V1MAST Lebaran Sambil Harumkan Nama Indonesia di Spanyol!

Natanael Sepaya  |  Senin, 03 Juli 2017 19:22
V1MAST Lebaran Sambil Harumkan Nama Indonesia di Spanyol!
V1MAST KapanLagi.com/Adhib Mujaddid

Kapanlagi.com - Berada di tengah suasana Lebaran, V1MAST justru harus mewakili Indonesia di festival Musica del Mar yang digelar di Lloret de Mar, Catalunya, Spanyol. Sempat menghadapi sejumlah kendala, mereka pun tiba di Spanyol dan berkompetisi dengan 100 kontestan di babak penyisihan tahap pertama ini.

Membawakan medley berdurasi 15 menit, unit pop-rock ethnic yang ditukangi Viza Mahasa dan Vais Randi pun mengalahkan sejumlah kontestan dari negara-negara seperti Italia, Kazakhstan, Lithuania, Uzbekistan, Rusia hingga tuan rumah, Spanyol. Mereka lalu melangkah ke tahap 2, Tossa de Mar, untuk bersaing dengan 19 kontestan lain.

Berangkat ke Spanyol, V1MAST tampil dalam gelaran festival Musica del Mar  V1MASTBerangkat ke Spanyol, V1MAST tampil dalam gelaran festival Musica del Mar V1MAST

Tak hanya tampil, momen itu dijadikan V1MAST untuk mengumumkan perilisan EP (extended plays) baru mereka, THIS IS V1MAST, yang memuat 5 lagu. Ketika kembali ke kompetisi, V1MAST pun sengaja memangkas durasi aransemen musik mereka menjadi 7 menit tanpa alunan distorsi.

Hal tersebut dikarenakan acara digelar dalam Villa Vella, sebuah kota benteng dari abad pertengahan yang terletak di pesisir pantai Catalunya. Mengandalkan Sape dan Gamelan, V1MAST menyajikan lagu-lagu seperti Kurikulum Hatimu dan Jogja Love Story pada para penikmat musik di acara itu.

Meski hanya meraih runner up, V1MAST berhasil meraih sederet penghargaan atas keunikan musik yang mereka tawarkan  V1MASTMeski hanya meraih runner up, V1MAST berhasil meraih sederet penghargaan atas keunikan musik yang mereka tawarkan V1MAST

Nyatanya penampilan mereka sukses memikat hati para penikmat musik dan juri yang sepakat untuk meloloskan V1MAST ke tahap akhir, Gala Concert Award Ceremony, yang digelar pada 28 Juni kemarin. Meski tak berhasil menjadi juara utama, V1MAST berhasil membuat para penikmat musik di acara ini terpukau hingga akhirnya meraih posisi runner up.

Walau begitu, Viza dan Vais mendapat penghargaan spesial dari Fiestalonia Milenio, Balai Kota Lloret de Mar, Balai Kota Tossa de Mar, Departemen Kebudayaan Tossa de Mar, Department Pariwisata Lloret de Mar, Kementerian Budaya Catalunya, asosiasi World of Culture hingga 'Charity Fund' Fundacion SOS atas keunikan musik yang mereka tawarkan. Well, selamat untuk V1MAST yang kembali mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Jangan Lewatkan Ini!

V1MAST Berangkat ke Spanyol Dengan Banyak Kendala

Ikuti Kuis 'Cinta Itu Bisa Hilang' Dari V1MAST & Raih Hadiahnya!

'Gamelan Rocks', V1MAST Bawa Musik Etnik ke Level Lebih Tinggi

V1MAST, Bicara Soal Single Baru di Hari Musik Nasional

Berprestasi di Eropa, V1MAST Didukung Bekraf dan Perusahaan Batik

(kpl/ntn)



Lihat Arsip Musik

- - -