Bertahun-Tahun Hilang, Icha Eks Jikustik Sering Mengisi Dakwah

Penulis: Guntur Merdekawan

Diperbarui: Diterbitkan:

Bertahun-Tahun Hilang, Icha Eks Jikustik Sering Mengisi Dakwah Icha Jikustik © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Nama Aji Mohammad Mirza Ferdinand Hakim mungkin masih asing di telinga kalian semua. Tapi jika nama Icha Jikustik disebut, barulah pecinta musik 90-an pasti mengenal dirinya sebagai bassist Jikustik.


Lama tak ada kabar, saat ini Icha sudah tidak lagi bergabung dengan band yang membesarkan namanya tersebut. Ya, sejak tahun 2012 silam, Icha resmi mengundurkan diri karena alasan yang tak diketahui hingga sekarang. Ia pun mengaku sangat rindu untuk bermusik lagi.


"Selama 4 tahun saya merasa ada yang hilang. Rasanya nggak enak aja mau lakukan apa. Kalau lihat di TV ada konser, saya cuma melihat ada temen-teman saya. Saya pernah di sana, di atas panggung. Kangen sih," ujar Icha saat jumpa pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (30/5).


Icha kini lebih dekatkan diri pada agama © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoIcha kini lebih dekatkan diri pada agama © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto


Selama 4 tahun vakum dari hingar-bingar panggung hiburan Tanah Air, Icha ternyata sering mendapat undangan untuk memberikan tausyiah. Meski begitu, dirinya enggan disebut da'i, sebab ia hanya ingin menjalankan sunnah Rasul.


"Kata Rasul, barang siapa yang mengikuti sunnahku, maka Ia mencintaiku dan nanti di surga dia akan bersamaku. Salah satu sunnah rasul itu berdakwah, sampaikanlah walau hanya satu ayat. Saya pun pernah melakukan itu, tapi jangan berpikir yang gimana-gimana," papar Icha.


"Tapi tahun 2012, saya membatasinya karena mungkin belum saatnya. Pengetahuan saya tentang agama masih minim. Jadi lebih ke teman-teman saja," lanjutnya.


Ketika ditanya apakah dirinya telah hijrah, Icha tidak bisa menjawab secara gamblang. Sebab, dirinya hanya ingin mencoba melakukan apa yang dianggapnya baik.


"Saya bingung kalau ditanya hijrah. Saya cuma selalu mencoba lebih baik lagi. Di Indonesia ini banyak ustadz jadi-jadian. Saya nggak berani menyatakan diri saya benar. Kita kan nggak tau kedepannya seperti apa. Selama saya nggak sakiti orang lain, ya jalani saja," pungkasnya.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/hen/gtr)

Rekomendasi
Trending