Simak 'May Day', Lagu Hari Raya Buruh Yang Bikin Kamu Merinding

Penulis: Fitrah Ardiyanti

Diperbarui: Diterbitkan:

Simak 'May Day', Lagu Hari Raya Buruh Yang Bikin Kamu Merinding Tika and The Dissidents/©youtube.com/sounds from the corner
Kapanlagi.com - 1 Mei selalu jadi hari besar bagi kaum pekerja di seluruh dunia. Diperingati sebagai hari buruh internasional atau May Day, hari ini ribuan buruh siap bergerak menyuarakan aspirasinya dari tahun ke tahun.


Salah satu lagu dari musisi Indonesia yang selalu dimainkan pada hari 'raya' ini adalah May Day milik band Tika and The Dissidents. Digawangi oleh Kartika Jahja, Iga Massardi dan Susan Agiwitanto, mereka merilis lagu ini dalam album THE HEADLESS SONGSTRESS (2009).


May Day punya lirik berbahasa Inggris dan bermakna sangat dalam. Liriknya menekankan bahwa pada hari ini, 1 Mei, para pekerja dilarang untuk masuk kerja untuk merayakan hari yang diperjuangkan sejak abad ke-18 ini.


Liriknya pun juga bercerita bahwa tak perlu takut untuk turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi kita. Tika dan kawan-kawan berpendapat jika guru, kuli bangunan, supir, chef hingga angkatan bersenjata semua adalah buruh, tergantung kepada siapa mereka bekerja.


Lagu ini dibuat pada tahun 2008 ketika Tika, Susan, Iga dan eks gitarisnya, Iman Fattah, selesai latihan di studio. Tiba-tiba Iman memainkan gitarnya yang kemudian menjadi intro May Day. Tika yang memang sangat aktif menyuarakan isu-isu 'panas', langsung membuat lirik sederhana dan mengena.


Cause it's May Day... 1st of May
Gonna March the Streets today
Yes it's May Day... 1st of May
Merry merry labour day
Hear us go oi oi oi oi oi oi oi oi labours of the world unite
Sisters Don't be scared... Officer come joing the parade
Sever their vein today... We don't crawl under their feet


Begitulah sepenggal lirik May Day yang dinyanyikan Tika dengan berapi-api diiringi. Hentakan drum lagu ini bakal membuat kamu terbakar semangat sekaligus merinding. Nggak percaya? Simak Tika and The Dissidents saat beraksi di bawah sini. Merry Labour Day!



(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/tch)

Rekomendasi
Trending