Tak Ada Matinya! POWERSLAVES Rilis Versi Original dari 'Bayang' dalam Bahasa Inggris

Sabtu, 10 April 2021 14:35  | 

Power Slaves



Powerslaves / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi


Kapanlagi.com - Aging like a fine wine, ungkapan itu rasanya begitu pas untuk disematkan kepada POWERSLAVES yang hingga kini masih terus aktif berkarya di industri musik Tanah Air. Kali ini, band yang digawangi oleh Heydi Ibrahim (vokal), Anwar Fatahillah (bass), Wiwiex Soedarno (kibor) dan Agung Yudha (drum) itu mengenalkan versi original dari lagu Bayang dengan judul You Got Me, di mana seluruh liriknya ditulis full dalam Bahasa Inggris.

Bayang dulu dirilis di album ketiga yang bertajuk KERETA ROCK N' ROLL (1998) sebagai track pertama. Namun ternyata track itu bukanlah versi aslinya. Saat masih berupa demo, Bayang sejatinya berlirik Bahasa Inggris, namun sesaat sebelum rekaman harus diubah ke Bahasa Indonesia atas permintaan label rekaman yang menaungi POWERSLAVES saat itu, Warner Music Indonesia.

"Alasan Warner saat itu mungkin lebih ke pertimbangan market domestik aja karena saat itu lagu yang dipromosikan adalah Amoral. Ketika mereka dengar versi demo Bayang, mereka tertarik. Hanya saja liriknya minta diganti ke Bahasa Indonesia," kenang Anwar Fatahillah.

"Bayang itu lagu industri rekaman. Awalnya memang sudah You Got Me. Namun, industri rekaman biasanya mencari yang safe untuk penikmat. Karena itu, diubahlah syairnya sehingga menjadi lagu Bayang," timpal Heydi Ibrahim.

1. Sajikan Aransemen Musik yang Berbeda

Saat itu, liriknya baru dibuat untuk verse pertama dan reff saja. Meski sisanya masih berupa bayangan, namun makna lagunya sudah menempel di kepala Heydi Ibrahim. You Got Me bercerita tentang pria yang kecantol seorang wanita karena ketidaksengajaan. Mereka lantas jatuh cinta karena merasa dapat saling melengkapi.

Selain lirik yang sudah melalui tahap perbaikan dan tambahan, pada versi sekarang, beberapa perubahan juga terjadi pada aransemen musiknya yang kini dieksekusi oleh Andien KS.

"Perbedaan You Got Me dan Bayang selain pada lirik juga pada notasi reff. Persamaannya ada pada basic chord," Anwar Fatahillah menambahkan.

"Aransemen yang disuguhkan kali ini juga sangat akustik dan nuansa blues-nya amat kuat. Lalu, nuansa era '70-an melekat erat berpadu dengan elemen orkestrasi sehingga menjadi nilai tambah You Got Me," sambung sang bassist.

You Got Me dirilis jelang usia Powerslaves yang ke-30 tahun dan kini sudah tersedia di berbagai platform musik digital, tepatnya sejak 10 April lalu.

(kpl/far/gtr)