejumlah artwork asyik yang menjadi background-nya. Selain itu, kamu bisa mengakses update berita, video, sampai official merchandise Soundgarden pada 3 box yang ada di bagian bawah situs ini.

Bisa jadi kamu bertanya-tanya kenapa kita menilai situs Soundgarden termasuk salah satu yang paling kece. Well, penempatan panel box yang jelas dan mudah dijangkau jadi alasan pertama KLovers.

Berikutnya, kamu cuma disuguhi animasi gambar background website ini yang terus berganti-ganti secara berkala. Cukup simpel, tegas, dan tidak bertele-tele. Hanya saja kalau koneksimu kurang stabil, kamu akan beberapa kali menunggu gambar background situs ini berganti.

6. Suie Paparude

Yang terakhir adalah band asal Rumania yang menamakan dirinya Suie Paparude. Bisa jadi tidak banyak dari kamu yang tahu dengan band ini dan lagu-lagunya yang cukup catchy dan unik.

Mengusung musik elektronik lalu mencampurkan unsur cult daerah mereka, kamu akan menemukan nuansa yang juga berbeda pada saat masuk ke dalam situsnya. Bukan cuma itu saja, nuansa modern pada situsnya juga punya sedikit animasi dengan ide yang menarik.

Yap, pada background website mereka kamu bisa menemukan gambar 3 personel Suie Paparude yang tersembunyi. Selain itu, di bawahnya tersedia panel box yang menampilkan jadwal manggung mereka.

Begitu kamu bergeser ke bawah, garis-garis pada background website ini jadi terlihat seperti animasi equalizer musik di mana ada timeline biography, discography, sampai galeri foto dan video Suie Paparude. So, ini dia 6 situs website band dunia yang kami anggap kece dan asyik banget buat kamu kunjungi. Kalau kamu punya info lainnya, coba share ke kita di kolom komentar dong.

Sudah Tahu Yang Ini?

'History' One Direction, Persahabatan & Kenangan Indah Zayn Malik

[Interview] Kru Endank Soekamti dan Rasa Nyamannya di Balik Layar

7 Genre Musik Aneh Yang Kamu Cukup Tahu Saja

Nih, Para Musisi Indonesia Yang Sudah Punya Channel VEVO!

Meninggal Mendadak, Ini Pesan Kematian Terselubung David Bowie?

(kpl/ntn)