Perayaan Record Store Day di Malang Digelar Selama 2 Hari

Fajar Adhityo  |  Kamis, 17 April 2014 21:50
Perayaan Record Store Day di Malang Digelar Selama 2 Hari
Pamflet Malang Record Store Day

Kapanlagi.com - Perayaan Record Store Day tinggal beberapa hari lagi. Para pemilik label. kolektor, penjual hingga para musisi di Indonesia seakan tak sabar untuk merayakannya.

Seperti halnya di Malang sendiri yang seakan merasa kurang jika digelar hanya sehari saja. Mereka pun menggelar acara selama 2 hari di tempat yang berbeda.

Untuk hari pertama, tanggal 19 April digelar di Museum Musik Indonesia yang berada di kawasan perumahan Griya Shanta, jalan Soekarno Hatta. Di puncak perayaan ini akan diadakan penjualan rilisan fisik seperti vinyl, tape, dan CD dari berbagai label ataupun distributor di kota Malang dan sekitarnya.

Selain itu akan ada juga pemutaran perdana film garapan tim MRSD yang berjudul REKAM! RILIS! PUTAR!. Film pendek ini menceritakan tentang toko rilisan fisik yang dulu menjadi destinasi bagi para pecinta rilisan fisik yang masih ada dan yang sudah gulung tikar. Film ini juga menampilkan sudut pandang dari para pelaku label indie di kota Malang yang masih aktif merilis dan para kolektor vinyl.

Merasa belum cukup? Perayaan ini kembali digelar pada tanggal 20 April di Houtenhand Beerhouse yang berada di kawasan pertokoan Kayu Tangan. Acara kedua ini menampilkan showcase dari beberapa musisi indie kota Malang yang dibagi menjadi 2 sesi di mana, pada sore hari akan ada penampilan akustik dari Iksan Skuter, musisi folk asal kota Malang dan beberapa musisi yang tergabung dalam kompilasi Sepi yang launching pada hari itu juga. Pada malamnya akan ada No Mans Land, veteran skinhead kota Malang yang baru saja merilis split vinyl dan Death of President, kuartet muda pengusung HC/Punk yang rajin merilis split tape tiap tahunnya, ini akan meramaikan penutupan Record Store Day di Malang.

Euforia Record Store Day pun juga terasa di beberapa kota lainnya seperti di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Makassar dan Pontianak. Gelaran ini seakan membuktikan bahwa di tengah era digital, rilisan fisik belum mati.

BACA JUGA:

Pemuja Rilisan Fisik Indonesia Rayakan Record Store Day

Sambut Record Store Day, Malang Garap Film Dokumenter

Lagu Ini Hasil Jiplakan? Eits Tunggu Dulu

Asyik Tampil, Penyanyi Ini Tak Sadar 'Bagian Pribadinya' Nongol

Intip Serunya Agnez Mo Invasi Radio Amerika

Pencipta Lagu Nike Ardilla Dapat Penjelasan dari Katy Perry

(kpl/faj)


Lihat Arsip Musik

- - -