Rhoma Irama Buat Orang Amerika Kepincut Dengan Musik Dangdut

Nizar Zulmi  |  Selasa, 07 Oktober 2014 07:21
Rhoma Irama Buat Orang Amerika Kepincut Dengan Musik Dangdut
Rhoma Irama ©KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Nama Rhoma Irama sudah tidak asing lagi di dunia musik dangdut tanah air. Bahkan julukan raja dangdut pun disematkan kepada Rhoma karena dedikasinya terhadap musik perpaduan India - Melayu ini.

Sebagai seniman dangdut, Rhoma melihat musik dangdut kini sudah dikenal luas ke penjuru dunia. Bahkan diakuinya, warga Amerika pernah meminta agar lirik lagunya digubah ke dalam bahasa Inggris.

"Tahun 80-an saya lakukan, Tapi saya berpikir bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa itu sendiri. Jadi biar dunia yang mempelajari bahasa kita," ungkap Rhoma Irama di Kampoeng Artis, Kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Senin (6/10).

Rhoma Irama bawa dangdut go internasional ©KapanLagi.com®Rhoma Irama bawa dangdut go internasional ©KapanLagi.com®

Rhoma menambahkan, bukan tidak mungkin musik dangdut nantinya akan menjelma sebagai musik global. Hal itu sudah dibuktikan oleh grup musiknya, Soneta saat didelegasikan tampil di event internasional di Jepang.

"Di situ ada pengakuan kalau dangdut sebagai genre musik global. Itu sudah ada pengakuan karena itu di situ event internasional. Lalu banyak temen artis ke Amerika. itu suatu proses dangdut go internasional," tegasnya.

Menggeluti dangdut sejak era 60-an, sudah puluhan album diluncurkan oleh sang raja dangdut. Sejauh mana musik dangdut akan berkumandang nantinya?

Baca Juga:

Saat Rhoma Irama Sepanggung Dengan Rocker Achmad Albar

Solusi Ikke Nurjannah Hadapi Lesunya Industri Musik

Iva Keluar, Trio Macan Digerogoti Konflik Internal?

Kehilangan Iva, Trio Macan Kayak Becak Hilang Satu Roda

(kpl/tov/niz)


Lihat Arsip Musik

- - -