Paskal, Ungkap Alasannya Tanggalkan Nama 'Pasto'

Natanael Sepaya  |  Rabu, 19 Oktober 2016 09:22
Paskal, Ungkap Alasannya Tanggalkan Nama 'Pasto'
Pasto © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Melesat berkat single cover mereka yang meledak di pasaran, Pergi Untuk Kembali, nama Pasto di industri musik Tanah Air pun seolah tenggelam secara perlahan. Tapi setelah lama tak terdengar, kini mereka kembali muncul dengan memakai nama baru, Paskal.

"Pasti berubah jadi Paskal, alasan utamanya karena kita sudah tidak di bawah naungannya Maia Estianty dan sekarang kita gabung sama My Management. (Tinggalkan nama Pasto) Ya, pasti berat. Karena memang sudah 13 tahun pakai nama itu," jelas Meltho saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (18/10).

Keputusan itu nyatanya tetap dikembalikan pada sosok awal yang menggagas Pasto, Glenn Fredly. Meltho menjelaskan kalau pelantun My Everything tersebut tak peduli nama baru yang akan dipakai mengingat sebelumnya Pasto sudah dikenal lewat sejumlah karya-karyanya.

Tak lagi bersama Maia Estianty dan ingin me-refresh musik mereka, Pasto putuskan berganti nama menjadi Paskal© KapanLagi.com/Sahal FadhliTak lagi bersama Maia Estianty dan ingin me-refresh musik mereka, Pasto putuskan berganti nama menjadi Paskal© KapanLagi.com/Sahal Fadhli

"Keputusan akhirnya kita tanya sama yang membentuk awal, yaitu Glenn Fredly. Responnya dia apa, ternyata santai. 'Kalian mau pake apa sebenernya terserah, kalian sudah punya tempat sendiri di dunia musik, bukan dari sisi nama tetapi dari sisi karya,' jadi kalau menurut Glenn yang meng-create Pasto di awal, orang tuh sudah tahu musiknya Pasto seperti apa, jadi kalian mau ganti nama jadi daun pintu atau jadi daun apa lah, sudah tau, pasti anak-anak itu yang bikin. Setelah Glenn bilang gitu, kita berdua lega dan yakin jalan dengan nama baru," lanjutnya.

Yang menarik, nama baru tersebut dipilih Meltho dan Mario dari bahasa Ibrani. Bukan cuma itu saja, nama tersebut pun memiliki arti yang cukup istimewa dengan alasan dan harapan baru mereka di industri musik Indonesia sekarang ini.

"Ngambil dari bahasa Ibrani, artinya lahir baru yang memaafkan. Buat kita, karena Pasto sudah lama banget. Kita kayak mau refresh aja, yang masa lalunya. Cukup sampai di situ aja, ganti nama baru, biar nama baru ini menguatkan kita. Memang susah mengganti nama ya, tapi kita yakin bahwa dengan nama baru ini kita bisa lebih struggle lagi di industri musik Indonesia lagi," pungkasnya.

(kpl/aal/ntn)

Simak Lifestyle Populer Lainnya

Lihat Arsip Musik

- - -