Sandhy Sondoro, Bakal Bikin 25 Lagu Baru di Tahun Depan!

Natanael Sepaya  |  Sabtu, 17 Desember 2016 23:30
Sandhy Sondoro, Bakal Bikin 25 Lagu Baru di Tahun Depan!
Sandhy Sondoro © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Siapapun tidak akan meragukan talenta emas yang dimiliki oleh Sandhy Sondoro. Yap, musisi yang juga pernah mencicipi industri musik di luar negeri itu pun nyatanya berhasil mencuri hati para penikmat musik di Indonesia dengan sederet single serta album yang dirilisnya di Tanah Air.

Yang terbaru, pelantun Tak Pernah Padam ini mengaku tengah menyiapkan materi album baru untuk 2 album baru yang akan dirilis di 2 negara berbeda. "(Album) Baru sebatas sketsa sih. Masih awal banget," ujarnya singkat saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (16/12).

Ia pun lalu menjelaskan mengenai album barunya yang akan berbahasa Jerman. Meski belum berjalan, namun album tersebut akan menjadi follow up single berbahasa Jerman yang dirilisnya pada bulan Februari lalu. Yang menarik, Sandhy menjelaskan kalau ia akan membuat 25 track untuk 2 album yang nantinya akan dirilis tahun depan.

Sandhy Sondoro, segera masuk dalam proses kreatif untuk album barunya yang berbahasa Jerman © Kapanlagi.com/Muhammad Akrom SukaryaSandhy Sondoro, segera masuk dalam proses kreatif untuk album barunya yang berbahasa Jerman © Kapanlagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"(Album bahasa Jerman) Belum. Jadi saya sudah rilis single bahasa Jerman pas Februari sebelum rilis album LOVE SONG. Tapi kebetulan enggak ada partner label di Jerman. Jadi pas saya ke sana kemarin, sambil saya main, dijual (single bahasa Jerman) juga. Alhamdulillah udah diputar di beberapa radio di Jerman. Rencana bahwa tahun depan Insya Allah akan buat album bahasa Jerman. Ini buat di Jerman aja nih. Di Indonesia juga saya buat album lain. Beda nih materinya. Jadi misalnya di Jerman 12 lagu untuk album, di Indonesia 12an lagu. Jadi mungkin tahun depan saya akan bikin 25 lagu. Buat di Jerman dan Swiss. Saya bisa jual CD sesuai bahasa. Kalau rilis album bahasa Jerman di Indonesia, dikirain sombong lagi hehehe," lanjutnya.

Sandhy Sondoro lalu mengungkapkan alasan kenapa ia tidak memilih untuk mengartikan lagu-lagunya yang berbahasa Jerman untuk album yang nantinya akan dirilis di Indonesia. Selain terkesan 'maksa' dan terasa aneh, baginya, soul yang ada dalam lagu tersebut akan hilang jika di-translate lalu diedarkan.

"(Kalau cuma translate) Enggak mau saya. Menurut saya, kalau saya ya, men-translate lagu itu jadinya kayak, misalnya nyawanya sudah dapat terus di-translate ke bahasa Inggris, misalnya Tak Pernah Padam (dinyanyiin pake bahasa Inggris). No, enggak bisa, mending gue bikin lagu baru sekalian. Memang cara pronounce-nya itu beda. Jadi melodi dan lirik bahasa Indonesia sama melodi bahasa Inggris beda. Kalau dipaksain kadang jadi aneh. Wah ini yang nyanyi orang Indonesia nih hahaha," pungkasnya.

Jangan Lewatkan Ini!

Jakarta Pakai Sistem Pelat Ganjil - Genap, Sandhy Sondoro Bingung

Tetap Berkarya, Cara Sandhy Sondoro Lupakan Masalah Perceraian

Sandhy Sondoro Lebih Senang Stay di Jerman Daripada di Indonesia

Sandhy Sondoro Ikhlas Jika Ade Fitri Sechan Akan Menikah Lagi

Pasca Cerai, Ini Alasan Sandhy Sondoro Ogah Cari Istri Lagi

(kpl/aal/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -