'SLIPPERY WHEN WET', 29 Tahun Album Legendaris Bon Jovi

Penulis: Natanael Sepaya

Diperbarui: Diterbitkan:

'SLIPPERY WHEN WET', 29 Tahun Album Legendaris Bon Jovi Bon Jovi - Slippery When Wet ©Istimewa
Kapanlagi.com - Tidak semua musisi cadas mampu mengubah lagunya yang penuh dengan distorsi dan riff gitar tinggi menjadi sebuah lagu pop yang lembut. Tapi, lain cerita dengan band rock asal New Jersey, Bon Jovi.


Memulai karirnya pada sekitar awal 1983, Bon Jovi menjelma menjadi sebuah band besar dengan sederet lagu hits yang masih tetap didengarkan banyak orang sampai hari ini. Setelah 14 album dirilis, Bon Jovi kembali akan melepas album barunya yang berjudul BURNING BRIDGES.


Namun pada tanggal 18 Agustus ini justru menjadi hari bersejarah bagi Bon Jovi dan dunia musik internasional. Ya, pada tanggal inilah Bon Jovi merilis album ketiganya yang kemudian menjadi salah satu album tersukses mereka, SLIPPERY WHEN WET.


Tepat pada 18 Agustus 29 tahun silam, Bon Jovi merilis album SLIPPERY WHEN WET ©SplashTepat pada 18 Agustus 29 tahun silam, Bon Jovi merilis album SLIPPERY WHEN WET ©Splash


Meski masih mengusung lagu-lagu pop, kamu justru akan mendengarkan musik yang berbeda dari Bon Jovi pada album ini. Dirilis di tahun 1986, SLIPPERY WHEN WET seakan menjadi perpaduan antara warna musik pop, hard-rock, dan metal.


Masuknya unsur musik metal pada album tersebut pun sama sekali bukan sebuah kebetulan. Ya, ini karena tahun 1986 menjadi momen bagi gaya rambut musik metal yang gondrong dan mendorong para pelaku musisi sekaligus karya-karyanya menjadi tren pada masa itu.


Pada album ini, lagu seperti You Give Love A Bad Name, Livin' On A Prayer, dan Wanted Dead Or Alive membuat langkah Bon Jovi di dunia musik semakin terbuka lebar. SLIPPERY WHEN WET pun hanya butuh waktu sesaat untuk menuai kesukesan.


Livin' On A Prayer, menjadi lagu sepanjang masa Bon Jovi yang ada di dalam album ketiganya ini ©ShutterstockLivin' On A Prayer, menjadi lagu sepanjang masa Bon Jovi yang ada di dalam album ketiganya ini ©Shutterstock


Selain bertahan sebagai pemuncak chart Billboard 200 selama 8 minggu, Billboard sendiri menobatkan album tersebut sebagai album dengan penjualan terbaik di tahun 1987. Belum cukup, masih ada segudang prestasi yang dicetak album ini pada era tersebut.


Terbukti dari 12 penghargaan Platinum yang diberikan Recording Industry Association Of America (RIAA) dan masuknya SLIPPERY WHEN WET ke dalam buku 1001 ALBUMS YOU MUST HEAR BEFORE YOU DIE pada tahun 2005. Pencapaian yang sangat fantastis dan terus berlanjut sampai ke era musik modern.


Namun yang paling diingat dari SLIPPERY WHEN WET adalah track Livin' On A Prayer yang hampir saja tidak masuk ke dalam album ini karena Jon Bon Jovi merasa komposisi dan aransemen lagunya yang kurang pas. Beruntung Richie Sambora yakin dan tahu apa yang harus dilakukannya dengan lagu tersebut.


Tidak butuh waktu lama untuk SLIPPERY WHEN WET meledak dan melambungkan nama Bon Jovi sebagai salah satu band rock legendaris ©bonjovi.comTidak butuh waktu lama untuk SLIPPERY WHEN WET meledak dan melambungkan nama Bon Jovi sebagai salah satu band rock legendaris ©bonjovi.com


Akhirnya Bon Jovi merekam ulang lagu tersebut dan merilis versi kedua Livin' On A Prayer yang kemudian menjadi salah satu lagu Bon Jovi paling sukses dan populer sepanjang masa. Nah, pada 11 September mendatang Bon Jovi bersama Live Nation Indonesia akan menggelar konsernya yang bertajuk Bon Jovi Live In Jakarta.


Karena itu, apa kamu sudah memastikan tempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta untuk konser Bon Jovi nanti? Jangan bingung, kamu bisa mendapatkan tiketnya di sini KLovers. Yang pasti, kamu nggak boleh melewatkan kesempatan emas untuk melihat aksi kembalinya Bon Jovi setelah menggelar konsernya di Indonesia pada tahun 1995 silam.


So, tetap update beritanya cuma di KapanLagi.com® dan pastikan kamu bertemu kami di venue pada bulan September mendatang.



(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya

Rekomendasi
Trending