Punya Cacat Tubuh, Para Musisi Ini Tetap Bisa Jadi Legenda Dunia

Selasa, 25 Agustus 2015 06:31  | 

The Beach Boys



Musisi cacat yang tetap bisa jadi legenda dunia © Istimewa


Kapanlagi.com - Para musisi ini sungguh membuat seluruh orang di dunia salut kepadanya. Mempunyai kekurangan atau cacat tubuh, mereka justru membuktikan bahwa hal itu bukan merupakan satu halangan untuk berkarya.

Nama mereka pun sukses menjadi salah satu legenda di dunia musik hingga saat ini. Berbagai karya yang dihasilkan pun tetap dikenang dan menjadi salah satu hits terbaik sepanjang masa.

Siapa saja sih para musisi yang berhasil membuktikan diri di antara keterbatasan mereka itu? Langsung saja simak di sini yuk KLovers.

Sudah Baca Yang Ini?

6 Artis Cewek Yang Juga Berprofesi Sebagai Seorang DJ

10 Disc Jockey Dengan Pendapatan Terbesar di Dunia

6 Soundtrack Kartun Yang Bakalan Buat Kamu Rindu Masa Kecil

7 Penyanyi Dunia Ini Pernah Terpeleset Memalukan di Atas Panggung

5 Acara Musik Anak Penyelamat Generasi 90-an, Masih Ingat?

(kpl/abl)

1. Brian Wilson

Bagi para fans setia grup musik The Beach Boys, nama Brian Wilson tentu sudah tak asing lagi. Kiprahnya bersama band asal Amerika tersebut membuat namanya mendunia hingga saat ini.

Di balik cerita indah itu, siapa sangka Brian Wilson ternyata memiliki masalah pendengaran. Indra sebelah kanannya kurang bisa berfungsi dengan baik sejak dirinya masih kecil.

Menurut musisi 73 tahun tersebut, hal itu disebabkan karena tindakan kekerasan yang dilakukan ayahnya semasa dirinya masih kecil dulu. Meski memiliki sedikit kekurangan, hal itu bukan menjadi alasan baginya untuk tidak berkarya. Bahkan hingga saat ini, lagu-lagunya masih banyak dinyanyikan oleh para musisi dunia.

2. Tony Iommi

Dianggap sebagai seorang maestro gitar, Tony Iommi ternyata memiliki sebuah kekurangan pada jari-jarinya. Yap, gitaris Black Sabbath itu pernah kehilangan ujung jari tengahnya karena sebuah kecelakaan di pabrik.

Kejadian itu terjadi saat gitaris gondrong  ini masih berusia 17 tahun. Demi tetap bisa bermain gitar, Tony membuat jari palsu dari sebuah botol yang ia lelehkan.

Tekadnya untuk terus bermusik ternyata berbuah manis. Black Sabbath sukses menjadi salah satu band rock legenda dunia hingga saat ini.

3. Rick Allen

Satu nama beken yang pastinya sudah tak asing lagi adalah Rick Allen. Pria 51 tahun ini adalah drummer dari grup band Def Leppard. Aksinya saat berada di atas panggung membuktikan bahwa kekurangan yang ada dalam dirinya bukan merupakan sebuah hambatan.

Semua baik-baik saja hingga sebuah kecelakaan mobil di tahun 1984 harus membuatnya kehilangan tangan. Sebagai seorang drummer, hal tersebut tentu menjadi sebuah pukulan telak dalam karirnya.

Kegigihannya untuk terus berkarya yang membuatnya tetap eksis hingga saat ini. Drum set miliknya dimodifikasi sedemikian rupa untuk membantu Rick Allen agar tetap bisa beraksi gila di atas panggung walau harus tampil dengan satu tangan saja.

https://www.youtube.com/watch?v=b9jqcgnpGKw

4. Stevie Wonder

Stevie Wonder juga membuktikan bahwa musik bisa dinikmati dan dilakukan oleh siapa saja. Mempunyai keterbatasan dalam indra penglihatan, musisi 65 tahun ini tetap mampu membuat dirinya menjadi salah satu legenda dunia.

Stevie Wonder dilahirkan buta sejak masih kecil. Secara logika, hal tersebut pasti membuatnya sulit untuk bisa berkarya dan menghasilkan lagu-lagu berkualitas.

Nyatanya, berbagai hits termasuk lagu I Just Called To Say I Love You yang dibuatnya hingga kini masih menjadi salah satu lagu favorit para pecinta musik dunia. Yap, Stevie Wonder sekali lagi membuktikan bahwa kekurangan justru akan menjadi kelebihannya di dunia musik.

 

5. Ludwig Van Beethoven

Jauh sebelum era musik modern seperti sekarang ini, Ludwig Van Beethoven sudah membuat banyak orang salut kepadanya. Musisi yang lahir pada tahun 1770 itu dikenal sebagai seorang komposer tuli.

Pada tahun 1870, Beethoven mulai kehilangan pendengarannya hingga akhirnya tidak dapat mendengar sama sekali. Demi passion bermusiknya, Beethoven pun menggunakan berbagai cara agar tetap bisa bermain piano.

Beethoven membuat sebuah tongkat yang mampu menghantarkan getaran piano setiap kali ia memainkannya. Lewat tongkat itu pula dirinya bisa menangkap setiap nada yang ia pilih dengan sangat tepat.

(kpl/abl)