Rilis Album Baru, Ada Satu Lagu Kotak yang Berkolaborasi Dengan Cak Nun

Jum'at, 25 September 2020 21:31  | 

Cella Kotak



Kapanlagi/Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Grup band Kotak baru saja melepas album barunya bertajuk "Identitas". Yang menarik, album ini sudah digarap sejak tahun 2018 lalu. Namun, karena banyak faktor, termasuk jadwal manggung begitu padat, akhirnya album "Identitas" ini baru dirilis di tahun 2020.

Ada 10 lagu yang terdapat di album "Identitas". Dari 10 lagu tersebut, ada satu judul lagu yang cukup mencuri perhatian, yakni Manusia Manusiawi. Pada lagu itu, Kotak berkolaborasi dengan budayawan sekaligus pendakwah Emha Ainun Nadjib atau lebih dikenal Cak Nun.

"Sebenernya kolaborasi dengan musisi udah sering, kita mau kolab sama yang epic apa ya. Pas kita denger lagu ini langsung bayangin harus ada sentuhan berbeda di sini," kata Cella dalam jumpa pers virtual, Jumat (25/9/2020).

 

1. Awalnya Pesimis

Kotak awalnya pesimis mengajak kolaborasi Cak Nun pada lagu Manusia Manusiawi. Pasalnya, jadwal Cak Nun yang cukup padat.

"Jadi kita yang cari paling cepat, kita upayakan dari orang terdekat Cak Nun, dan jadwal beliau padet banget. Itu kan sebelum pandemi dan kita sempet mau main ke sana tapi ternyata nggak bisa," kata Tantri.

"Waktu itu kita mikirnya pasti susah nih karena beliau jarang banget tampil di tv. Akhirnya kami bisa berkolaborasi," sambung Tantri.

2. Belum Bertemu Cak Nun

Yang menarik, meskipun lagu Manusia Manusiawi sudah rampung, Kotak dan Cak Nun belum pernah bertemu langsung secara tatap muka. Ketika proses penggarapan, Kotak hanya memberikan materi lagu tersebut kepada Cak Nun.

"Kita belum tatap muka langsung sama sekali. Lagunya udah jadi terus kita kasih denger ke beliau, eh beliau mau dan akhirnya diisi lagi beliau secara virtual aja," kata Tantri.

Bagi Tantri, kehadiran Cak Nun di lagu Manusia Manusiawi menjadi penguat lagu itu sendiri. "Padahal statemen cak nun cuman 30 detik, tapi itu justru menguatkan lagu manusia manusiawi," tutup Tantri.

Album "Identitas" ini dirilis oleh label musik ternama, yakni Warner Musik Indonesia. Terdapat 10 lagu baru yang terdapat di album "Identitas", seperti Growing Up, Harga Mati, Bukan Lawan, Dejavu, Di Atas Cinta, Inspirasi Sahabat Vol. 2, Mantanku, Teman Palsu, Manusia Manusiawi (feat Cak Nun), dan Hoax. Semua lagu-lagu tersebut sudah bisa didengar disejumlah platform musik digital.

(kpl/far/frs)