SPANK dan Kritikannya Untuk Anak Indonesia di 'Dewasa Sejak Dini'

Risang Sudrajad  |  Selasa, 05 Mei 2015 18:50
SPANK dan Kritikannya Untuk Anak Indonesia di 'Dewasa Sejak Dini'
SPANK @foto: © KapanLagi.com/Ruswanto

Kapanlagi.com - Tak selamanya dunia musik rock penuh dengan sisi gelap.Warna warni tinta dan sketsa gambar tato di tangan atau dada bukan sebuah jaminan bahwa insan atau musisi rock apatis terhadap keadaan sosial. Justru sebaliknya, banyak karya-karya mereka merupakan sebuah curahan hati, kritik atau gambaran kondisi sosial yang terjadi saat ini.

Dunia rock Indonesia yang tak pernah sepi dari munculnya musisi berbakat juga selalu saja mampu mencuri perhatian para pemerhati musik melalui banyaknya karya yang dihasilkan. Tidak hanya alunan lagu yang jempolan saja, banyak juga karya yang menyimpan sebuah pesan moral penting.

Salah satu band rock yang mencoba untuk memberikan sebuah pesan moral ke dalam karyanya adalah SPANK. Band yang digawangi oleh Viza Mahasa ini tak hanya menyuguhkan sebuah lagu yang nyaman di telinga saja. Lebih dari itu, ada sebuah pesan yang terkandung di dalam single mereka yang berjudul Dewasa Sejak Dini.

SPANK @foto: facebook.com/SPANKofficialSPANK @foto: facebook.com/SPANKofficial

Dilihat dari judulnya saja, sudah dapat ditebak jika lagu ini menceritakan sebuah fenomena anak kecil yang terlalu cepat tumbuh dewasa. Tentu saja, banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Salah pergaulan, hiburan hingga tontonan televisi yang kurang mendidik dapat disebut sebagai akar dari permasalahan ini.

Dari masalah itu juga, lagu Dewasa Sejak Dini yang dibuat oleh Viza ini tercipta. Ide dari pembuatan lagu dengan nuansa rock ini muncul ketika sang gitaris yang juga merangkap vokalis mendapati keponakannya menonton video dewasa. Sebagai sebuah karya yang kaya akan pesan positif, lagu ini juga ditujukan untuk para pendamping anak-anak agar bisa lebih care dengan pertumbuhan mereka.

Karya penuh pesan ini juga yang membawa nama SPANK menjadi salah satu duta anak dari organisasi Save Our Children. Bersama dengan nama besar lainnya seperti Papa T Bob, Kak Seto hingga Ahok, mereka melakukan aksi turun ke jalan pada peringatan hari anak sedunia lalu. Bukan hanya itu saja, tagar #DewasaSejakDini sukses nangkring di top five trending topic dunia.

Nama SPANK sendiri tidak hanya dikenal di dalam negeri saja. Sebuah organisasi sosial bernama Girls not Brides yang memiliki basis kuat di London juga menjadikan mereka salah satu duta untuk mencegah pernikahan dini yang beberapa tahun ini kerap terjadi. 

SPANK @foto: facebook.com/SPANKofficialSPANK @foto: facebook.com/SPANKofficial

Untuk saat ini, band yang berasal dari ibu kota ini aktif berkontribusi dalam sebuah organisasi pendidikan untuk orang Papua. Bukan hanya itu saja, Viza dkk juga keras menyuarakan pentingnya gizi bagi anak-anak Indonesia.

Kehadiran SPANK di dunia musik tentunya menajdi sebuah air segar dari keringnya para musisi yang berani mengambil sebuah social movement. Hal ini juga membuktikan bahwa para rockstar tak selamanya berkutat dengan dunia gelap seperti yang selama ini dikenal oleh masyarakat.

Semoga dengan kehadiran SPANK yang meramaikan belantika musik ini diikuti oleh para penyanyi, band dan musisi lain yang tak ragu untuk memberikan sebuah pergerakan berarti. Bukan hanya menghasilkan sebuah karya yang layak dinikmati, tetapi juga menghadirkan pesan positif untuk para penikmatnya.

Sebelum itu, yuk lihat dulu video musik dari SPANK yang penuh dengan pesan positif ini. Check this out!

Simak Juga:

Lho, Band Ini Nggak Masalah Disamakan Maliq & D'Essentials?

Terapkan Ilmu Steve Lilywhite, GoGoJiLL Sudah Tetapkan Target

Steve Lillywhite: Semua Orang Harus Belajar Untuk Jadi Lebih Baik

Steve Lillywhite: GoGoJiLL Punya Kekuatan, Mereka Seperti Saudara

Kerja Bareng Produser U2, GoGoJiLL Berikan Yang Terbaik

(kpl/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -