Kebanyakan Job Off-Air, Shaggydog Garap Album Selama Enam Tahun

Penulis: Guntur Merdekawan

Diterbitkan:

Kebanyakan Job Off-Air, Shaggydog Garap Album Selama Enam Tahun Shaggydog © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Grup band asal Yogyakarta, Shaggydog memberikan sebuah kabar gembira untuk para penggemarnya. Band yang digawangi oleh Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik dan Yoyo dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan album keenam setelah lama vakum berkarya.


Di album terbarunya, Shaggydog akan menghadirkan beberapa konsep baru dengan warna musik yang lebih bervariasi. Band pelantun lagu Jalan-Jalan ini juga bakal menghadirkan artis lain untuk berduet guna menghadirkan sesuatu yang lebih fresh.


"Musiknya lebih variatif, bahkan nggak melulu reggae sama SKA. Tapi justru ada akustiknya dan kita juga mengajak featuring. Ada DJ, perkusi, jadi lebih keseluruhan musik aja. Jadi lebih ngebeat lah, dance," ujar Heru, vokalis Shaggydog saat mengunjugi kantor KapanLagi.com®, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (10/3).


Beberapa tahun belakangan ini band yang terbentuk sejak tahun 1997 itu memang sudah lama tak mengeluarkan album baru. Album terakhir yang dirilis Shaggydog adalah BERSINAR, yakni tahun 2009 silam.


Penggarapan di album terbaru yang belum berjudul ini berjalan lumayan lama. Padahal Heru CS sudah mengerjakannya selama enam tahun belakangan ini. Tetapi karena jadwal manggung mereka begitu padat, Shaggydog sehingga penggarapan album yang akan dirilis bulan April 2016 itu molor.


"(Penggarapan) enam tahun, kita terakhir (ngeluarin album) tahun 2009. Kita kebanyak off-air, jadwalnya padat, jadi proses penggarapannya tertunda. Tapi akhirnya mau selesai juga," sambungnya.


Heru ceritakan detil album terbaru Shaggydog © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoHeru ceritakan detil album terbaru Shaggydog © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto


Selain itu, di albumnya nanti Shaggydog akan banyak bercerita tentang keadan sosial di Indonesia. Namun untuk mengimbanginya, mereka juga tetap akan memasukkan lagu-lagu bertemakan cinta.


"Di album baru ini ada bahas sosial, kayak pendidikan di Indonesia seperti apa. Cinta-cintaan juga ada, macem-macem sih. Jadi apa yang kita lihat itu biasanya kita tulis," sambung sang frontman.


Sayangnya, penggarapan album yang sudah memasuki proses finishing itu harus ditunda tanggal rilisnya. Alasannya, band yang dibentuk tahun 1997 ini harus mempersiapkan diri untuk tampil di salah satu festival musik terbesar di dunia, South by Southwest (SXSW).


"Rencananya album baru kota April mau rilis. Tapi karena ada berita SXSW, jadi kita undur sedikit," pungkas Heru.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/far/gtr)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi

Rekomendasi
Trending