Padukan Elemen Unik dari Genre Musik, Virdi Imajinasikan Cerita Film ke dalam Lagu Baru 'Pesona'

Penulis: Silma Salsabilla

Diterbitkan:

Padukan Elemen Unik dari Genre Musik, Virdi Imajinasikan Cerita Film ke dalam Lagu Baru 'Pesona'
Virdi Imajinasikan Cerita Film ke dalam Lagu Baru “Pesona” / Credit Foto: KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Dunia musik Indonesia kembali dihiasi dengan kehadiran seorang musisi solo pendatang baru yang menarik perhatian, KLovers. Solois muda ini bernama Mohamad Firdaus Firdi dan mulai dikenal dengan nama panggung Virdi

Sebelum berkarier sebagai penyanyi solo, Virdi sudah aktif bermusik dalam sebuah band yang dibentuk pada 2016. Kini, ia melanjutkan perjalanannya menjadi penyanyi solo dengan dukungan dari label musik Didi Music, KLovers.

Penyanyi 26 tahun ini pun telah merilis single terbarunya yang berjudul Pesona. Bersama Kapanlagi.com, Virdi menceritakan proses inspirasi di balik lagu Pesona.

 

 

1. Inspirasi Virdi saat Menciptakan Lagu “Pesona”

Virdi mengungkapkan bahwa lagu Pesona yang ditulisnya merupakan inspirasi yang didapatkannya dari sebuah film nih, KLovers. "Awalnya nonton film, si filmnya ceritain ada satu scene dia suka sama cowok, tapi gagal. Terus ketemu lagi di semesta lain sama cewek itu. Dan dia cinta sama cewek itu di sebuah universe gitu. Jadi kepikiran ya, ya udah jadiin aja ke lagu Pesona," ungkap Virdi. 

Proses menciptakan lirik dan nada untuk lagu Pesona didasarkan pada imajinasi dan mood saat itu. Virdi mengungkapkan bahwa kreativitas lebih mudah mengalir secara spontan, daripada mencoba memaksa unsur-unsur tertentu dalam lagu tersebut.

"Prosesnya, itu mah lebih ke imajinasi sama mood juga sih. Kalo secara disengaja juga susah, kalo bikin musik sama intonasi ya. Lebih spontan aja," ujar Virdi.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Proses Virdi Menciptakan Lagu Solo Pertamanya Bareng Didi Music

Selama dua hingga tiga bulan, Virdi melibatkan diri dalam proses produksi lagu, termasuk merampungkan lirik dan melodi. Pada tahap ini, Virdi merasa bahwa bagian "breakdown" lagu masih belum sepenuhnya matang. Namun, berkat kolaborasi dengan Didi Music, lagu Pesona akhirnya siap untuk dinikmati oleh pendengar.

"Dua sampai tiga bulan. Itu lagunya kan ada breakdown kayak liriknya gitu belum beres, belum malesnya, akhirnya ketemu Didi Music dan akhirnya dirilis lagu itu," katanya.

Lagu Pesona menjadi single perdana Virdi setelah resmi bergabung bersama Didi Music. Virdi pun menceritakan awal mula ia bergabung bersama label yang saat ini telah menaungi beberapa musisi, seperti Closehead, For Revenge, dan Febi Islami.

"Awalnya ketemu Kang Aji dari Didi Music  terus ngobrol ngobrol, sharing sharing, akhirnya kerja sama aja gitu. nggak ada proses gimana-gimana gitu," katanya.

 

3. Konsep Lagu “Pesona” Virdi

Sebelumnya, Virdi telah merilis tiga lagu secara independen. Ketika ditanya tentang perbedaan Pesona dengan lagu-lagu sebelumnya, Virdi menjelaskan bahwa konsep lagunya masih tetap berada dalam arah pop dan R&B. 

"Saya tertarik dengerin Korea-Korea juga, lebih ke RnB Asia sih. Suka juga musik metal jadi memadukan vibe dan ambience-nya gitu, dark-darknya, terus dimasukin ke konsep lagu pop gitu aja," ungkapnya.

Dengan begitu, lagu Pesona menghadirkan pengalaman mendalam yang memadukan elemen-elemen unik dari berbagai genre musik. Penggemar Virdi dan pecinta musik Tanah Air dapat menikmati lagu Pesona yang kini sudah tersedia di berbagai platform musik digital.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending