18 Fakta Mengejutkan di Balik Lagu-Lagu Hits di Tahun 2014

Selasa, 16 Desember 2014 16:01  | 

Taylor Swift



Nicki Minaj ©Splash

Kapanlagi.com - Tahun 2014 memang dipenuhi dengan berbagai warna macam jenis musik. Semua itu tidak lepas dari talenta para musisi dan pilihan kolaborasi yang pas dengan para produser handal dan musisi berbakat lainnya.

Tapi ternyata, ada banyak hal unik yang membuat semua rilisan tahun ini menjadi tahun yang dipenuhi dengan kumpulan track fenomenal. Mulai dari Taylor Swift yang mempengaruhi Ed Sheeran untuk albumnya, sampai taktik pihak label untuk mempromosikan seorang artis bersama Ariana Grande.

Semua hal itu menjadi salah satu faktor utama yang membuat rilisan para musisi tahun ini semakin fantastis. Nah, penasaran apa saja fakta di balik lagu-lagu hits tahun ini? Yuk kita simak satu-satu.

Jangan Lewatkan Juga Yang Ini!

Ahmad Dhani-Mulan Jameela Hingga Cita Citata Panaskan Tahun 2014

6 Artis Soundcloud Lokal Bersuara Emas

7 Lagu Natal Yang Wajib Kamu Persiapkan

7 Soundtrack AADC Yang Bikin Kamu Nostalgia Keras!

7 Lagu Penyemangat Bagi Kalian Para Pejuang LDR

(kpl/ntn)

1. Ternyata Ariana Grande, Meghan Trainor, dan Ed Sheeran Itu ...

Kamu pasti tahu dengan lagu All About That Bass. Tapi, apa kamu tahu kalau lagu itu hampir menjadi milik Beyonce? Ya, hits single milik Meghan Trainor ini sempat ditawarkan Meghan Trainor untuk Beyonce, tapi dia menolaknya.

Verse lagu Problem milik Ariana Grande sempat diproduseri oleh oleh The Yin Yang. Ini jauh sebelum Ariana Grande menyerahkannya untuk direkam ulang oleh salah satu rapper wanita yang sedang naik daun, Iggy Azalea.

Ed Sheeran menghapus kata fuck dari lagunya yang berjudul Don't. Alasannya mengubah lirik lagu yang masih berupa studio version ini adalah karena seorang supir taksi yang tidak ingin anaknya mendengar lirik dengan isi yang eksplisit.

2. 'Anaconda' Memecahkan Rekor Vevo

Apa kamu tahu lagu dengan judul Black Widow? Ya, lagu hasil kolaborasi Iggy Azalea dan Rita Ora ini sebenarnya ditulis oleh Katy Perry.

YouTube memang punya banyak jajaran klip dengan jumlah viewer terbanyak dari beberapa musisi di seluruh dunia. Tapi, apakah kamu tahu kalau Nicki Minaj memegang rekor dengan single-nya yang berjudul Anaconda? Tepat, sejak dirilisnya klip untuk single itu, Anaconda sudah disaksikan hampir 20 juta orang dalam waktu kurang dari 24 jam. Nicki sukses memecahkan rekor Vevo di tahun 2014.

Siapa yang nggak tahu dengan Lorde? Artis ini menjadi sosok penting di balik jajaran soundtrack dari film THE HUNGER GAMES MOCKINGJAY PART 1. Asal kamu tahu saja, rupanya Lorde pernah menelepon Kanye West untuk me-remix ulang hits single-nya yang berjudul Yellow Flicker Beat.

3. Shake It Off dan Lagu Metal?

Kamu penggemar No Doubt? Kamu pasti tahu lagunya yang berjudul Let Me Blow Ya Mind. Ternyata, lagu hasil kolaborasinya dengan Eve ini berhasil menginspirasi lagu Charli XCX untuk berkolaborasi dengan Iggy Azalea untuk lagunya yang berjudul Fancy.

Tahun ini boleh jadi tahun kebangkitan musik EDM dengan salah satu rising star mereka, Avicii. Rupanya, selain menjadi produser untuk track A Sky Full Of Star milik Coldplay, Avicii adalah sosok yang memainkan piano pada lagu tersebut.

Sedangkan single paling hits menjelang akhir tahun ini sudah pasti dipegang oleh Taylor Swift dengan single Shake It Off. Pada saat proses syuting klipnya ini, para produser dan kru memutar lagu heavy metal dengan kencang supaya nggak ada orang-orang yang mendengarkan lagu ini sebelum tanggal rilisnya.

4. Rayuan Taylor Swift Jadi Faktor Sukses Ed Sheeran

Gebrakan si penyanyi montok Meghan Trainor memang sangat fantastis. Selain sukses membuat para kawula muda demam single All About That Bass, dara asal Inggris ini juga menjadi sosok penting yang membantu dalam penulisan lirik lagu Sledgehammer dari Fifth Harmony.

Selain itu, Taylor Swift juga berhasil meyakinkan Ed Sheeran untuk merilis single hasil kolaborasinya bersama Pharrell, Sing. Lagu ini akhirnya menjadi lead single dari semua jajaran track Ed Sheeran dalam album X dibanding pilihan pertama Ed yang jatuh pada track One.

Sedangkan sosok di balik lagu Break Free milik Ariana Grande adalah Max Martin. Ya, produser sekaligus musisi ini adalah pemilik ide dari lirik lagu Ariana yang nggak punya maksud dan pesan yang jelas.

5. Ariana Grande Jadi Bagian Strategi Pihak Label

Charli XCX memang menjadi salah satu artis yang namanya cukup melejit tahun ini. Karena itu, Iggy Azalea sangat berterima kasih atas suara Charli yang memukau di dua lagu miliknya yang berjudul Fancy dan Beg For It.

Tahun ini juga menjadi milik Lena Dunham. Dia menjadi director hebat selama proses syuting klip I Wanna Get Better milik Jack Antonoff sampai menjadi salah satu single yang merebut hati para penikmat musik ketika klip ini dirilis.

Lalu. kamu juga pasti tahu lagu Love Me Harder yang menampilkan Ariana Grande seperti seorang Catwoman. Ternyata, kolaborasinya dengan The Weeknd ini adalah salah satu strategi pihak label untuk mempromosikan The Weeknd sebelum memulai debutnya di major label tahun depan.

6. Mark Ronson Stres Bikin Lagu

Cukup lama untuk Bruno Mars kembali sebagai musisi yang selalu mengisi setiap playlist anak muda. Berkolaborasi dengan mantan produsernya dulu, Rupanya Mark Ronson sempat stres dengan lagunya, Uptown Funk. Bruno Mars yang cukup santai menjalani proses pembuatan lagu dan klip lagu ini ternyata tidak sama dengan apa yang dialami Mark Ronson.

Kamu pasti tahu lagu sedih milik Selena Gomez yang berjudul The Heart Wants What It Wants. Ternyata, klip lagu tersebut sudah direkam sepanjang tahun ini sebelum tanggal rilisnya. Mungkin Selena sadar kalau kisah cintanya tidak akan bertahan lama dengan Justin Bieber.

Sebagai salah satu artis paling fenomenal, Taylor Swift sukses mengalahkan rekornya sendiri dengan menggeser lagu Shake It Off sebagai pemuncak Billboard Hot 100 Chart. Mantan penyanyi country ini menggeser hits single itu dengan lagu emosionalnya yang berjudul Blank Space.

(kpl/ntn)