Masyarakat Butuh Seni, Slank 'Hidupkan' GKJ Lewat Konser Musik

Risang Sudrajad  |  Jumat, 09 September 2016 19:22
Masyarakat Butuh Seni, Slank 'Hidupkan' GKJ Lewat Konser Musik
Slank © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) merupakan salah satu bangunan tertua yang ada di Indonesia. Bangunan yang didirikan oleh Herman Willem Daendels pada tahun 1821 itu terletak di pusat Jakarta dan digunakan untuk sebuah pertunjukan seni maupun budaya. Tetapi GKJ kini seakan dilupakan seiring dengan berjalannya waktu.

Melihat hal tersebut, Gitaris grup band Slank, Ridho Hafidz dan film director, Eugene Panji, terketuk hatinya untuk membuat sebuah pagelaran di tempat bersejarah itu. Ridho Hafidz dan Eugene Panji menggelar sebuah konser bertajuk 'LIZTOMANIA' Konser Musik Tanah Air Slank Not For Sale pada tanggal 18 September 2016 mendatang. Konser ini sengaja digelar agar masyarakat, khususnya yang ada di Jakarta bisa ingat kembali gedung bersejarah itu.

"Awal mula aku sama Ridho. Aku melihat kota Jakarta butuh konten seni tapi penduduknya malah suka ngeluh dengan macet dan segala macem. Sementara kita lupa dengan konten ini (seni)," ujar Eugene Panji di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/9/2016).

Slank akan gelar konser di GKJ © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoSlank akan gelar konser di GKJ © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto


Bagi Ridho, menggelar sebuah konser di tempat kapasitas penontonnya terbatas bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, ini menjadi salah satu tantangan baru. Terlebih Slank sendiri mempunyai penggemar fanatik begitu banyak.

"Mikir berkali-kali bikin event di GKJ. Kapasitas kecil, yang main artis besar. Ini jadi tantangan juga sih," ujar Ridho. 

Slank akhirnya tampil di GKJ untuk pertama kalinya © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoSlank akhirnya tampil di GKJ untuk pertama kalinya © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Slank pun langsung merespon dengan baik tawaran ini. Apalagi, band yang terbentuk sejak tahun 1983 itu belum pernah tampil di tempat tersebut.

"Akhirnya kita bisa meyakinkan bisa main di GKJ. Dari tahun 90-an Slank pengen tiap tahun main di GKJ. Tapi, waktu itu jawabannya nggak boleh. Karena penggemar kita banyak banget," kata Bimbim.

Di konser ini Slank akan tampil berbeda. Slank mengajak beberapa seniman hebat seperti Institut Musisi Jalanan, hingga aktor senior, Tio Pakusadewo.  Untuk tiketnya, para penonton harus merogoh kantong mulai dari 250 hingga 750 ribu Rupiah.

Simak Juga:

Puluhan Tahun Berkarya, Bimbim Lupa Jumlah Album Slank

Jika Mick Jagger ke Potlot, Slank: Gua Ajak Makan Bubur Ayam!

Awal Meniti Karir, Slank Pernah Dibayar Dengan 'Doa'

Gelar Konser Eksklusif, Slank Manggung di Venue Impian

Sosok Menginspirasi, Ini Kata Anang Hermansyah Soal Bunda Iffet