Terlalu Mendayu, Kamasean Sulit Ciptakan Lagu Bahasa Indonesia

Fajar Adhityo  |  Senin, 23 Februari 2015 18:47
Terlalu Mendayu, Kamasean Sulit Ciptakan Lagu Bahasa Indonesia
Kamasean

Kapanlagi.com - Selain memiliki suara yang bagus dan bisa memainkan alat musik, kelebihan Kamasean lainnya jago berbahasa Inggris. Saat dirinya mengikuti ajang Indonesian Idol 2012 pun ia sering dipuji oleh juri Ahmad Dhani karena memiliki artikulasi yang bagus saat menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Keahliannya tersebut pun mempengaruhinya saat ia menulis lirik lagu. Selama ini lagu-lagu ciptaannya lebih banyak menggunakan bahasa Inggris, meski ada juga campuran bahasa Indonesia. Perempuan yang biasa dipanggil Sean ini mengaku menulis lirik full berbahasa Indonesia lebih sulit dibandingkan berbahasa Inggris.

"Bahasa Indonesia lebih susah ngasih melodi yang pas. Kalau bahasa Inggris penggalannya lebih patah-patah. Penekanan katanya juga nggak berayun-ayun. Akar bahasa Indonesia kan bahasa melayu kata-katanya mendayu," papar Sean saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan pada (22/2).

Kamasean/@Foto: KapanLagi.com®Kamasean/@Foto: KapanLagi.com®

Meskipun begitu, saat ini Sean juga terus belajar untuk membuat lagu yang full berbahasa Indonesia dengan lirik-lirik yang indah dan puitis. Dia terus memaksa kemampuannya agar bisa menulis lirik bahasa Indonesia dengan lancar.

"Sekarang aku juga sedang berusaha nulis lagu dengan bahasa Indonesia full. cuma kadang nggak bisa menemukan kata-kata yang pas. Mungkin karena salah satu faktornya adalah suku kata bahasa Inggris lebih gampang dikasih melodi. Tapi, aku menghargai bahasa Indonesia dan ingin bisa bikin lagu berbahasa Indonesia yang indah dan puitis," ungkap runner up Indonesian Idol 2012 ini.

Saat ini Sean baru saja merilis single keduanya berjudul If Only yang ia produksi sendiri. Sama seperti single pertamanya How Could You, lagu ini juga menggunakan lirik bahasa Indonesia dan Inggris.

BACA JUGA:

Vakum Dua Tahun, Jebolan Indonesian Idol Ini Belum 'Mati'

6 Penyanyi Jebolan Ajang Pencarian Bakat, Pantas Jadi Diva?

Setelah Pakai Berlian 5 M, Kini Syahrini Dandan Nggak Nyambung

Bikin Video Klip, Syahrini Pakai Konsep Absurd

(kpl/rhm/faj)


Lihat Arsip Musik

- - -