Posan Tobing Layangkan Somasi Terbuka Larang Personel Band Kotak Bawakan Lagu Ciptaannya, Ini Daftarnya

Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Diperbarui: Diterbitkan:

Posan Tobing Layangkan Somasi Terbuka Larang Personel Band Kotak Bawakan Lagu Ciptaannya, Ini Daftarnya
Posan Tobing Layangkan Somasi Terbuka (Credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Musisi Posan Tobing bersama mantan vokalis kotak, Julia Angelia melakukan somasi terbuka kepada Cella, Chua, dan Tantri, personel band Kotak. Hal tersebut terkait masalah hak cipta karya lagu yang Posan dan Julia ciptakan dan ada 11 poin yang menjadi tuntutan mereka.

"Jadi kami duduk disini ingin menyampaikan, kami melakukan somasi terbuka kepada Cella, Chua, dan Tantri personel band Kotak," ucap Jerys Napitupulu, sang pengacara di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (7/7/2023).

"Diantaranya dengan tegas melarang Cella, Chua, Tantri, dan seluruh personel band Kotak membawakan lagu-lagu yang diciptakan oleh Posan Tobing dan Julia Angelia, dalam setiap panggungnya dimana pun," Jerys Napitupulu menambahkan.

1. Melewati Batas

Posan dalam kesempatan itu mengatakan kalau mantan rekan-rekan bandnya di Kotak sudah dianggap kelewatan batas. Makanya ia pun akhirnya memutuskan untuk mengirimkan surat somasi terbuka.

"Sampai sekarang mereka manggung masih membawakan lagu-lagu ciptaan dari saya dan Julia Angelia. Kami tau dari warganet yang mengunggah di media sosial," ungkap Posan Tobing.

"Ini keterlaluan, karena mereka tidak pernah izin sedikit pun kepada saya dan Julia Angelia membawakan lagu yang kami ciptakan," Posan menambahkan.

Untuk kali ini, Posan menegaskan somasi terbuka ini untuk pelarangan para personel Kotak membawakan karya yang pernah dibuatnya saat masih tergabung, bukan masalah royalti.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cinta Jangan Pergi hingga Saat Ku Jauh

"Intinya somasi terbuka ini dengan tegas, saya dan Julia Angelia melarang Cella, Chua, dan Tantri yang mengatasnamakan Kotak, membawakan lagu-lagu yang kami ciptakan," tutup Posan Tobing.

Lagu-lagu yang diciptakan Posan diantaranya adalah Berbeda, Cinta Jangan Pergi, Kerabat Kotak, Ku Ingin Sendiri. Sementara lagu-lagu ciptaan Julia Angelia yang dilarang untuk dibawakan adalah Sendiri, Saat Ku Jauh, Terbang, Phobia, Satu Cinta, Tentang Hidup, Ijinkan Aku, Terluka.

Kalau lagu yang diciptakan secara bersama-sama diantaranya adalah lagu Masih Cinta (ciptaan Pay Burman, Dewiq, Posan, Cella, dan Tantri), Kosong Teojoeh (ciptaan Pay Burman, DewiQ, Posan, Cella), Tinggalkan Saja (ciptaan Pay Burman, DewiQ, Posan, Cella), Pelan-Pelan Saja (ciptaan Pay Burman, DewiQ, Tantri, Cella, dan Chua), dan Selalu Cinta (ciptaan Pay Burman, DewiQ, Posan, Cella, dan Tantri).

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending