Oppie Andaresta: Sekolah Nasional Justru Tidak Ada Musik Tradisi

Risang Sudrajad  |  Sabtu, 18 April 2015 15:35
Oppie Andaresta: Sekolah Nasional Justru Tidak Ada Musik Tradisi
Oppie Andaresta @foto: © KapanLagi.com/djoko poerwanto
Kapanlagi.com - Selain dikenal sebagai salah satu penyanyi kondang tanah air, Oppie Andaresta juga dikenal baik lewat aksi-aksi sosialnya. Hal ini kembali ia buktikan saat datang ke peresmian sekolah gratis untuk anak-anak.

Sekolah ini merupakan sebuah tempat belajar musik tradisional untuk para anak-anak. Musik keroncong hingga gamelan Jawa yang kini mulai dilupakan akan diajarkan kembali supaya tak punah dari dunia kesenian tradisional tanah air.

Sekolah-sekolah nasional justru tidak ada musik tradisi, malah sekolah internasional wajib ekskul kayak pramuka.
Oppie Andaresta
 

Tentunya, kehadiran sekolah gratis ini mendapatkan respon positif dari banyak kalangan. Oppie sendiri mengungkapkan bahwa sekolah ini merupakan sebuah wadah untuk para anak-anak yang ingin mengenal lebih dunia musik tradisional.

"Ini kan suatu hal bagus yang harus direspon positif. Saya yakin banyak sekali ibu-ibu yang mau mengenal tradisional musik Indonesia, apalagi keroncong. Cuma mau belajar di mana banyak yang nggak tahu. Sekarang ada sekolahnya dan gratis ya bisa lebih bagus," ujar Oppie saat dijumpai di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (15/4).

Kaka Slank - Oppie Andaresta @foto: © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoKaka Slank - Oppie Andaresta @foto: © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Hadirnya sekolah gratis ini tentunya merupakan sebuah angin segar dalam mempertahankan musik tradisional. Kurangnya perhatian dari semua kalangan membuat musik asli nusantara ini makin tak diminati keberadaannya. Fenomena tersebut juga dirasakan oleh Oppie sendiri.

Menurut dia, sekolah-sekolah nasional justru tak menyediakan sarana belajar musik tradisional. Hal itu berbeda bila melihat sekolah internasional yang mewajibkan para murid untuk mengambil berbagai macam jenis ekstrakurikuler.

"Sekolah-sekolah nasional justru tidak ada musik tradisi, malah sekolah internasional wajib ekskul kayak pramuka," pungkasnya.

Simak Juga:

Oppie Andaresta: Semua Berawal Dari Kegelisahan Musisi Sendiri

Rumah Harmoni Adalah Tempat Bagi Semua Yang Menghargai Perbedaan

Libatkan Banyak Musisi, Proses Rekaman Rumah Harmoni Hanya 6 Hari

Album 'D'RUMAH HARMONI' Tawarkan Indonesia Lewat Lagu

Wow, Anak Oppie Andaresta Sudah Kenal Bob Marley Sejak Lahir

(kpl/aal/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -