Soal Album Eva Celia, Indra Lesmana: Sebuah Inovasi Luar Biasa

Natanael Sepaya  |  Sabtu, 03 Desember 2016 13:22
Soal Album Eva Celia, Indra Lesmana: Sebuah Inovasi Luar Biasa
Indra Lesmana © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu Eva Celia baru saja merilis debut albumnya yang berjudul AND SO IT BEGIN. Sebagai seorang Ayah yang juga berkecimpung dan memiliki segudang pengalaman di dunia musik, Indra Lesmana mengungkapkan komentar tentang albumnya tersebut.

"(Album) Udah dengerinlah, keren banget, sebuah inovasi luar biasa. Dari awal aku sudah arahkan dia bikin musik yang nggak ngikutin pasar. Kalau bisa bikin sesuatu yg bener-bener dari hati kamu, dan ini pembuktian dia," ujar Indra Lesmana saat ditemui di Studio DSS, Petukangan, Jakarta Selatan, Jumat (2/12/2016).

Musisi jazz ini juga menceritakan kalau ia punya sejumlah saran sebelum Eva Celia mulai masuk dalam proses kreatif. Walau begitu, Indra menekankan pada Eva Celia untuk mulai mencoba menggarap albumnya sendiri seperti yang dilakukan oleh Kakeknya, Jack Lesmana.

Indra Lesmana yakin Eva Celia akan menemukan karakternya sendiri dalam bermusik © KapanLagi.com/Budy SantosoIndra Lesmana yakin Eva Celia akan menemukan karakternya sendiri dalam bermusik © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Ya ngobrol pasti ya, tapi dari awal aku bilang ke dia, 'kamu harus coba'. Kamu bisa nulis lagu, main piano, main gitar. Waktu Ayah saya seusia kamu, Ayah kerjain sendiri nggak dibantuin sama ayah' (kakek eva). Tapi bukan berarti ayah nggak mau bantu, selagi bisa bantu ya dibantu, jadi tetep bantuin mixing, ngisi keyboard dan produserin satu lagu. Cuma idenya semua dari kepala dia, itu aku yang develop ke dia. Akhirnya berhasil sih," lanjutnya.

Sedangkan ketika ditanya mengenai karakter Eva Celia, Indra sendiri menilai kalau putrinya masih akan menjalani sejumlah fase sebelum benar-benar tahu jati dirinya dalam bermusik. Namun mengingat referensi musik Eva yang juga tak kalah luas, Indra sangat optimis jika putrinya bisa menawarkan sebuah karya yang layak untuk disimak.

"Seni kan proses, itu sudah langkah awal dia, tapi masih ada long journey. Tapi perlu melangkah, yang menarik abis ini dia mesti ngapain. Dia punya style sendiri, referensinya sudah kekinian, chord-nya aneh-aneh pasti sudah bisa lah," pungkas Indra Lesmana.

Jangan Lewatkan Ini!

Rilis 'CHAPTER ONE', Krakatau Reunion Mastering Album di Amerika

Album Debut Eva Celia 'AND SO IT BEGINS' Siap Diluncurkan!

Punya Bakat, Eva Celia Sudah Dikenalkan Seni Sejak Kecil

Satu Panggung Bareng Sang Ayah, Eva Celia Dapat Ilmu Baru

FOTO: Sophia Latjuba Tunjukkan Prestasi Akademik Eva Celia di LA