'So Long', Single ke - 16 JKT48 Yang Luar Biasa Baper

Girindra Permana Cahya  |  Selasa, 14 Maret 2017 18:35
'So Long', Single ke - 16 JKT48 Yang Luar Biasa Baper
JKT48 © KapanLagi.com/Djoko Poerwanto

Kapanlagi.com - Sesuai dengan pengumuman yang dibuat saat Event Handshake Saikou Kayo minggu lalu, JKT48 resmi mengumumkan single ke 16 mereka yang berjudul So Long di Theater mereka, FX Mall Sudirman Jakarta Selatan (8/3). Single ini terbilang emosional karena menjadi tanda perpisahan untuk member generasi 1 dari team J, Jessica Veranda.

So Long dibawakan oleh 16 senbatsu dari single ke 15 minus Haruka yang posisinya digantikan oleh Thalia Ivanka. Untuk posisi center, Jessica dipilih untuk mengisi ruang tersebut.

Bertempo pelan dengan lirik yang bicara soal perpisahan lagu ini memang cukup menggelitik fans untuk 'baper'. Hal tersebut makin dikuatkan dengan momen graduate-nya Ve dari idol grup yang membesarkan namanya ini. Setidaknya itulah yang juga dirasakan oleh Kinal.

Kinal merasa baper dengan lagu 'So Long' karena liriknya bercerita tentang perpisahan © KapanLagi.com/Djoko PoerwantoKinal merasa baper dengan lagu 'So Long' karena liriknya bercerita tentang perpisahan © KapanLagi.com/Djoko Poerwanto

"Liriknya ya, kalau diperhatikan liriknya kan kayak mengucapkan selamat tinggal yang bener-bener selamat tinggal, jadi pas nyanyi bikin baper sendiri. Padahal waktu recording sama Ayana masih ketawa-ketawa," ujar Kinal.

Bukan hanya single saja, ada juga video klip yang melengkapi rilisan ini. Untuk pengambilan gambarnya sendiri, So Long memberangkatkan 16 member yang terpilih ke Hokkaido. Setting video ini pun makin menguatkan rasa perpisahan yang 'dingin' dengan latar yang diselimuti salju.

Penampakan CD 'So Long' JKT48 © KapanLagi.com/Djoko PoerwantoPenampakan CD 'So Long' JKT48 © KapanLagi.com/Djoko Poerwanto

“Semua crew produksi video klip dari Jepang kan untuk yang ini pengambilan gambarnya juga semua dari crew produksi Jepang. Untuk mengarahkan kita ada creative director yang selalu menemani JKT48 dari awal, jadi pengaruhnya dia besar juga sih buat kita, terima kasih dibilang bagus, soalnya kita nggak main-main bikin video klipnya, kedinginan itu loh,“ papar Kinal menjelaskan team dibalik Music Video (MV) yang spesial ini.

Perilisan ini juga sebagai penanda dimulainya musim sosenkyo (pemilu) senbatsu (member pilihan) untuk single ke 17 JKT48 kelak.

CD So Long akan dijual segera di JKT48 Theater dan beberapa toko online partner mereka. Selain lewat menonton Theater dan membeli CD So Long, fans jauh bisa mendapatkannya di CD JKT48 Festival yang dijual di gerai KFC seluru Indonesia.

Berikut Tracklist dari CD Single So Long

So Long
Ini Rhodes, Lompatlah Di Sini
Virginity
Birth
Cinta Pertama Butterfly
So Long (english Ver)

Jangan Lewatkan!

Pedih! Jauh-Jauh ke Hokkaido, Zara JKT48 Nggak Masuk Video Klip!

Tak Lagi Ikut Pemilu JKT48, Veranda Ingin Berikan Suara Pada ...

Punya Banyak Bakat, Ini Rencana Ve Setelah Lulus Dari JKT48

Curhat Pedih Kinal Ditinggal Ve Pensiun Dari JKT48

Meriah, Handshake Event 'Luar Biasa' JKT48 Penuh Kejutan Seru

(kpl/otx)


Seakan tak ingin berpisah, para anggota lain dari grup JKT48 ini memeluk Ve dengan erat. Semoga ke depannya masih bisa berhubungan baik dengan member yang lain meski sudah keluar ya, Ve! Semangat!
8 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -