Selain Tradisi, Ini Tujuan Addie MS Ikut 'Konser Kemerdekaan'

Natanael Sepaya  |  Jumat, 28 Juli 2017 12:22
Selain Tradisi, Ini Tujuan Addie MS Ikut 'Konser Kemerdekaan'
Addie MS © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Segera memasuki bulan Agustus, Addie MS pun bersiap untuk kembali menggelar Konser Kemerdekaan. Namun mengingat acara ini merupakan tradisi yang sudah dimulai sejak lama, apa yang menjadi tujuan Addie MS untuk tetap menjalankan konser tersebut?

"Sebenernya ini tradisi dari berapa tahun lalu, tahun 95 kita bikin di Istana Bogor ya. Ya macem-macem lah. tapi biasanya setiap Agustus tuh Twilite Orchestra mengajak merayakannya dengan menyanyikan lagu-lagu wajib dengan orchestra simfoni dengan koor yang banyak, sekitar 100 paduan suara. Kemudian makin ke sini kita tambahkan dengan sing along, jadi kita gak ingin orang menonton kita doang, kita ingin seperti di balaikota tempo hari, saya mengajak mereka menyanyi, jadi nanti suasananya pengennya agak kayak balaikota gitu, cuma ini kita pakai live orchestra, nyanyi sama sama meresapi keberagaman kita, persatuan kita dalam musik," aku Addie saat ditemui di Paviliun Bekraf, Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu (26/7).

Untuk itu, Addie MS juga mengaku sudah mempersiapkan sejumlah sosok musisi maupun penyanyi idealis untuk ikut bergabung dalam Konser Kemerdekaan. Sebut saja sosok seperti Agus Wisman hingga penyanyi seperti Rita Effendy.

Konser Kemerdekaan, tak lagi bicara soal harga, melainkan idealisme © KapanLagi.com/Agus ApriyantoKonser Kemerdekaan, tak lagi bicara soal harga, melainkan idealisme © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Kita sudah sering kerjasama (dengan) para penyanyi idealis seperti mereka. Dia tahu kalo orchestra tuh idealisme, gak perlu lagi ngomongin harga. Orang-orang yang ada di sini udah gak bicara harga, tapi idealisme. Agus Wisman itu adalah penyanyi lagu Indonesia Pusaka (yang sering diperdengarkam di TV), yang saya rekam tahun 97. yang satunya Rita Effendy, penyanyi Tanah Airku. Sejak rekaman 97 sampe tahun ini, baru kali ini nih Agus Rahman bawain lagu itu lagi. Oh iya sulit (atur) jadwalnya," lanjutnya.

Sedangkan mengenai sosok penyanyi modern, Addie sendiri tidak bisa memaksa untuk mengajak mereka berpartisipasi dalam konsernya. Selain karena jadwal yang padat, musisi yang menjabat konduktor Twilite Orchestra ini mengaku belum mampu membayar dengan harga yang sesuai standar mereka.

"Makin kekinian biasanya lagi top-topnya, saya mengerti masing-masing pasti punya harga yang, jadwalnya aja udah padet dengan harga yang tinggi, siapa saya? Minta harga yang diskon segala macem haha. Saya malu, jadi ya udah deh, mending yang udah pasti aja. Sekiranya ada artis yang mengajukan diri, wah saya mau. Saya tau kalo orang lagi di atas pastinya ingin memanfaatkan sepantasnya karirnya. Saya gak bisa bayar mereka dengan harga full standar, ya gak enak aja," pungkas suami Memes ini.

Sudah Baca Yang Ini?

Addie MS Siap Gelar Konser Kemerdekaan Dengan Konsep Simfonik

Saingi JKT48, Kevin Aprilio Orbitkan Idol Group Asal Jepang

Julia Perez Meninggal Dunia, Ucapan Duka Mengalir di Social Media

Seperti Ini Saat Ibu Vero Bermain Cello Bareng Orchestra Addie MS

Verdi Solaiman Ungkap Kesulitan Jadi Direktur Musica

(kpl/aal/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -