'Gamelan Rocks', V1MAST Bawa Musik Etnik ke Level Lebih Tinggi

Natanael Sepaya  |  Selasa, 09 Mei 2017 13:50
'Gamelan Rocks', V1MAST Bawa Musik Etnik ke Level Lebih Tinggi
V1MAST © V1MAST Management

Kapanlagi.com - Tak selamanya tren menjadi patokan musik yang berkualitas, inilah yang berhasil dibuktikan duo rock-ethnic Ibukota, V1MAST. Setahun melangkah di dunia musik, V1MAST terus bergerilya mencicipi berbagai panggung musik untuk mengenalkan karya-karya orisinil mereka.

Untuk itu, baru-baru ini V1MAST pun bekerjasama dengan @America untuk menggelar Master Class Gamelan for Millenials. Mengusung konsep workshop hands on, setiap orang pun bisa langsung belajar sekaligus menikmati bermain alat musik Gamelan dalam 2 hari gelaran acara tersebut.

Usung konsep workshop hands on, para peserta bisa mempelajari dan bermain Gamelan dalam 2 hari © V1MAST ManagementUsung konsep workshop hands on, para peserta bisa mempelajari dan bermain Gamelan dalam 2 hari © V1MAST Management

Digelar pada tanggal 4 dan 5 Mei kemarin, V1MAST pun menyempurnakan acara tersebut pada hari ketiga (6/5). Momen ini juga menjadi ajang pembuktian para peserta atas hasil belajar mereka selama 2 hari dan kemudian ditampilkan bersama V1MAST dalam satu panggung.

Tak main-main, sederet lagu hits klasik seperti Smells Like Teen Spirit milik Nirvana sampai A Sky Full of Stars dari Coldplay dan dikemas dalam musik rock serta ethnic. Selain itu acara tersebut juga didukung dengan gelaran talk show yang menghadirkan Profesor Andrew Weintrub dari University of Pittsburgh.

Lewat Master Class Gamelan for Millenials, V1MAST bawa musik tradisional ke level yang lebih tinggi © V1MAST ManagementLewat Master Class Gamelan for Millenials, V1MAST bawa musik tradisional ke level yang lebih tinggi © V1MAST Management

Yang menarik, dalam gelaran acara tersebut V1MAST dan Profesor Andrew membicarakan bagaimana perkembangan musik tradisional Indonesia begitu dicintai di Amerika serta kaitannya dengan para kaum hipster di Tanah Air. Juga, V1MAST ikut menceritakan bagaimana proses pembuatan sejumlah video klip dari lagu-lagu mereka.

Memang ketertarikan kaum urban youth terhadap musik tradisional semakin sedikit. Hanya saja dengan hadirnya paduan musik rock dan ethnic, V1MAST berhasil membawa musik tradisional ke level yang lebih tinggi. Jadi, sampai kapan kita mau menutup mata dengan musik asli dari negeri kita sendiri, KLovers? :)

Sudah Baca Yang Ini Belum?

V1MAST, Bicara Soal Single Baru di Hari Musik Nasional

Berprestasi di Eropa, V1MAST Didukung Bekraf dan Perusahaan Batik

Cerita V1MAST Jual Merchandise di Bosnia Jadi 7 Kali Lebih Mahal

Alasan V1MAST Masukkan Instrumen Tradisional Dalam Musik Mereka

V1MAST, Lebih Cari Bakti Daripada Uang di Negara Sendiri

(kpl/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -