Momen Paling Hits di Dunia Musik Indonesia Selama Tahun 2015

Selasa, 29 Desember 2015 13:22  | 

One Direction



Momen Hits Musik Indonesia di Tahun 2015 © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Cuma tinggal 2 hari lagi kita akan meninggalkan tahun 2015 yang fantastis ini. Ya, karena sepanjang tahun ini ada banyak momen-momen penting yang terjadi di Indonesia terutama pada dunia musiknya.

Terbukti dari besarnya antusias para fans Bon Jovi saat melihat pahlawan mereka kembali dan menggelar konser di Tanah Air untuk kedua kalinya. Bukan cuma itu saja, kemunculan penyanyi penuh talenta seperti Isyana Sarasvati pun jadi salah satu hal yang menghebohkan di tahun ini.

So, kali ini KapanLagi.com® akan membahas 8 momen paling hits yang terjadi di dunia musik Indonesia sepanjang tahun 2015. Oke, kita mulai dari One Direction di halaman berikutnya. (kpl/ntn)

1. Konser One Direction

Yap! Kuintet pop asal Inggris ini memang sukses menggebrak Gelora Bung Karno di Jakarta pada hari Rabu, 23 Maret lalu. Semakin hype karena konser One Direction ini diwarnai sejumlah kejadian menarik.

Beberapa minggu sebelum konser akbar ini berlangsung, para Directioners sempat dikejutkan dengan reaksi para suporter bola Indonesia yang mengecam konser tersebut. Para suporter beralasan kalau mereka khawatir rumput GBK akan rusak karena 2 hari berikutnya laga kualifikasi Piala Asia U-23 akan digelar di sana.

Lebih jauh, di Indonesia pula One Direction secara resmi mengumumkan kalau Zayn Malik keluar dari boyband yang telah membesarkannya selama ini. Hanya dalam semalam, Directioners di seluruh dunia terutama di Indonesia berhasil dirundung perasaan bahagia sekaligus sedih.

Walau begitu, penampilan One Direction tetap berhasil menjadi salah satu konser terbaik di Indonesia sepanjang tahun 2015.

2. Konser Big Bang dan Bon Jovi

Masih soal konser, penampilan Big Bang dan Bon Jovi di Indonesia jadi 2 pagelaran acara yang berhasil mendapat antusias besar dari penikmat musik Tanah Air. Yap, KapanLagi.com® juga mendapatkan hasil kalau update mengenai 2 konser tersebut jadi yang paling banyak dicari.

Digelar pada 1 Agustus lalu, Big Bang berhasil memuaskan K-Pop lovers khususnya VIP selama 2,5 jam dengan stage act dan stage set dari konser tersebut. Meski begitu, para VIP sempat melayangkan bentuk kekecewaan mereka dalam 13 poin pada pihak promotor yang dinilai cukup berlebihan.

Selang sebulan berikutnya, para penikmat musik Tanah Air pun akhirnya bisa memuaskan diri melihat langsung aksi Bon Jovi secara langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Bersama Live Nation Indonesia, ini adalah kedua kalinya Bon Jovi menggelar konser di Indonesia sejak terakhir kali tampil di Jakarta pada tahun 1995 silam.

Meski begitu, para fans di Indonesia sempat khawatir karena Bon Jovi sempat membatalkan penampilan yang menjadi rangkaian tour mereka di sejumlah negara termasuk Asia. Beruntung acara ini berhasil menyatukan berbagai penikmat musik lintas generasi dalam satu malam.

3. Pure Saturday Kehilangan Dua Personel Penting

Beralih dari konser, tahun 2015 pun para penggiat musik lokal dikejutkan dengan pengumuman kalau 2 personel Pure Saturday resmi keluar dari band tersebut pada bulan Februari lalu. Ya, si kembar Udhi dan Adhi yang telah membesarkan nama band indie-pop tertua di Indonesia itu pun keluar dengan alasan pribadi.

Begitu ramai dibicarakan, muncul banyak isu yang menyebut kalau Pure Saturday sedang mengalami konflik internal. Hal ini akhirnya memaksa manajemen Pure Saturday untuk memberikan klarifikasi.

Melalui surat terbuka, mereka mengumumkan kalau keputusan Udhi dan Adhi meninggalkan Pure Saturday semata-mata adalah untuk memperdalam Agama. Tentu saja keinginan pribadi tersebut membuat Pure Saturday harus menghormati keputusan 2 personelnya itu.

Selain Pure Saturday, beberapa band lain seperti NOAH hingga Saint Loco pun harus mengalami hal yang serupa karena ditinggal oleh salah satu personelnya di tahun ini.

4. Kemunculan Isyana Sarasvati

Industri musik Tanah Air seakan tak pernah kehabisan talenta-talenta baru setiap tahunnya. Salah satu talenta berbakat yang paling bersinar di tahun ini adalah Isyana Sarasvati.

Sejak merilis single yang berjudul Keep Being You pada akhir tahun 2014, ia pun kemudian menyelesaikan studinya di Royal College of Music dengan status cum laude, dan kembali ke Indonesia. Nyatanya, Isyana nggak butuh waktu lama untuk mendapat respon dari para penikmat musik Tanah Air.

Dengan cepat, single keduanya yang berjudul Tetap Dalam Jiwa melejit dan membuat Isyana Sarasvati jadi sosok yang paling happening dibicarakan bahkan dibanding-bandingkan dengan Raisa. Selanjutnya, album debut dara kelahiran Bandung ini pun jadi rilisan fisik yang paling dinanti menjelang akhir tahun 2015.

So, apa Isyana Sarasvati akan tetap bersinar di tahun 2016? Atau malah akan ada sosok penyanyi baru yang justru akan semakin meramaikan industri musik Indonesia? Kita tunggu saja deh.

5. Efek Rumah Kaca Comeback

Bagi para penggiat skena musik indie, sudah pasti melihat penampilan Efek Rumah Kaca secara langsung menjadi kerinduan tersendiri. Tak banyak basa-basi, Cholil Mahmud, Adrian Yunan Faisal, dan Akbar Bagus Sudibyo langsung merilis sebuah single baru, Pasar Bisa Dipasarkan.

Bukan cuma itu saja, ERK pun langsung mengadakan sebuah konser yang bertajuk senada dengan single tersebut. Dalam konser kali ini, sejumlah band seperti The Adams, Tetangga Pak Gesang, Bin Idris, Ramondo Gascoro, sampai Float pun didaulat sebagai lineup performer.

Nah, rupanya konser yang digelar di Balai Sartika, Bandung, pada tanggal 18 September lalu itu pun menjadi momentum ERK untuk kembali merilis karya-karya terbarunya. Setelah merilis hits single yang berjudul Putih, konser ini pun jadi titik awal dari kemunculan album baru mereka yang berjudul SINESTESIA.

6. Barasuara

Keputusan Iga Massardi untuk merampungkan materi musik selama 2 tahun benar-benar tepat bahkan harus diacungi jempol. Yap, Barasuara sukses membawa warna musik baru dan segar di tengah-tengah industri musik Indonesia sekarang ini.

Tak hanya menyajikan lirik-lirik puitis, kritis, dan deskriptif, komposisi musik yang disajikan Barasuara berhasil mengemas emosi dalam dahsyatnya sebuah badai. Sepertinya tidak berlebihan kalau kata 'dinamis' dipakai untuk menggambarkan musik Barasuara.

Selain itu, kolaborasi Barasuara bersama Efek Rumah Kaca pun jadi salah satu penampilan yang banyak dibicarakan orang-orang menjelang tutup tahun 2015. Bersama Raisa sebagai produser musiknya, seperti apa ya kira-kira gebrakan Barasuara di tahun 2016?

7. Maroon 5 dan Chris Brown Batal ke Indonesia

Kembali ke ranah konser, ada 2 performer hebat yang dengan terpaksa harus membatalkan penampilannya di Indonesia. Yap, Maroon 5 dan Chris Brown sukses membuat para penikmat musik di Indonesia harus menunda euphoria mereka di tahun ini.

Dijadwalkan tampil pada 23 September 2015 di ICE BSD, Maroon 5 harus terpaksa membatalkan konsernya karena bertepatan dengan tanggal perayaan Idul Adha. Dengan rasa hormat, mereka pun memutuskan untuk membatalkan konsernya dan berjanji akan kembali di lain kesempatan.

Sedangkan Chris Brown yang seharusnya tampil di Indonesia 25 Juli lalu itu sendiri harus batal tanpa ada penjelasan jelas dari pihak manajemen. Ini membuat pihak promotor terpaksa menanti surat resmi dari manajemen Chris Brown dan mengembalikan uang tiket yang telah terjual.

Batalnya penampilan Brown di Tanah Air sebenarnya sudah terjadi dan tahun ini jadi kedua kalinya bagi sang penyanyi membuat harapan para fansnya di Indonesia harus kembali menunggu dengan sabar.

8. DWP 2015

Mendekati akhir tahun 2015, Ismaya Group kembali menghadirkan pagelaran musik EDM terbesarnya, Djakarta Warehouse Project (DWP). Tapi DWP kali ini benar-benar terasa sangat berbeda dari pagelaran sebelum-sebelumnya.

Yap, sederet DJ kelas dunia hadir dan berhasil mengguncang lebih dari 75.000 penikmat musik Elektronik pada 11 dan 12 Desember kemarin. Semakin epic karena DWP 2015 berhasil menarik perhatian sejumlah media asing dan membuat para performer top seperti Armin Van Buren, Jack U, Tiesto, hingga Kaskade menyatakan salut dengan crowd penonton DWP 2015.

Akhirnya, inilah 8 momen paling fantastis dan hits di dunia musik Indonesia sepanjang tahun 2015 versi KapanLagi.com.®. So, sampai jumpa di event-event musik fantastis berikutnya di tahun 2016 ya KLovers. :D

Sudah Tahu Yang Ini?

Tarik Perhatian, Ini 6 Cerita Paling Getarkan Socmed di 2015

Salman Khan 'Bangkrut', Aktor Bollywood Ini Putuskan Jadi 'Gay'

Kematian Hingga Fashion Artis Dunia, Banyak Di-Share Tahun 2015

Mulan Jameela - Agnez Mo, Musisi Paling Banyak Dikomentari 2015

Jajaran 6 Kasus Terheboh Yang Gemparkan Indonesia di 2015

(kpl/ntn)