Rekaman di Era Modern, Lingua Terkaget-Kaget Kena Teknologi Baru

Wulan Noviarina  |  Sabtu, 30 Juli 2016 13:22
Rekaman di Era Modern, Lingua Terkaget-Kaget Kena Teknologi Baru
Lingua ©KapanLagi.com®/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Sudah puluhan tahun lamanya trio Lingua tak masuk ke dalam dapur rekaman. Baik Frans Lingua, Amara Lingua dan Arie sama sekali tak pernah rekaman pasca mereka memutuskan vakum bertahun-tahun silam.

Kini, setelah nyaris tiga dekade, Lingua kembali masuk dapur rekaman dan mereka pun kaget dengan teknologi yang ada. Semuanya sungguh berbeda dengan apa yang mereka hadapi tahun 1998 lalu.

"Kami kaget dengan metode rekaman sekarang. Lebih gampang dibanding dulu. Kami pernah masuk era yang mana mau rekaman itu susah," ungkap Lingua belum lama ini.

"Dulu kalau mau masuk rekaman, persiapannya gila-gilaan. Di studio kami nggak bisa buang waktu. Kalau nggak persiapan matang, itu akan bengkak dari segi biaya," lanjut Lingua.

Lingua sempat kaget dengan teknologi rekaman baru ©KapanLagi.com®/Budy SantosoLingua sempat kaget dengan teknologi rekaman baru ©KapanLagi.com®/Budy Santoso

Meski demikian, Frans, Amara dan Arie tetap tak mau santai-santai dalam proses rekaman kali ini. Mereka tetap berusaha untuk disiplin, agar tak membuang banyak waktu dengan percuma.

"Music director kami santai banget, karena memang ada teknologi. Doddy Is juga yang menangani kami pada tahun 1996 silam. Tapi kami nggak mau terlena dengan hal itu. Kami harus tetap disiplin," urai Lingua.

Kini, trio yang sempat ngehits pada akhir tahun 1990-an ini siap untuk meluncurkan karya terbaru mereka. Lingua sadar, bahwa ada gap yang sangat jauh dari fans lama dengan pendengar musik baru di era sekarang.

"Missing link lebar banget. Yang kenal album terakhir kami di tahun 1998 sekarang mungkin sudah berumur 25 - 27 tahun. Sekarang kami mau menunjukkan musiknya aja sih, untuk anak-anak muda yang nggak kenal kami pada era itu," pungkas Lingua.

Well, good luck!

Yang Ini Juga Tak Kalah Hot!!!

Kembali Rilis Single, Lingua Reuni Dengan Banyak Orang

Garap Klip 'Mampu Bertahan', Lingua Gandeng Rizal Mantovani

16 Tahun Vakum, Lingua Mengaku Kehilangan Satu Era Dalam Bermusik

16 Tahun Vakum, Lingua Siap Luncurkan Video Klip Mampu Bertahan

Coboy dan Lingua Siap Tampil Gila-Gilaan di Klip Terbaru Mereka

(kpl/pur/phi)


Lihat Arsip Musik

- - -