5 Band Super Kocak Yang Karyanya Bikin Perut Kamu Kram

Sabtu, 28 November 2015 07:41  | 

Pengantar Minum Racun



PMR © KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Karya bisa berupa apa saja dan berwarna. Tiap orang mempunyai satu ciri khas yang berbeda dalam berkarya dan itu cukup membuat dunia musik semakin ramai.

Dalam bermusik pun demikian. Ternyata banyak hal yang berwarna dari tiap rasa dan karsa tiap manusia dalam menciptakan karya. Salah satunya musik dengan humor.

Nah, beberapa band ini merupakan grup yang membawakan musik dengan sentuhan humor. Tak hanya humor saja yang mereka andalkan, namun beberapa pesan moral juga dimasukkan dalam lagu-lagu mereka. Simak nih siapa saja mereka.

Sudah tahu yang ini?

5 Bukti Bila Ayu Ting Ting Tak Cuma Sekedar Cari Sensasi

6 Alasan Mengapa Isyana Sarasvati Pantas Jadi Idola Masa Kini

5 Penyanyi Dunia Yang Ternyata Punya Darah Indonesia

7 Video Musik Indonesia Yang Sudah Ditonton Puluhan Juta Kali!

5 Cerita Mengherankan di Balik Pemilihan Nama DJ Tersohor Dunia

(kpl/otx)

1. OM PMR (Pengantar Minum Racun)

Apa kalian mengenal sosok Jhonny Iskandar? Yup penyanyi dangdut senior ini bergabung dalam grup PMR dan didaulat sebagai frontmannya.

Mereka membawakan lagu Orkes yang memuat humor-humor cerdas. Tak hanya memberikan hiburan semata, mereka juga memasukkan pesan moral dalam karyanya.

Judul-judul dari lagu PMR antara lain adalah Judul-judulan dan Bintangku Bintangmu, dan lain-lain. Nah, baru-baru ini mereka mengeluarkan satu EP (mini album) berjudul ORKESLAH KALAU BERGITAR. Lagu dari musisi Indie seperti Seringai, Efek Rumah Kaca dan Naif diintrepretasikan dengan caranya sendiri.

Selain itu, gaya mereka saat ini cukup nyentrik dengan memakai kaos-kaos band underground Indonesia. Coba saja bapak mana yang bergaya nyentrik dengan kaos-kaos band seram Indonesia kalau tidak Jhonny Iskandar dkk.

Seperti ini nih aksi mereka:

Video by: Arnando Putra

2. Teamlo

Grup band lawak ini meledak setelah mengisi musik di salah satu acara milik TPI, API (Audisi Pelawak TPI). Mereka menamakan diri sebagai Teamlo.

Pada awalnya Teamlo beranggotakan Wawan Bakwan (vokal),  Pangsit Anjasmara (vokal), Benjovi (vokal), Bobby Messakh (gitar), Dondot Kembung (bass) dan Avis Sukaesih (drum). Mereka semua membentuk band ini di kota Solo.

Nama Teamlo pun diambil tak jauh dari asal kota mereka, Teamlo merupakan kependekan dari Tim Humor Solo yang juga merupakan plesetan dari minuman hangat khas Jawa Tengah Timlo.

Beberapa tahun berjalan akhirnya Pangsit dan Benjo memutuskan untuk mengundurkan diri. Datanglah nama pengganti yaitu Ade, Kudil, Argo Jimmy bergabung dengan Teamlo untuk mengisi kekosongan vokalis.

Sayang grup ini memutuskan untuk bubar pada tahun 2014. Melihat perjalanan mereka, salah satu prestasi yang membanggakan adalah ketika Teamlo mempunyai acara sendiri yang berjudul 'Teamlo Vs.', Dalam acara ini Teamlo berduel dengan grup-grup yang sedang naik daun, namun dikemas secara humor.

Berikut ini aksi Teamlo dengan formasi terakhirnya.


Video by: Laskar maft

3. PHB (Pemuda Harapan Bangsa)

Satu nama lagi dalam musik humor adalah Pemuda Harapan Bangsa atau lebih dikenal dengan nama PHB. Orkes ini dibentuk pada tanggal 26 Oktober 1996.

Setidaknya ada 5 album yang telah dikeluarkan oleh PHB antara lain SI PENGHAYAL, ORKESNISASI SAY NO TO DRUMS dan MODAL DENGKULl. Untuk single, grup asal Bandung ini memiliki Baso Mas Parto serta Mahasiswa Rantau.

Yang menjadi inspirasi pembentukan grup ini adalah salah satu grup musik humor legenda Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak (PSP). Penasaran dengan lagu dari PHB? Simak video di bawah ini deh..


Video by: CUCUKROWO MEKGEJIN

4. The Panas Dalam

Jangan salah menyebutkan nama band ini sebagai satu jenis penyakit. The Panas Dalam merupakan satu grup bentukan Pidi Baiq pada tahun 2005 silam.

The Panas Dalam mengemas cerita terbentuknya mereka dengan sangat jenaka. Beberapa istilah-istilah yang tak lazim seperti Imam Besar julukan untuk Pidi Baiq serta The Panasdalam Serikat untuk menyebut bandnya ini.

Untuk lagu andalan, The Panas Dalam punya lagu berjudul lagu Cita Citataku. Dalam lirik lagunya Pidi Baiq dan kawan-kawan memberikan istilah-istilah absurd nan kocak. Seperti ini nih contohnya..

5. Pancaran Sinar Petromaks (PSP)

Sebuah grup musik dangdut humor yang populer sejak akhir 70-an bernama Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (OM PSP) ini tak bisa dilewatkan. Grup ini kerap kali tampil bersama WARKOP ketika masa Prambors.

OM PSP sering kali membuat versi humor dari lagu-lagu dangdut populer tahun 1960-1970an. Mereka juga dianggap pelopor dari musik humor yang ada di Indonesia.

Para personel PSP datang dari mahasiswa Universitas Indonesia. Mereka terdiri dari Monos, Omen, Ade Anwar, Rizali Indrakesumah, Dindin, Aditya, Andra Ramadan, James R Laspian dan Edwin Hudioro.

Di masa jayanya, PSP juga kerap menghibur dalam satu-satunya channel televisi saat itu TVRI. Kerap kali ia tampil bersama Dono, Kasino, Indro dan Nanu.


Video by: ZalChannels

(kpl/otx)