KunoKini, Mengeksplorasi Indonesia Lewat Instrumen dan Musik

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

KunoKini, Mengeksplorasi Indonesia Lewat Instrumen dan Musik KunoKini © Kereta Senja Management
Kapanlagi.com - Cukup jenuh memang jika hanya membicarakan ragam budaya dan semua pesona keindahan yang dimiliki Indonesia. Tapi kalau bicara tentang orang-orang yang membawa ciri khas dan jati diri bangsa Indonesia hingga ke pentas dunia, tentu hal tersebut menarik untuk disimak bahkan diapresiasi.


Seperti unit folk-indie yang membawa nuansa musik etnis ke dalam karya-karya mereka, KunoKini. Bukan cuma itu saja, mereka juga menggunakan seluruh alat-alat musik asli Indonesia dan mulai mengeksplorasi Sabagn sampai Merauke lewat nada-nada indah instrumen tersebut.


Mulai dari suling Sunda, Taganing Batak, Kerang Irian, Gendang Jawa, Gendang Betawi, Rebana Biang, Serunai, Sampelong & Saluang dari Padang, hingga satu set Rebana dari Padang yang dimodifikasi KunoKini menjadi semacam drumset ala mereka. Band yang satu ini pun kemudian merilis album debut mereka, REINKARNASI, di tahun 2010 yang langsung dilanjutkan dengan pagelaran konser tunggal pertama mereka di Gedung Kesenian Jakarta.


KunoKini, mengeksplorasi Indonesia lewat instrumen dan musiknya © Kereta Senja ManagementKunoKini, mengeksplorasi Indonesia lewat instrumen dan musiknya © Kereta Senja Management


Selain itu, secara berturut-turut di tahun 2013 dan 2014 KunoKini memperkenalkan musik dan semua imej khas Indonesia lewat konser Kembali Ke Akar serta Masa Lalu Untuk Masa Depan. Belum cukup, mereka juga beberapa kali berkolaborasi dengan musisi seperti Matajiwa dan Parisude.


Sedangkan di tahun 2016 ini, KunoKini akan kembali hadir lewat kolaborasi antara alat musik tradisional dengan alat musik konvensional seperti bass, saxophone, trumpet, hingga trombone. Semuanya akan dikemas dalam penampilan yang dinamakan KunoKini & SvaraLiane, sebuah bentuk metamorfosa dari KunoKini sendiri yang ingin menunjukkan tidak adanya batasan di dunia musik.


So, akan seperti penampilan band yang mengawali penampilannya dari Festival Folklore di Wismar, Jerman tahun ini? Nantikan semua update terbarunya cuma di KapanLagi.com® guys. :D


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya

Rekomendasi
Trending