'Soekamti Karaoke', Konsep Musik Open Source Dari Endank Soekamti

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

'Soekamti Karaoke', Konsep Musik Open Source Dari Endank Soekamti Endank Soekamti © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Tidak hanya mandiri, harus diakui kalau Endank Soekamti adalah band indie yang sukses dalam menghadirkan berbagai inovasi dan memberi pengaruh sekaligus tren di Indonesia. Terbukti dari konsep recording yang dilakukan secara outdoor untuk album ketujuhnya, SOEKAMTI DAY.


Tapi kehadiran album tersebut bukan cuma menawarkan sederet konsep baru, segar, dan unik. Yap, unit pop-punk asal Yogyakarta ini menawarkan inovasi terbarunya yang diberi nama Soekamti Karaoke.


Berbeda dengan konsep lagu karaoke pada umumnya di mana vokal tidak masuk dalam sebuah track, Soekamti Karaoke justru memberikan kebebasan para penikmat musik untuk membuat sendiri lagu-lagu di album SOEKAMTI DAY menurut versi para pendengarnya. Bukan cuma vokal saja, tapi kamu juga bisa mengganti semua part lagu termasuk instrumen seperti gitar, bass, hingga drum.


Soekamti Karaoke, konsep musik open source di mana kamu bisa bebas menuangkan kreatifitasmu bersama Endank Soekamti © Euforia RecordsSoekamti Karaoke, konsep musik open source di mana kamu bisa bebas menuangkan kreatifitasmu bersama Endank Soekamti © Euforia Records


Seperti yang dimuat dalam press release-nya, Endank Soekamti terinspirasi dari konsep open source yang diusung Blender Foundation yang mana data software animasi 3D mereka, BLENDER, disebar secara gratis untuk dikembangkan, direkayasa, dan siapa pun bisa mendapatkannya. Inilah yang membuat Soekamti Karaoke terasa spesial karena kamu bisa menuangkan ide dan kreatifitasmu dalam lagu-lagu Endank Soekamti dan berkolaborasi langsung bersama mereka.


"Ini adalah riset sekaligus observasi terhadap konsep open source yang coba diaplikasikan di dunia musik. Setiap bulan, satu lagu dari album SOEKAMTI DAY ini datanya akan di-share ke publik secara lengkap dan terbuka di situs www.soekamtikaraoke.com. Nanti tiap bulan karya-karya yang masuk akan dikurasi untuk melihat siapa-siapa yang berbakat dan bisa diberdayakan lagi. Jadi semangat dari komunitas, dikembalikan lagi ke komunitas," ungkap Erix dalam press release yang kami terima hari ini.


Selain itu, Dory juga mengungkapkan ekspektasi yang diharapkan Endank Soekamti lewat konsep baru ini. Selain akan munculnya bentuk terbaik dari sebuah karya, Soekamti Karaoke juga bisa menjadi trigger untuk kreatifitas para pendengarnya.


Bukan cuma menawarkan konsep seru, Soekamti Karaoke juga bakal bikin kamu jadi lebih kreatif © Euforia RecordsBukan cuma menawarkan konsep seru, Soekamti Karaoke juga bakal bikin kamu jadi lebih kreatif © Euforia Records


"Efek terbesar yang diharapkan dari konsep open source ini adalah, akan muncul bentuk terbaik dari sebuah karya, karena banyak orang yang turut serta dalam penyempurnaan karya tersebut. Ini untuk memancing kreatifitas teman-teman agar terlibat di album SOEKAMTI DAY. Kan nggak semua orang cocok sama musik kita, jadi mereka bisa bikin versi mereka sendiri. Buat yang nggak mau bikin aransemen baru, ya bisa karaoke saja," jelas Dory.


"Harapannya, Soekamti Day bukan hanya album milik Endank Soekamti, tapi juga bisa jadi sebuah semangat yang dimiliki oleh semua pecinta musik Indonesia yang bisa membawa perubahan musik Indonesia jadi lebih baik," pungkas Erix.


Nah, sampai sekarang sudah ada 3 track seperti Sampai Jumpa, Ojo Nesu, dan Liburan dari album SOEKAMTI DAY yang bisa kamu dapatkan secara bebas di soekamtikaraoke.com. Tapi sebelum kamu memulainya, simak baik-baik tutorial Soekamti Karaoke dulu ya guys. Merdeka!


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya

Rekomendasi
Trending