Banjir Ide Spontan Endank Soekamti di 'SOEKAMTI DAY'

Penulis: Girindra Permana Cahya

Diperbarui: Diterbitkan:

Banjir Ide Spontan Endank Soekamti di 'SOEKAMTI DAY' Endank Soekamti ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Pembuatan SOEKAMTI DAY, album terbaru dari Endank Soekamti dibumbui dengan banyak sekali ide-ide mendadak. Berangkat dari satu ide utama yakni untuk merekam album secara outdoor, Erix Soekamti tak ragu untuk menceritakan pengalamannya ketika berada di Gili Sudak, tempat mereka menciptakan dan merekam lagu-lagu mereka.


"Kami berangkat ke Gili Sudak gak punya konsep. Kami hanya ingin rekaman di luar studio. Semua inspirasi muncul saat di Gili Sudak. Contoh, lagu Liburan, kami ciptakan di minggu pertama saat di Gili Sudak. Cocok kan orang lagi liburan bikin lagu tentang liburan. Lalu di minggu ketiga ketika kangen sama rumah, kebetulan kami bapak-bapak jadi kalau kangen rumah tuh berarti kangen anak jadilah lagu Fatherhood," ungkap Erix mengisahkan pembuatan SOEKAMTI DAY saat media visit ke kantor redaksi KapanLagi.com®, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (17/3).


"Di minggu terakhir ketika kami berpisah dengan warga Gili Sudak. Akhirnya kami bikin lagu Sampai Jumpa. Tapi karena itu di hari terkahir dan alat-alat sudah packing jadi lagu Sampai Jumpa dibuat dan direkam dengan alat seadanya," lanjutnya.


Erix Soekamti © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoErix Soekamti © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto


Satu lagu berjudul Sampai Jumpa didaulat trio asal Yogyakarta ini untuk menjadi single utama dari album yang beberapa saat lagi dirilis ini. Beberapa alasan pun diungkapkan Erix dalam balutan canda.


"Kalau sampai jumpa kan nanti ketemu lagi di single kedua, (ketawa). Lagu Sampai Jumpa ini paling beda dari lagu kami sebelumnya. Dari segi musik dari segi penulisan tema," cerita penggagas serial video DOES yang yang booming di YouTube ini.


Berbicara Endank Soekamti tak lengkap rasanya jika tidak ada Kamtis Family. Yup, mereka adalah armada yang setia mendukung band yang telah aktif sejak 2001. Ketika ditanya apakah ada lagu yang akan mewakili kedekatan Endank Soekamti dengan Kamtis dalam album SOEKAMTI DAY seperti halnya lagu Long Live, Erix menerangkan bahwa tak ada yang terganti.


"Gak ada yang terganti. Kalau lagu Soekamti Day mungkin nantinya akan jadi salah satu lagu silaturahmi dengan Kamtis," aku bapak dua orang anak ini.


Hubungan antara Endank Soekamti dan Kamtis sendiri diakui Erix sebagai salah satu hubungan timbal balik yang saling membangun. Energi mereka adalah energi Endank Soekamti, begitulah adanya seperti hal yang diungkap oleh Erix berikut.


Kamtis Family adalah energi Endank Soekamti © Kapanlagi.com®/Bayu HerdiantoKamtis Family adalah energi Endank Soekamti © Kapanlagi.com®/Bayu Herdianto


"Kami saling memberi pengaruh dan energi. Kami gak bisa sebesar ini tanpa mereka."


Uniknya, Endank Soekamti baru saja meresmikan Kamtis Family sebagai supporter serta rekan setia yang mengiringi perjalanan musik mereka. Padahal, Kamtis Family telah berkembang pesat dan memiliki banyak massa. Erix pun berkomentar soal hal ini.


"Selama ini kami jujur gak maintenance Kamtis. Tapi ternyata di luar ekspektasi mereka berkembang besar dan sangat loyal. Kami merasa kok gak pernah ulang tahun Kamtis. Nah tanggal 2 Maret kemarin kami putuskan untuk menjadi harinya Kamtis Familiy sedunia," pungkasnya.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/pur/otx)

Reporter:

Mathias Purwanto

Rekomendasi
Trending