Rilis Album Baru, Musik Sheila On 7 Balik ke Konsep Awal

Natanael Sepaya  |  Kamis, 11 Desember 2014 09:22
Rilis Album Baru, Musik Sheila On 7 Balik ke Konsep Awal
Sheila On 7 ©KapanLagi/Budy Santoso
Kapanlagi.com - Menjelang akhir tahun 2014, Sheila On 7 memberi kejutan dengan merilis album terbaru bertajuk MUSIM YANG BAIK. Yang spesial, album ke delapan ini mengajak para Sheilagank (sebutan fans) untuk kembali mengenang awal-awal kejayaan band asal Yogyakarta tersebut.

Hal itu ditunjukkan oleh Duta, Eross, Adam dan Brian dengan proses recording yang masih menggunakan pita. Mereka menyebutnya format 4 piece yang simpel. Lebih memfokuskan pada vokal, gitar, bass serta drum dengan mengurangi overdub dan efek sound.

"Kita rekaman dari tahun 1999 pas era recording analog pakai pita. Setelah berkembang, kita memanfaatkan recording digital dan menggunakan overdub. Sampai pada akhirnya kita jenuh, kita ingin suasana yang baru. Maka kita memosisikan rekaman seperti saat memakai pita," kata Eross saat perilisan album di Hard Rock Cafe Jakarta, Rabu (10/12).

Sheila On 7 ©KapanLagi.com/Bambang E. RosSheila On 7 ©KapanLagi.com/Bambang E. Ros

Konsep seperti ini diakui membuat performa mereka tak jauh berbeda saat didengarkan baik melalui CD maupun secara live. "Kita justru terpacu. Biasanya kalau ada ide kita overdub, sekarang jadi lebih bijak. Kalau nggak bisa dimainkan waktu live, ya kita nggak bikin," tambahnya.

Duta selaku vokalis mengaku konsep seperti ini memang sengaja. Hal itu dianggap membuat Sheila On 7 hadir dengan kemasan lebih fresh. "Bukan tanpa alasan kita mencoba konsep ini. Karena 4-piece, kita jadi lebih keren. Kita sah-sah aja nyobain itu sebagai band lama. Sekarang sudah waktunya dan jadi lebih segar," pungkasnya.

Dalam album terbaru ini Sheila On 7 mengandalkan Lapang Dada sebagai single andalan. Albumnya sendiri mendapat respon sangat baik dengan menempati posisi Top 10 iTunes sejak pre order pada 27 November lalu.

Kabar Terbaru Sheila On 7

Inilah Sosok-Sosok Yang Menggemparkan Dunia Musik di Tahun 2014

Launching Single 'Lapang Dada' Sheila On 7 Sukses Catat Rekor!

YES! Sheila On 7 Siap Kenalkan Single Baru

Mengintip Kisah Cintamu Dari 6 Lagu Terbaik Sheila On 7

[Foto] Di Atas Panggung, Duta So7 Jadi Bulan-Bulanan Para Pria

(kpl/abs/ntn)

Namun Sheila On 7 optimis harga ini masih terjangkau dan bisa sold out. Pasalnya, banyak konser musisi Indonesia lainnya membandrol tiket lebih mahal dari ini.
10 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -