Meninggal Mendadak, Ini Pesan Kematian Terselubung David Bowie?

Girindra Permana Cahya  |  Senin, 11 Januari 2016 17:22
Meninggal Mendadak, Ini Pesan Kematian Terselubung David Bowie?
David Bowie © TPG Images
Kapanlagi.com - 18 bulan bertarung dengan kanker, akhirnya menuntun David Bowie kembali ke pangkuan sang pencipta. Pada Minggu malam waktu setempat, (10/1), dirinya meninggal dengan tenang sesuai informasi yang bersumber kicauan dari Twitter Bowie.

Memang maut datang dalam diam, tak bersuara dan mengejutkan. Tentunya kepergian The Ziggy Stardust sangat disayangkan oleh para penggemar setia yang mencintai karya-karyanya.

Tanggal 8 Januari silam, David Bowie baru saja merayakan ulang tahun yang ke-69 sekaligus menjadi momen peluncuran album terbarunya, BLACKSTAR. Tak hanya itu, penyanyi kelahiran Inggris ini juga merilis video klip teranyarnya yang berjudul Lazarus, 4 hari sebelum meninggal dunia.

David Bowie meninggal mendadak di usia 69 karena kanker © Splashnews.comDavid Bowie meninggal mendadak di usia 69 karena kanker © Splashnews.com

Semua rangkaian lirik dalam lagu Lazarus dituliskan sendiri oleh Bowie. Liriknya cukup kelam dengan pemakaian kata-kata dengan nuansa afterlife dan sarat akan kepasrahan serta kegundahan hati.

Di bagian verse pertama lagu, Bowie menuliskan kalimat yang menggambarkan kehidupan afterlife seakan ia telah tiada melalui kata look up here I'm in heaven yang diperkuat dengan kalimat-kalimat selanjutnya. Berikut potongan liriknya:

Look up here, I'm in heaven
I've got scars that can't be seen
I've got drama, can't be stolen
Everybody knows me now

Kehidupan mengenai penyakit kankernya pun tergambar samar namun dapat diterka kasar lewat lirik verse kedua. Beberapa penggunaan kata seperti Look up here, man I'm in danger, I've got nothing left to lose. Kata danger sendiri bisa mengacu pada penyakit kanker yang telah dideritanya selama 18 bulan terakhir. Berikut potongan lirik tersebut:

Look up here, man, I'm in danger
I've got nothing left to lose
I'm so high, it makes my brain whirl
Dropped my cell phone down below
Ain't that just like me?

David Bowie menggambarkan kesakitannya lewat lagu © facebook.com/davidbowieDavid Bowie menggambarkan kesakitannya lewat lagu © facebook.com/davidbowie

Di bagian Bridge, Bowie masih menggambarkan penyakit kankernya sebagai salah satu parasit yang harus dicabut hingga ke akar-akarnya. Ia rela menghabiskan uangnya yang telah dikumpulkan sejak awal eksis hanya untuk mencari akar dari kanker tersebut yang digambarkan dalam lirik "Then I used up all my money, I was looking for your ass."

[Bridge]
By the time I got to New York
I was living like a king
Then I used up all my money
I was looking for your ass

Kegundahan dapat terasa dari pemilihan kata dalam verse ketiga lagu Lazarus. Bowie semacam merasakan emosi harap-harap cemas apakah penyakit tersebut dapat disembuhkan atau tidak lewat kalimat "This way or no way." Ia juga menggambarkan kematian dengan kata 'free' dalam kalimat "You know I'll be free".

[Verse 3]
This way or no way
You know I'll be free
Just like that bluebird
Now, ain't that just like me?

Lazarus penuh dengan pesan kematian terselubung © facebook.com/David BowieLazarus penuh dengan pesan kematian terselubung © facebook.com/David Bowie

Di akhir lagu Bowie pun memastikan bahwa dirinya akan 'bebas' (mati) nantinya. Ia pun menggambarkan 'hijrah' ke alam lain lewat sosok bluebird. Namun, penggambaran ini lebih kepada sesuatu yang damai, mengingat bluebird adalah burung lucu dan menarik untuk dipandang.

[Outro]
Oh, I'll be free
Just like that bluebird
Oh, I'll be free
Ain't that just like me?

Emosi dari sang legenda pun makin kuat jika kalian menyaksikan klip Lazarus. Bowie menjadi orang sakit yang cukup tersiksa dengan penyakitnya. Nuansa dalam klip ini cukup gloomy ditambah lagi dengan  ekspresi kesakitan yang tak tertahankan.

Nah, menurut kalian sendiri apakah kiranya lagu ini merupakan pesan kematian dari David Bowie? Tuliskan komentarmu di kolom yang telah disediakan ya? Makin banyak pendapat, makin seru.


Video by: DavidBowieVEVO

Jangan Lewatkan!!!

Kabar Duka, David Bowie Meninggal Dunia di Usia 69

Melayang di Luar Angkasa, Astronot Ini Cover Lagu 'Space Oddity'

Ini Cara Corey 'Slipknot' Taylor Bicara Pada Pembela Kanye West

Bawakan Lagu Lama, Desy Pukau Ahmad Dhani dan Vina Panduwinata

Kejutan dari Foo Fighters dan David Bowie dalam Record Store Day

(kpl/otx)

Begitu juga album milik David Bowie di tahun 1972 yang berjudul The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders From Mars ini. Album ini disebut menceritakan kisah tentang biseksual hingga alien. Karakter  cover albumnya sendiri terinspirasi dari seorang penyanyi Rock N Roll yang bernama Vince Taylor.
9 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -